Patung di Museum Ullen Sentalu
Patung di Museum Ullen Sentalu Jogja. Foto: Gmap/Edhi Sutanto

Wisata sejarah di Jogjakarta memang tidak pernah ada habisnya. Museum Ullen Sentalu, saksi bisu keberadaan Dinasti Mataram yang masih berdiri hingga kini. Saat ini, banyak pengunjung yang mendatangi Museum untuk belajar sekaligus berwisata.

Berada di pegunungan, pengunjung akan disambut dengan sejuknya udara di 15 – 25 derajat celcius. Pengunjung pun akan merasa lebih tenang karena keheningan yang menyatu dengan alam. Pemandangan di sekitar museum seolah berpadu dengan benda bersejarah di museum.

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Untuk dapat masuk ke Museum Ullen Sentalu, tiket masuk dikenakan berbeda. Pengunjung domestik dibedakan dengan mancanegara. Usia pun dibedakan, untuk pengunjung dewasa dan anak – anak.

Harga Tiket Masuk
Dewasa Domestik Rp40.000
Anak – anak Domestik Rp20.000
Dewasa Mancanegara Rp100.000
Anak – anak Mancanegara Rp60.000

Baca: The LOST WORLD Castle Yogya Tiket & 5 Spot Foto Keren

Jam Operasional Museum Ullen Sentalu

Museum dibuka di hari Selasa – Jumat pukul 08.30 – 16.00 WIB. Sabtu dan Minggu pukul 08.30 – 17.00, sementara hari Senin tutup. Untuk pembelian tiket tur terakhir dilakukan 30 menit sebelum tutup.

Napak Tilas Dinasti Mataram di Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu Jogja. Foto: Gmap/Rosalia Destarisa

Museum Ullen Sentalu berada di area seluas 1,2 hektar. Dikembangkan secara bertahap dengan nama nDalem Kaswargan, yang berarti Rumah Surga. Rumah Surga menggambarkan susasana museum yang damai dan asri.

Berjalan dari gerbang masuk, pengunjung akan menemukan ruang pamer berupa artshop dan restoran. Jalan yang dilalui berupa kelokan, undakan, serta labirin yang memberikan nuansa pegunungan indah. Di sekitarnya, terdapat kolam, taman, gapura, serta dinding yang menggambarkan keagungan para leluhur.

Museum budaya ini menyajikan berbagai peninggalan, mulai dari patung dan barang bersejarah. Semua masih terawat dengan baik. Tidak hanya itu, di sini pun sering diadakan acara bahkan sudah standar internasional.

Kolam di Museum Ullen Sentalu
Kolam di sekitar area museum. Foto: Gmap/Dita Retno

Mengunjungi museum ini, alangkah baiknya jika menggunakan jasa pemandu wisata. Nantinya, pemandu wisata akan menjelaskan seluruh hal mengenai Ullen Sentalu. Dan tentu saja, pemandu wisata ini dapat menjelaskan dengan Bahasa Indonesia maupun Inggris.

Pemandu di sini disebut dengan Educator Tour. Educator Tour bertanggung jawab membawa pengunjung dalam penjelajahan seni dan budaya Ullen Sentalu. Disebut Educator karena memang pemandu ini mengedukasi pengunjung melalui penjelasannya.

Selain bahasa Indonesia dan Inggris, pengunjung juga dapat mendapatkan penjelasan dalam bahasa lain. Pengunjung dapat memilih tur audio, dimana pengunjung dapat mendengarkan penjelasan dari audio. Tidak perlu pemandu wisata, audio menyediakan bahasa Mandarin, Belanda, dan Jepang.

Audio ini dapat digunakan wisatawan secara gratis. Syaratnya hanya dengan menitipkan kartu identitas dan harus kembali paling lambat 90 menit.

Baca: Candi PRAMBANAN Tiket & 8 Aktivitas Top

Program Jelajah Budaya

Selain tour di dalam museum, Ullen Sentalu juga menyediakan program jelajah budaya. Program ini tujuannya memperkenalkan keragaman seni dan budaya di luar museum. Baik di sekitar museum atau di Kaliurang, hingga ke Kotagede.

Dalam program jelajah budaya ini, dapat berupa rombongan kecil maupun rombongan besar. Untuk rombongan dalam jumlah besar, dapat melakukan reservasi terlebih dahulu.

Mengikuti Kegiatan Klub Diskusi Ullen Sentalu

pemandangan indah di Ullen Sentalu
Pemandangan Indah di Ullen Sentalu. Foto: Gmap/Mas Yossie

Di museum ini, terdapat acara rutin yang diselenggarakan, dengan tajuk Klub Diskusi. Seperti namanya, klub ini akan membahas berbagai tema tentang budaya. Peserta diskusi maksimal 10 orang, sehingga lebih fokus dan semua peserta dapat aktif.

Tema akan ditentukan oleh pihak museum, namun tentunya berhubungan dengan budaya. Diharapkan, dengan adanya diskusi ini dapat memberikan sumbangsih terhadap pelestarian budaya. Serta bertukar pikiran mengenai budaya dan kehidupan modern saat ini.

Selain itu, Museum ini juga sering mengadakan pemutaran film dokumenter. Film dokumenter tersebut bercerita tentang sejarah pendirian Kraton dan terbentuknya Kota Jogja.

Baca: Punthuk Setumbu Magelang Tiket & 5 Aktivitas Top

Fasilitas di Museum Ullen Sentalu

Selain museum, di sini juga menyediakan toko dan ruang pameran bernama Kaligonal. Di sini, selain menampilkan pameran juga menampilkan pagelaran budaya. Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas restoran dengan menu Indonesia hingga mancanegara.

Lokasi dan Transportasi ke Museum Ullen Sentalu

Museum buaya ini beralamat di Jalan Boyong KM.25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta. Pengunjung dapat datang dengan kendaraan pribadi maupun umum. Dapat naik Trans Jogja dan dilanjut dengan angkutan umum, maksimal pukul 14.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor 0274-895-161. Atau email di ullensentalu@gmail.com. Facebook atau Instagram @ullensentalu.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,80 / 54 pembaca