TRANSJAKARTA Rute, Jadwal dan Tarif Bus

Transjakarta

  • Harga Tiket: Rp2.000-Rp3.500
  • Nomor Telepon: 1500102
  • Jadwal Bus: 24 jam
  • Rute: Stasiun Kota, Pulo Gadung, Slipi, Manggarai, Ragunan, Blok M, Ancol, Senayan, Tosari, dll
  • Alamat: Jl. Mayjen Sutoyo No.1, RW.11, Cawang, Makasar, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia , 13630

TRANSJAKARTA menjadi BRT terpanjang di dunia dengan panjang jaringan 231 kilometer dengan satu juta pelanggan per hari. Transportasi publik yang berdiri sejak tanggal 1 Februari 2004 ini kini telah menjadi PT Transportasi Jakarta dengan pengelola dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di tahun 2014.

Transjakarta juga telah memiliki ribuan karyawan yang tersebar di seluruh sektor dan wilayah. Bus dengan warna biru khas ini menjadi pelopor BRT di Asia yang kemudian berkembang di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Harga Tiket Bus TransJakarta

Harga tiket Transjakarta yang berlaku menyesuaikan dengan waktu penggunaan. Meskipun begitu, harga tiket termasuk sangat murah. Hal ini karena terdapat bantuan operasional dari pemerintah provinsi untuk pengembangan transportasi publik demi mengurai kemacetan jalan ibukota.

Selain itu, harga yang terjangkau ini bertujuan agar dapat membantu sebanyak mungkin warga kurang mampu yang ingin mobilisasi tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi. Bahkan, untuk anak-anak tak perlu membayar tiket. Menyenangkan, ya?

Harga Tiket Bus TransJakarta
Waktu Harga Tiket
05.00-07.00 WIBRp2.000
07.00-24.00 WIBRp3.500
24.00-05.00 WIBRp3.500

Baca: TRANS METRO BANDUNG Tarif, Rute & Jadwal

Pembelian Tiket

Sejak tahun 2013, sistem pembayaran tiket sudah beralih ke kartu elektronik atau e-ticketing. Penumpang dapat membeli kartu di loket yang ada di setiap halte. Kartu tersedia seperti Brizzi, Flazz, Tapcash, Kartu Aku, Rail Card, e-Money, e-Toll Card, Indomaret Card, Gazcard, JakCard, dan Megacash.

Sedangkan sejak tahun 2016, pelanggan akan melakukan tap in dan tap out saat keluar bus. Meski penarikan dana terjadi hanya saat tap in, tetapi penumpang akan memberi data telah turun di halte mana.

Proses top-up saldo pun kini telah tersedia di banyak tempat. Tak hanya di halte, tetapi juga dapat mengisi saldo di ATM dan bank terkait. Mudah, bukan?

Baca: BATIK SOLO TRANS BST Tarif, Jadwal, dan Rute

Rute Transjakarta

Peta Rute Transjakarta
Peta Rute Transjakarta

Transjakarta memiliki 13 koridor berbeda yang saling terkait satu sama lain. Sedangkan dalam satu koridor, bercabang belasan rute yang mengarah ke 200 halte. Untuk saat ini pemerintah daerah tengah mempersiapkan 6 koridor tambahan agar mengurangi jumlah penumpukan penumpang di satu titik.

Rute Halte Blok M, Pulo Gadung, Harmoni, Manggarai

Koridor 1 terdapat jurusan Blok M ke Stasiun Kota, melewati halte Pantai Maju ke Balai Kota Tol Ir. Sedyatmo, Tosari, Pesanggrahan, Blok M, Pondok Labu, kemudian menuju Stasiun Palmerah ke Bundaran Senayan, GBK, Dukuh Atas hingga Tosari.

Sementara itu untuk koridor 2 melewati 12 halte yang berawal dari Pulo Gadung, Pulo Mas, Cempaka Timur, Rawa Selatan, hingga Senen. Koridor 3 berangkat dari Harmoni, Pecenongan, Juanda, kemudian Pasar Baru. Lalu untuk Koridor 4 menyediakan armada dari Pulo Gadung ke Halte Dukuh Atas yang melewati Rawamangun dan Manggarai.

Rute Halte Kampung Melayu, Lebak Bulus, Cawang

Kemudian koridor 5 mengawali keberangkatan dari Kampung Melayu ke Kebon Pala, Tegalan, Halte Salemba UI, Kramat Sentiong, Pasar Baru Timur, Jembatan Merah, lalu sampai di Ancol. Koridor lainnya dari Ragunan ke Halimun dan Kampung Rambutan menuju Kampung Melayu.

Selanjutnya koridor 6 ada Lebak Bulus menuju Pasar Baru melewati Pejaten, Duren Tiga, Mampang Prapatan dan Kuningan. Untuk koridor 7 ada Kampung Rambutan, Cawang UKI, Gelanggang Remaja hingga Kampung Melayu. Koridor 8 berawal dari Lebak Bulus, Pondok Indah, Tanah Kusir terakhir menuju Pasar Kebayoran Lama.

Rute Pluit, Tanjung Priok, Pulo Gebang, Slipi

Selain itu juga ada koridor 9 dari Pinang Ranti ke arah Pluit melewati BNN, Tebet BUMD, Pancoran Tugu, Semanggi, Senayan JCC, hingga Slipi Petamburan. Lalu untuk koridor 10 Tanjung Priok ke Plumpang, Halte Cempaka Mas, Pulomas Bypass, Stasiun Jatinegara, hingga Cawang UKI.

Koridor 11 ada Terminal Pulo Gebang ke Matraman 1 melewati Klender, Buaran, Cipinang, dan Matraman. Lalu koridor 12 dari Penjaringan ke Kota, Mangga Dua, Jembatan Merah Sunter Kelapa Gading dan Tanjung Priok, dan terakhir ada koridor 13 yang memiliki jalur Ciledug, Kebayoran Lama, Tirtayasa, Tendean, dan Halte Blok M.

Jadwal Transjakarta

Jadwal Transjakarta dari pagi hingga malam hari. Sumber: Instagram/pt_transjakarta.
Sudah tersedia electric bus di beberapa koridor untuk mengurangi emisi karbon. Sumber: Instagram/pt_transjakarta.

Kini bus Transjakarta telah meningkatkan jumlah armada dan karyawan hingga dapat beroperasi dengan jadwal yang panjang. Bahkan untuk hari minggu, dan hari libur nasional, di beberapa koridor utama tersedia 24 jam nonstop. Wah, sangat menguntungkan bagi pelanggan yang butuh refreshing di hari libur, ya.

Sementara itu, Jadwal terawal juga dimulai di jam yang sama di seluruh koridor, yaitu pukul 5.00 pagi. Bagi pekerja yang harus berangkat saat fajar, jadwal terpagi ini bisa menjadi pilihan agar tidak terjebak kemacetan.

Nomor Koridor Jadwal Terakhir Hari Biasa
123.00 WIB
2, 6, 7, 8, 9, dan 1222.00 WIB
3, 4, dan 520.00 WIB
1020.40 WIB
1122.20 WIB
1321.00 WIB

Bus Kecil Hingga Besar

Fasilitas di dalam bus Tije ini bersih, dingin AC, dilengkapi CCTV, dan GPS. Sumber: Instagram/pt_transjakarta.
Fasilitas di dalam bus Tije ini bersih, dingin AC, dilengkapi CCTV, dan GPS. Sumber: Instagram/pt_transjakarta.

Bus yang berjumlah 4.079 ini beroperasi menggunakan jenis maxi bus, single bus, medium bus, mikrotrans, double decker bus, low entry bus, bus listrik, dan articulate bus. Sistem BRT ini juga ternyata mengadopsi sistem TransMilenio yang berasal dari Bogota, Kolombia.

Transjakarta atau Tije juga menggunakan beragam armada seperti Scania K32IA CNG, Hino RK8 R260, Mercedes-Benz OH 1626 NG, Volvo B11R 6X2, BYD B12 Electric, dan Zhongthong LCK6180GC.

Transjakarta juga bekerjasama dengan banyak operator seperti Perum Damri, Kopaja, PT Eka Sari lorena, PT Jakarta Mega Trans, Jakarta Metropolitan, PT Primajasa Perdanaraya Utama, PT Bianglala Metropolitan, PT Trans Mayapada Busway, Mayasari Bakti, dan Perum PPD.

Demi keselamatan dan keamanan penumpang, kini juga telah tersedia bus khusus untuk penumpang perempuan. Bus yang didominasi warna pink ini membuat penumpang yang 60% wanita menjadi nyaman. Ada pun untuk sopir dan petugas juga sedang dalam peralihan. Harapannya, bus khusus ini dari perempuan untuk perempuan.

Ulasan Pembaca

4.4 - 22 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *