Beranda Tiket Wisata

Lava Tour Merapi Yogyakarta Tiket & Tempat Menarik - Juni 2020

Lava Tour Merapi Harga Tiket: Rp350.00/Jip Jam Buka: 04.30 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Kaliurang,Pakem,Sleman,DI Yogyakarta,Indonesia,55582.

Lava Tour Merapi bisa menjadi pilihan aktivitas wisata ketika berlibur di Yogyakarta. Lava Tour Merapi adalah istilah untuk tur wisata kawasan terdampak erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Tur yang dimaksud saat ini merupakan tur menggunakan mobil jenis jeep. Kegiatan tur meliputi kunjungan ke sejumlah titik yang terkena dampak langsung erupsi.

Ya, lava tour Merapi merupakan alternatif liburan yang tidak biasa. Dari namanya saja mungkin sudah memunculkan tanda tanya. Sudahkah mengumpulkan keberanian untuk mencobanya?

Tarif Paket Lava Tour Merapi

Lava tour Merapi ditawarkan sebagai aneka pilihan paket wisata. Paket-paket ini dibanderol dengan harga yang beragam. Setiap paket sudah termasuk tiket masuk untuk sejumlah titik pemberhentian. Paket wisata ini bisa menampung rombongan, sehingga cocok untuk dijajal sebagai liburan keluarga atau bersama teman.

Tarif Paket Lava Tour Merapi
Jenis PaketDurasiHarga
Sunrise Trip2,5 jamMulai dari Rp450.000 / jip
Short Trip1 – 1,5 jamMulai dari Rp350.000 / jip
Medium Trip2 jamMulai dari Rp450.000 / jip
Long Trip2 – 2,5 jamMulai dari Rp550.000 / jip

Baca: 16 Tempat Wisata Terbaik di Sleman Yogyakarta

Jam Operasional

Paket lava tour Merapi dimulai sejak dini hari hingga menjelang sore. Waktu terbaik untuk menyaksikan pemandangan adalah ketika musim kemarau. Wisata dibuka setiap hari dan selalu ramai dipesan saat masa liburan. Namun, perlu diperhatikan bahwa paket wisata ini juga bergantung pada kondisi dan status Gunung Merapi. Jika Merapi sedang aktif, biasanya wisata akan ditutup untuk sementara hingga kondisi aman.

Jam Operasional
Sunrise Tripmulai pukul 04.30 WIB
Setiap Hari 07.00 – 16.00 WIB

Eksotisme Lava Tour Merapi

Tur jeep Lava Tour Merapi
Tur Lava Merapi memberikan pengalaman menaiki jeep mendekati kawasan kaki Gunung Merapi – Foto: Google Maps/Hafiz Lokman

Awalnya, tur dilakukan dengan menggunakan kendaraan jenis trail. Namun, erupsi di tahun 2010 telah mengubah wajah kawasan sekitar lereng Gunung Merapi. Banyak area wisata yang hancur dan tenggelam diterjang lahar. Sehingga, penggunaan mobil jip yang lebih kuat menjadi populer.

Sebenarnya, apa saja yang ditawarkan dalam paket wisata lava tour Merapi? Hal apa yang harus diperhatikan jika ingin mencobanya? Simak tulisan berikut ini.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & Aktivitas

Hal Penting Sebelum Memulai Lava Tour Merapi

Pos tur lava Merapi
Ada banyak komunitas tur lava Merapi yang bisa dipilih – Foto: Google Maps/Agung Haryanto

Sebelum memilih dan memutuskan paket wisata yang akan diikuti, pelajari beberapa hal terlebih dahulu. Ada sejumlah komunitas maupun penyedia paket wisata ini. Terlepas dari harganya, fasilitas serta aktor keamanan perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan jenis mobilnya. Ada berbagai jenis jip yang digunakan, masing-masing memiliki performa berbeda. Cari tahu sendiri atau minta penjelasan pada pemandu mengenai hal ini. Jenis apa yang paling aman dan nyaman, apakah Land Cruiser, Hardtop, atau Willys?

Pastikan juga kondisi mobil yang digunakan dalam keadaan baik. Supir atau pemandu pun harus memiliki lisensi resmi dari asosiasi lava tour Merapi. Jangan sampai terjadi kecelakaan karena kelalaian supir tembak atau yang tidak berpengalaman.

Dua, tanyakan mengenai fasilitas pengaman. Menaiki jip melintasi jalanan berbatu dan penuh kubangan akan menimbulkan banyak guncangan. Wisatawan berhak mendapatkan helm pengaman serta masker pelindung. Helmnya pun harus dalam kondisi baik, ya.

Baca: Agrowisata Bhumi Merapi Tiket & Aktivitas

Penuh Guncangan!

Jeep melewati kubangan air pinggir sungai
Tur jeep akan membawa wisatawan melalui rute-rute menantang yang tak terbayangkan sebelumnya – Foto: Google Maps/sopir Jogja

Penting juga untuk memastikan cuaca sebelum tur dilaksanakan. Saat terbaik untuk adalah ketika musim kemarau. Meski lebih berdebu, namun lebih baik daripada kehujanan, kan? Siapkan juga jas hujan untuk berjaga apabila tiba-tiba hujan turun.

Faktor cuaca ini perlu diperhatikan mengingat rupa trek yang akan dilalui. Lava tour Merapi akan membawa wisatawan melintasi jalan penuh kerikil. Jika baru diguyur hujan, akan ada kubangan-kubangan yang turut menghiasi. Perjalanan mendekati Merapi akan penuh guncangan yang menegangkan, tapi juga mengasyikkan!

Rute tur jeep
Trek lintasan untuk mobil jip yang menegangkan sekaligus mengasyikkan – Foto: Google Maps/KAS #2 adventure

Jip akan melaju di atas lintasan berkelok-kelok dan bergelombang. Sepanjang jalan, gemerisik kerikil beradu dengan roda dan suara mesin. Sesekali supir akan melewati kubangan dan mencipratkan “sedikit” air. Jadi, siapkan diri untuk berkotor-kotor dan dihempas kesana-kemari, ya.

Wisatawan akan dibawa mendekati Gunung Merapi. Dengan jarak sekitar 2 kilometer, kemegahan panoramanya akan tampak jelas. Wisatawan dapat melihat jalur sungai lahar hingga kepulan asap yang membumbung dari kawahnya. 

Baca: STONEHENGE MERAPI Jogja Taman Batu Unik

Batu Alien

Objek wisata Batu Alien
Objek wisata batu menyerupai “wajah alien” di kawasan kaki Gunung Merapi – Foto: Google Maps/Thivashinni Subramaniam

Selain menikmati Merapi dari dekat, wisatawan juga akan diajak mengunjungi beberapa destinasi. Destinasi ini masih berhubungan dengan dampak erupsi Gunung Merapi. Salah satu yang populer adalah Batu Alien di Desa Kepuharjo, Cangkringan.

Batu ini sama sekali tidak berasal dari luar angkasa. Arus lahar Kali Gendoltelah membawa batu besar ini ke kawasan lereng. Jika dilihat dari sudut tertentu, terdapat lekuk-lekuk yang secara keseluruhan menyerupai wajah. Karena wujudnya yang aneh, warga kemudian menjulukinya “batu alien”.

Baca: Museum Merapi Tiket & Aktivitas

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem dengan latar Merapi
Bunker perlindungan Kaliadem yang bisa dikunjungi saat tur lava Merapi – Foto: Google Maps/Nawawie _

Spot pemberhentian lainnya adalah Bunker Kaliadem. Bunker bersejarah ini menyimpan riwayat tragis dari peristiwa gugurnya dua orang relawan. Saat ini, bunker tersebut terbuka untuk umum sebagai media edukasi. Jika langit sedang cerah, wisatawan akan mendapatkan pemandangan Gunung Merapi dari sini. 

Museum Sisa Hartaku

Museum Sisa Hartaku yang bersejarah
Museum Sisa Hartaku memajang puing-puing benda yang terkena dampak langsung erupsi Gunung Merapi – Foto: Google Maps/Bayu hendarto

Destinasi berikutnya adalah museum yang menyimpan barang-barang terdampak erupsi. Museum Sisa Hartaku merupakan bekas rumah dan sanggar seni yang terkena terjangan awan panas Merapi. Wisatawan dapat melihat langsung bagaimana dahsyatnya efek erupsi terhadap berbagai jenis barang. Mulai dari perabot kecil hingga rangka kendaraan dan hewan ternak bisa dilihat di sini.

Destinasi Lain Lava Tour Merapi

Di samping ketiga destinasi di atas, masih banyak spot lain yang tak kalah menarik. Beberapa di antaranya adalah Rumah Almarhum Mbah Maridjan yang merupakan juru kunci Gunung Merapi. Selain itu, ada The Lost World Castle yang menyajikan replika kastil. Objek wisata ini biasanya diminati anak-anak dan para pemburu swafoto karena memiliki banyak spot unik.

Fasilitas

Lava tour Merapi dilaksanakan dengan jasa pemandu dari komunitas jip. Ada banyak komunitas di lereng Merapi yang bisa dipilih. Jip yang digunakan jenisnya pun bermacam-macam. Ada Land Rover, Land Cruiser, Willys, hingga Hardtop. Rata-rata jip dapat menampung hingga 4 orang penumpang orang dewasa.

Fasilitas umum yang ada di kawasan lava tour Merapi sendiri sudah lengkap. Area parkir, toilet, serta musholla atau masjid bisa ditemukan di sini. Warung-warung yang menjajakan makanan maupun suvenir juga ada. 

Lokasi Lava Tour Merapi

Komunitas jip yang menyelenggarakan lava tour Merapi tersebar di kawasan lereng Merapi. Wisatawan bisa menemukannya di kawasan Kaliurang, Kalikuning, dan Kaliadem yang ada di Kecamatan Pakem dan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Tidak sulit untuk pergi kemari arena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta. Dari pusat kota, arahkan kendaraan ke utara menyusuri Jalan Kaliurang. 

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini