Beranda Wisata Kuliner

Cafe Sawah Pujon Kidul Makan Nikmat Suasana Desa

Cafe Sawah Pujon Kidul Harga Menu: Rp1.000 - Rp100.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 Menu: Makanan Tradisional, Camilan, Kue & Roti, Kopi & Teh No. Telepon: 081333139086 Alamat: Jl. Raya Krajan, Krajan, Pujon Kidul,Pujon,Malang,Jawa Timur,Indonesia,65391.

Makan di kafe identik dengan suasana makan dalam ruangan yang tenang ditemani musik selaras dan menu yang disajikan secantik mungkin. Namun, di Malang, tepatnya di Desa Wisata Pujon Kidul, kafe justru menyajikan masakan tradisional dan bahkan terletak di alam terbuka! Ialah Cafe Sawah Pujon Kidul, sebuah kafe dengan konsep makan seraya dikelilingi hamparan sawah dan suasana pedesaan yang tenang.

Kafe ini merupakan bagian dari desa wisata yang terletak tak jauh dari daerah Batu, Malang. Alih-alih furnitur hangat dan modern, di kafe ini pengunjung justru disambut dengan hembusan angin dataran tinggi yang membawa hawa tenang persawahan. Tertarik berkunjung kemari?

Tiket & Harga Menu Cafe Sawah Pujon Kidul

Untuk memasuki Cafe Sawah, wisatawan terlebih dahulu harus masuk ke kawasan Desa Wisata Pujon Kidul. Tiket yang harus dibayarkan hanya tiket masuk desa wisata, sementara kafe tidak memungut biaya apapun selain makanan dan minuman.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Desa WisataRp10.000 per orang
Tiket Masuk Cafe SawahGratis
Harga Makananmulai dari Rp1.000
Harga Minumanmulai dari Rp5.000
Petik Sayur OrganikRp3.000 per orang

Baca: 50 Tempat Wisata Menarik di Malang

Jam Buka

Kafe ini memiliki jam buka yang sama dengan Desa Wisata Pujon Kidul. Di akhir pekan, biasanya tempat ini tutup lebih larut karena banyaknya pengunjung yang datang.

Jam Operasional
Weekday08.00 – 19.00 WIB
Weekend08.00 – 22.00 WIB

Daya Tarik Cafe Sawah Pujon Kidul

Cafe Sawah
Cafe Sawah adalah salah satu tempat makan yang ada di Desa Wisata Pujon Kidul, Malang – Foto: Google Maps/wahyu yudi

Selaras dengan namanya, Cafe Sawah adalah kafe yang menawarkan sawah sebagai daya tarik utamanya. Berada di kawasan dataran tinggi, di sini wisatawan akan disajikan oleh pemandangan hamparan sawah dengan latar perbukitan yang hijau.

Tidak hanya itu, di sudut lain juga terdapat beberapa petak kebun sayur organik. Secara keseluruhan, kafe ini memang mengusung tema “menyatu dengan alam”.

Baca: DESA WISATA PUJON KIDUL Tiket & Aktivias

Di kafe ini, pengunjung tidak hanya mendapatkan pengalaman bersantap dikelilingi suasana sawah yang adem dan sejuk. Menunya yang didominasi oleh masakan lokal dan bercita rasa khas jadi keunikan lainnya. Di samping itu, meski berada di sawah kafe ini tetap tampil menarik dengan berbagai spot foto yang ditata dengan ciamik.

Suasana Sawah

pemandangan sekitar
Pemandangan hamparan sawah di kaki perbukitan yang mengelilingi akwasan kafe – Foto: Google Maps/Marthen Kadmaer

Wisatawan bisa memilih untuk masuk lewat depan atau jalan samping. Masuk melalui bangunan utama, wisatawan akan langsung disambut dengan sajian masakan dalam bentuk prasmanan.

Baca: Wisata Kuliner di Malang ini 39 Restoran & Cafe Terpopuler

Bisa dibayangkan aroma nasi hangat, aneka gorengan, serta beragam tumisan yang menyeruak ketika memasuki kafe ini. Area semi-indoor yang menempati teras bangunan memberikan pemandangan langsung ke arah area persawahan.

Jika ingin mencicipi pengalaman makan dikelilingi tanaman padi, wisatawan bisa langsung ke jalan di sisi bangunan. Terdapat beberapa area duduk yang bisa dipilih seperti gazebo dan bangku di tengah sawah.

Barisan gazebo terletak tepat di pinggiran sawah dan menyajikan panorama hijau yang asri dari perbukitan. Di sisi lain, bangku-bangku kayu yang nyaman ditempatkan di tengah sepetak sawah yang rapi.

Prasmanan Menu Lokal di Cafe Sawah Pujon Kidul

Menu lokal
Menu makanan yang sederhana namun menggugah selera – Foto: Google Maps/Shinta Embem

Jangan harap akan menemukan barisan menu makanan kontemporer dengan nama dalam bahasa Inggris. Di kafe ini justru yang tersedia adalah menu masakan lokal asli. Bahan-bahannya segar dan berkualitas karena diambil langsung dari kebun warga Desa Pujon Kidul.

Baca: HAWAI Waterpark Tiket & Wahana

Menu seperti tumis kacang panjang, mendol tempe, telur asin, hingga pepes tongkol siap tersedia untuk memanjakan lidah. Minumannya pun tidak tanggung-tanggung–susu murni hingga beras kencur dan temulawak yang menyehatkan tubuh bisa dipesan di sini. Bagi wisatawan dari luar daerah, menu ini tentu akan memenuhi rasa penasaran akan cita rasa lokal yang khas.

Semua menu disajikan dengan cara prasmanan. Pengunjung cukup mengambil nasi dari tiga pilihan yang tersedia (nasi putih, nasi jagung, atau nasi empok), kemudian pilih lauk yang disukai. Tumis sayuran, pepes, gorengan, serta aneka olahan ayam dan ikan sudah tersedia. Kemudian, pesan minuman dan bayar langsung di kasir.

Spot Foto Ceria

Banyak spot foto
Beragam spot foto unik dan menarik tersebar di area kafe – Foto: Google Maps/Sukma Oktavia

Siapa bilang sawah tidak bisa disulap jadi Instagenik? Di Cafe Sawah justru terdapat banyak spot foto menarik yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Semua spot ini bisa dikunjungi secara cuma-cuma.

Salah satu sudut yang menjadi ikon Cafe Sawah adalah Taman Cinta dengan hiasan aneka bunga-bunga cantik dan dilatari pemandangan sawah dan perbukitan. Ada juga kolam ikan dengan spot-spot aneka bentuk yang cantik.

Baca: MALANG NIGHT PARADISE Tiket & Wahana

Jangan kaget jika tiba-tiba disapa oleh beberapa ekor angsa-angsa cantik di sini. Jika ingin yang sederhana, tempat duduk di tengah sawah atau di gazebo pun bisa jadi spot foto yang menarik.

Oleh-Oleh Sayuran

Kebun sayur organik
Area kebun sayur di mana pengunjung bisa memetik dan membawa hasilnya sebagai oleh-oleh – Foto: Google Maps/Nisa Nono

Beranjak dari Cafe Sawah, pengunjung tidak akan pulang dengan tangan kosong atau sekadar foto kenang-kenangan. Kafe ini menyediakan suvenir berupa sayuran organik yang bisa dipetik langsung dari kebun oleh wisatawan. Aneka sayuran seperti tomat dan kembang kol tumbuh tanpa pestisida kimia, menjadikannya buah tangan yang unik sekaligus sehat.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di kafe ini antara lain toilet, musholla, dan toko suvenir. Area tempat duduk terdiri dari indoor, semi-indoor, dan outdoor. Area indoor menempati bangunan berbentuk rumah joglo, area semi-indoor berada di teras, sementara area outdoor berada di gazebo dan bangku-bangku yang ditempatkan di tengah sawah.

Lokasi Desa Wisata Pujon Kidul

Cafe Sawah adalah salah satu pojok wisata yang menjadi bagian dari Desa Wisata Pujon Kidul. Desa ini terletak di Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Dari Malang, arahkan kendaraan ke Batu hingga daerah Payung, Ikuti jalan hingga pertigaan patung sapi, kemudian masuk ke Jalan Beringin. Susuri jalan ini hingga tiba di Desa Pujon Kidul dan ikuti petunjuk arah sampai Desa Wisata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini