NAWANG JAGAD Tiket Masuk Wisata Camping View Gunung Merapi

Nawang Jagad

  • Harga Menginap: Rp15.000 - Rp50.000
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0811337937
  • Alamat: Jalan Nawang Jagad Kaliurang, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55582

Nawang Jagad adalah destinasi wisata alam di kaki Gunung Merapi. Tempat ini menawarkan suasana alam dengan pemandangan puncak Gunung Merapi. Wisatawan dapat menikmati healing dengan bersantai atau camping di sini.

Harga Tiket Masuk Nawang Jagad

Terdapat dua jenis tiket untuk wisatawan yaitu area piknik dan tiket reservasi camping. Sementara untuk harganya mulai dari Rp35.000. Selain itu tidak ada biaya parkir tambahan kecuali untuk mobil atau campervan. Tiket area piknik bisa ditukarkan dengan minuman di kantin.

Jenis TiketHarga
Camping Dewasa Rp35.000/orang
Camping Anak-anakRp20.000/orang
Tarif Parkir Mobil/CampervanRp50.000/unit
Area Piknik DewasaRp15.000
Area Piknik Anak-anakGratis
*harga belum termasuk sewa tenda, peralatan camping, dan kayu bakar.
**anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Untuk reservasi camping, bisa menghubungi melalui akun Instagram resmi atau nomor kontak yang tertera.

Baca: SURALOKA ZOO Harga Tiket dan Wahana

Jam Buka Nawang Jagad

Nawang Jagad dibuka untuk umum setiap Selasa sampai Minggu. Tempat ini tutup setiap hari Senin. Berlaku jam check-in dan check-out untuk pengunjung yang berkemah, dengan ketentuan check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 10.00 pagi.

HariJam Operasional
SeninLibur
Selasa – Jumat08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu06.00 – 18.00 WIB
Jam Buka Nawang Jagad

Nawang Jagad Wisata Alam untuk Healing

Mengagumi indahnya Gunung Merapi adalah salah satu aktivitas wisata favorit di Yogyakarta. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke Kota Gudeg ini untuk melihat langsung kemegahannya. Berbagai tempat wisata untuk menikmati keindahan Merapi sudah tak terhitung banyaknya. Salah satunya adalah destinasi wisata Nawang Jagad di Kaliurang.

Meskipun tergolong destinasi wisata yang baru. Tempat ini viral karena pesona alam yang disajikannya. Tempat wisata alam ini jadi tujuan untuk healing yang menarik. Berikut sejumlah aktivitas yang bisa dinikmati di Nawang Jagad.

Baca: TERAS MERAPI Tiket Murah Bisa ATV dan Berkemah

View Gunung Merapi

Puncak Merapi dari Nawang Jagad
Pemandangan saat hari cerah di Nawang Jagad – Foto Google Maps/Jefferson L Declan

Nawang Jagad merupakan area terbuka di perbukitan. Jaraknya hanya sekitar 6 kilometer saja dari Gunung Merapi. Fasilitas yang tersedia memang tidak banyak ataupun unik. Wisatawan akan disajikan hijaunya pemandangan alam dan Gunung Merapi di kejauhan.

Namun, keistimewaannya terletak pada pemandangan yang tersaji. Dari sini, pengunjung bisa ‘mengintip’ keindahan Merapi dari kejauhan. Puncak gunung yang megah itu terlihat jelas ketika hari cerah. Posisinya tampak seolah bersebelahan dengan Bukit Turgo.

Wisatawan bisa menikmatinya sembari duduk-duduk di area yang sudah tersedia. Tersedia bangku-bangku untuk bersantai. Ada juga hammock dan bean bag yang nyaman. Jangan lupa berfoto dari area duduk atau dari menara selfie yang sudah tersedia.

Baca: Agrowisata Bhumi Merapi Tiket dan Aktivitas

Berburu Selfie & Ngopi

Hammock di Nawang Jagad
Banyak spot selfie dan area bersantai – Foto Google Maps/dyah kartika

Nawang Jagad sangat cocok sebagai tujuan healing singkat. Wisatawan bisa bebas menghirup udara bersih dan segar. Sejauh mata memandang hanya terlihat hijaunya pepohonan. Hati-hati bila menjumpai monyet, tetap waspada dan jangan sembarangan memberi makan.

Wisatawan bisa menemukan berbagai spot foto sesuai preferensi. Asal tetap berhati-hati agar tidak berjalan melewati pagar pembatas. Area ini langsung berada di atas jurang.

Setelah puas berfoto, wisatawan bisa mengisi perut di kantin yang tersedia. Kantin ini menyajikan ragam menu makanan dan minuman menarik. Tersedia camilan, makanan berat, serta minuman untuk menghangatkan di tengah dinginnya kaki gunung.

Baca: LAVA TOUR MERAPI Tiket dan Tempat Menarik

Berkemah

Berkemah di Nawang Jagad
Camping dengan pemandangan puncak Gunung Merapi – Google Maps/watra arsadiando

Tidak puas hanya melihat keindahannya sebentar saja? Wisatawan juga bisa mencoba berkemah. Objek wisata ini menyediakan area berkemah dengan fasilitas pendukung yang lengkap dan nyaman.

Sebagian besar area kemah memiliki kontur tanah berumput yang rata. Sumber-sumber listrik juga tersedia di beberapa titik. Jika beruntung, pengunjung bisa mendapatkan spot yang langsung menghadap ke puncak Gunung Merapi. Untuk berkemah di sini, wisatawan wajib melakukan reservasi sejak jauh-jauh hari.

Jangan kaget jika mendengar gemuruh dari tanah selama berada di sini. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Merapi, area ini termasuk rawan bencana. Setiap pengunjung yang berkemah wajib mengikuti arahan mitigasi bencana dari petugas.

Bersepeda

Pesepeda bersantai
Pesepeda bersantai sambil menikmati keindahan Gunung Merapi di Nawang Jagad – Foto Google Maps/Riyan_Arvamedia

Rute menuju objek wisata ini memang cukup menantang karena lumayan menanjak. Sehingga menarik banyak pesepeda untuk menjajal rutenya. Tempat wisata ini pun sering dijadikan destinasi akhir kegiatan bersepeda.

Selain menikmati pemandangan dan mengisi perut, ada kegiatan seru lainnya. Pengunjung bisa mampir sebentar ke Museum Ullen Sentalu yang berada di seberang gerbang masuk. Museum ini memamerkan beragam karya seni.

Fasilitas

Nawang Jagad menyediakan fasilitas area parkir, toilet umum, musala, kantin, area duduk, hammock, dan bean bag. Tersedia fasilitas pendukung untuk camping yaitu sumber listrik, penerangan, sumber air bersih, serta alat api unggun.

Lokasi Nawang Jagad

Nawang Jagad terletak di Kaliurang, tepatnya di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya masih satu kawasan dengan Museum Ullen Sentalu. Berjarak sekitar 27,5 kilometer atau 50 menit berkendara ke utara dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Tidak sulit menjangkaunya baik dengan mobil atau motor karena akses jalan sudah sangat baik.

Ulasan Pembaca

4.7 - 35 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *