Beranda Tiket Wisata

TLOGO PUTRI Kaliurang Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Tlogo Putri : Rp6.000Jam Buka: 07:00 - 18:00No. Telepon: -Alamat: Jalan Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55582

Tlogo Putri Kaliurang salah satu objek wisata alam dengan suasana sejuk dan pepohonan yang rimbun. Bahkan, masih terdapat hewan-hewan liar seperti monyet, yang sering kali membaur dengan wisatawan. Kaliurang sendiri merupakan kawasan wisata pegunungan yang ada di lereng Gunung Merapi.

Di sini tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja. Wisatawan juga bisa memainkan berbagai wahana permainan menarik. Di waktu tertentu atau akhir pekan, juga ada pementasan di kawasan objek wisata ini. Selain itu, ada juga kuliner khas Kaliurang yang wajib dicoba.

Harga Tiket Masuk Tlogo Putri Kaliurang

Objek wisata ini menetapkan tarif masuk yang masih terjangkau. Selain itu, wisatawan juga dikenakan tarif parkir sesuai dengan kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp6.000
Sewa Skuter Rp15.000 – Rp35.000
Tarif Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp10.000
Bus Rp20.000

Baca: Taman Wisata Kaliurang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Tlogo Putri Kaliurang

Objek wisata ini buka setiap hari dan dapat dinikmati dari pagi hingga sore. Saat libur ataupun akhir pekan, tempat ini sering kali ramai wisatawan. Jika tidak ingin terlalu ramai, bisa datang saat hari biasa. Dan di saat pagi atau sore hari, biasanya jumlah pengunjung akan berkurang.

Jam Operasional
Setiap hari 07:00 – 18:00 WIB

Keindahan Alam Tlogo Putri yang Masih Asri

Wisata Tlogo Putri Kaliurang
Wisata Tlogo Putri Kaliurang. Foto: Gmap/Sarminto Rumadi

Tlogo Putri merupakan kawasan wisata alam di lereng Gunung Merapi. Lokasinya yang dekat dengan Gunung Merapi membuatnya memiliki udara yang sejuk. Kawasannya pun tampak begitu asri dengan pepohonan yang tinggi dan rimbun. Menyelami suasananya wisatawan akan mendengar kicau burung dan suara hewan lain dari hutan.

Sementara daya tarik utamanya yaitu sebuah danau air tawar yang jernih. Danau ini memiliki air yang jernih kehijauan, serta permukaan air yang tenang. Bahkan, tampak dari permukaan pantulan dari pepohonan yang ada di sekitarnya. Sesekali, tampak pusaran kecil karena burung atau serangga yang hinggap.

Di sekeliling danau ini terdapat dinding dari semen untuk membatasi danau dengan area daratan. Serta pagar di sisi jalan supaya lebih aman ketika wisatawan berjalan di sampingnya. Wisatawan dapat bersantai menikmati indahnya sekeliling danau. Sembari berfoto dengan latar belakang danau yang indah ini.

Baca: SURALOKA ZOO Tiket Masuk & Wahana Lengkap

Sejarah dan Mitos di Tlogo Putri

Nama Tlogo Putri sendiri memiliki arti tersendiri. Di mana “tlogo” dalam bahasa Jawa artinya adalah telaga atau danau. Sementara “putri” mengandung arti sebenarnya, yaitu putri atau bidadari. Hal ini tak terpisahkan dari legenda yang melekat pada masyarakat setempat.

Menurut cerita dulunya danau ini adalah tempat mandi para bidadari kahyangan. Tentu hal ini merupakan cerita turun-temurun yang belum memiliki bukti. Meski begitu, masyarakat tetap meyakininya. Dan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu, ada pula keyakinan bahwa jika air telaga dapat membawa kebaikan. Jika membasuh wajah dengan air dari telaga, akan membuat wajah awet muda.

Baca: Agrowisata Bhumi Merapi Tiket & Aktivitas

Air Terjun di Tlogo Putri

Kawasan Air Terjun yang sangat Asri
Kawasan Air Terjun yang sangat Asri. Foto: Gmap/Muhammad Asad

Di kawasan Tlogo Putri, selain danau ada juga air terjun. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 10 meter. Aliran airnya tidak begitu deras, sehingga aman bagi wisatawan untuk mendekat. Debit air pun cukup kecil, bahkan tak jarang anak-anak bermain juga di bawahnya.

Aliran airnya begitu jernih, mengaliri kolam dan sungai di bawahnya. Kolam di bawah air terjun pun sangat dangkal, dengan bebatuan tersebar. Wisatawan dapat mandi atau sekedar bermain-main di kolam ini. Tentunya sambil berfoto menunjukkan latar belakang air terjun yang indah ini.

Baca: LAVA TOUR MERAPI Tiket & Tempat Menarik

Berkeliling Menikmati Tenangnya Danau

Danau Tlogo Putri yang Tenang
Danau Tlogo Putri yang Tenang. Foto: Gmap/Baihaqi Aditya

Danau Tlogo Putri sendiri dapat dinikmati tanpa harus berenang di dalamnya. Yaitu dengan menaiki kano atau sepeda air. Selama bermain kano wisatawan akan mendapat perlengkapan seperti dayung dan pelampung. Satu kano hanya bisa menampung oleh satu orang.

Wahana kano ini lebih cocok bagi remaja hingga dewasa. Karena memerlukan keseimbangan untuk menjaga supaya kano tidak terguling.

Jika anak-anak ingin menikmati danau, dapat mencoba wahana sepeda air. Tentunya lebih aman karena di kanan kiri sepeda air sudah dilengkapi pengaman. Wisatawan hanya tinggal mengayuh pedal di dalam sepeda air, dan mengarahkan kemudinya.

Baca: Bukit Klangon Sleman Tiket & Aktivitas

Berkeliling Kawasan Wisata dengan Skuter

Keliling Kawasan Wisata dengan Suter
Keliling Kawasan Wisata dengan Suter. Foto: Gmap/Jogja Tourism

Selanjutnya yang baru di Tlogo Putri adalah wahana Skuter. Wisatawan bisa menyewa skuter untuk durasi tertentu. Tarif sewa yang berlaku pun berdasarkan dengan lamanya penyewa mengendarai antara 15 menit hingga 60 menit.

Mengendarai skuter, wisatawan dapat mengelilingi kawasan Tlogo Putri lebih luas. Bahkan, bisa berkeliling hingga patung Elang Jawa yang ada di depan gerbang masuk. Sambil berfoto di depan patung elang tersebut di spot yang telah disediakan. Jangan lupa berfoto supaya momen indah ini terabadikan dengan baik.

Menikmati Kuliner Khas Kaliurang

Jika Jogja punya gudeg sebagai makanan khas, di Kaliurang ada lagi yang perlu dicoba. Wisatawan dapat mencoba Jadah Tempe, yang paling terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik.

Jadah merupakan makanan yang terbuat dari ketan dengan adonan halus. Biasa disebut uli atau di Jawa dikenal dengan gemblong. Teksturnya kenyal dengan rasa gurih dari kelapa. Ditemani dengan tempe bacem yang manis dan legit, dan cabai rawit yang pedas.

Jika kurang kenyang, dapat mencoba Warung Mbah Ganis. Di sini menyediakan berbagai menu sate dan tongseng. Dari olahan daging ayam, kelinci, hingga daging kambing. Dijamin akan membuat diam perut yang keroncongan.

Baca: TAMAN TEBING BREKSI Tiket & Aktivitas

Fasilitas

Panggung Hiburan tempat Pementasan
Panggung Hiburan tempat Pementasan. Foto: Gmap/Jati Kurniawan

Objek wisata ini telah dilengkapi fasilitas umum yang lengkap. Mulai dari musala, lahan parkir, toilet, hingga fasilitas hiburan. Pada saat hari peringatan khusus, hari libur, atau akhir pekan, akan berlangsung berbagai acara. Ada pementasan wayang kulit, campur sari, grup band musik, hingga lakon pelawak.

Lokasi Tlogo Putri Kaliurang

Kawasan wiata ini berlokasi di Jalan Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 32

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini