Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Probolinggo Tiket & Aktivitas Menarik - Mei 2022

0
Alun-alun ProbolinggoHarga Tiket Masuk: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Ahmad Yani No.48, Sukabumi, Mayangan, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia, 67219

Alun-alun menjadi tempat yang kerap dipilih masyarakat untuk berekreasi. Berwisata ke Alun-alun tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya. Selain itu, karena wilayahnya yang ada di ruang terbuka hijau, tempat ini juga sering digunakan untuk melepas penat. Begitu juga dengan masyarakat Probolinggo dan sekitarnya. Alun-alun Probolinggo merupakan destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Sebagai pusat kota Probolinggo, Alun-alun ini letaknya dekat dengan stasiun kereta api dan pelabuhan. Tak hanya itu, jaraknya juga dekat dengan Masjid Agung Probolinggo. Aktivitas yang sering berlangsung di sini cukup beragam. Pengunjung bisa berolahraga, berjalan-jalan santai, atau mengajak anak bermain di taman. Kemudian aktivitas lain yang tak kalah menarik yaitu berfoto di bawah patung garuda atau patung angsa. Rekreasi ke sini bisa menjadi pilihan bagi yang ingin berlibur dengan murah meriah.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Probolinggo

Bagi pengunjung yang ingin berekreasi ke Alun-alun Probolinggo, tidak perlu membayar tiket masuk. Fasilitas yang ada di sini juga bisa dinikmati secara gratis. Pengunjung hanya perlu membawa uang untuk membeli jajanan terutama jika datang saat hari Minggu.

Harga Tiket Masuk
Per orang Gratis

Baca: Candi Jabung Probolinggo Tiket & Pesona

Jam Buka Alun-alun Probolinggo

Alun-alun ini buka setiap hari selama 24 jam. Suasana Alun-alun akan ramai sekitar jam 6 hingga 9 pagi. Jika ingin bersantai dengan nyaman di sini, datanglah saat cuaca sedang cerah. Apabila ingin menikmati aneka jajanan, kunjungi Alun-alun ini pada hari Minggu. Namun, saat ingin menikmati suasana yang tidak terlalu ramai, pengunjung bisa datang saat hari biasa.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Menikmati Suasana Santai di Alun-alun Probolinggo

Suasana Alun-alun Probolinggo
Alun-alun Probolinggo menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk melepas penat karena wilayahnya yang berupa ruang terbuka hijau. Foto: Google Map/Edy Purwanto

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bersantai di Probolinggo. Salah satunya yaitu dengan berjalan-jalan santai di Alun-alun Probolinggo. Banyaknya pepohonan yang tumbuh membuat suasana menjadi sejuk. Dengan jalan setapak yang mengelilingi wilayah taman alun-alun. Bagi yang ingin berkeliling, bisa berjalan menyusuri jalan ini. Kondisi jalan setapak juga rapi sehingga nyaman untuk digunakan.

Setelah lelah berjalan-jalan, pengunjung juga bisa duduk-duduk di gazebo atau bangku taman. Nikmati suasana dan angin yang berembus untuk merilekskan pikiran. Jika berjalan-jalan pada pagi atau sore hari, suasana di sini akan terasa lebih syahdu. Hal itu karena matahari pada waktu tersebut tidak terlalu terik. Alun-alun ini juga cocok menjadi tempat berlibur bersama keluarga. Terdapat arena bermain anak dengan beberapa wahana di sini, seperti perosotan dan ayunan.

Wisata Kuliner saat Car Free Day

Suasana pagi car free day di Alun-alun
Car free day di Alun-alun Probolinggo menjadi acara mingguan dimana pengunjung bisa berwisata kuliner dan berbelanja kebutuhan rumah tangga. Foto: Google Map/Rangga Tobing

Setiap Minggunya, di Alun-alun Probolinggo berlangsung car free day. Di acara tersebut biasanya juga akan ada pasar mingguan. Banyak masyarakat yang datang ke acara tersebut untuk berbelanja atau wisata kuliner. Sepanjang jalan di alun-alun, banyak yang menjajakan makanan, mulai dari jajanan sampai makanan berat untuk sarapan.

Makanan yang dijual cukup beragam, seperti gorengan, otak-otak, nasi jagung, es kelapa, dan tahu tek tek. Selain makanan ringan, di sini juga menjual makanan berat, antara lain bakso, mie ayam, nasi soto, serta sate ayam. Tidak hanya wisata kuliner, di sini juga menjadi tempat bagi pedagang yang menjual barang sehari-hari. Barang tersebut seperti pakaian, perabotan rumah tangga, sendal, sepatu, sampai mainan anak.

Baca: Songa Adventure Arung Jeram Penuh Tantangan

Area Berfoto

Beberapa pengunjung yang berfoto di patung garuda di Alun-alun Probolinggo
Patung garuda dan dinding ukiran menjadi salah satu tempat berfoto favorit bagi pengunjung yang berekreasi ke sini. Foto: Google Map/Renato Cento

Tidak lengkap rasanya jika tak berfoto saat berkunjung ke sini. Ada beberapa tempat yang menarik sebagai latar foto. Salah satunya yaitu di monumen patung garuda. Di area yang sama ada tembok dengan ukiran timbul yang menarik.

Ukiran tersebut bercerita tentang sejarah Indonesia dari zaman penjajahan sampai masa kemerdekaan. Jika berfoto di sini, ambil jarak agak jauh atau gunakan mode landscape agar seluruh tembok bisa terlihat. Cara lainnya, ambil foto dari samping agar ukiran di tembok bisa tetap terlihat dengan jelas.

Area selanjutnya yaitu di patung angsa. Patung ini terdiri dari beberapa ekor angsa yang sedang berenang. Di bagian bawah patung angsa, berdiri patung replika ombak agar terlihat realistis. Patung tersebut dikelilingi oleh pagar besi.

Selanjutnya, terdapat beberapa bangku taman yang menghadap ke patung. Pengunjung bisa mengambil foto di depan bagian samping patung. Hal itu dilakukan supaya panorama patung bisa terlihat secara keseluruhan. Selain itu, berfoto dengan pose duduk di bangku taman yang ada di sekitar patung juga sangat menarik. Lokasi berfoto lain yang bisa menjadi pilihan yaitu di landmark alun-alun dan di tengah jalan setapak.

Baca: BeeJay Bakau Resort Probolinggo Tiket & 4 Wahana Top

Berolahraga dan Memberi Makan Merpati

Pengunjung yang memberi makan burung merpati
Di Alun-alun Probolinggo, pengunjung bisa memberi makan burung merpati dan berinteraksi secara langsung, seperti menyentuh sampai berfoto bersama. Foto: Google Map/Ariska Alfaiz

Selain digunakan untuk berjalan santai, jalan setapak di alun-alun juga bisa digunakan sebagai trek olahraga. Olahraga yang biasa dilakukan di sini yaitu jogging. Kondisi trek yang bagus akan membuat olahraga semakin nyaman tanpa takut tersandung.

Kemudian terdapat lapangan yang luas di sini. Pengunjung yang datang bisa menggunakan lapangan sebagai tempat untuk olahraga senam, sepak bola, voli, atau badminton. Olahraga lainnya yang bisa dilakukan di alun-alun ini yaitu bersepeda.

Tidak hanya berolahraga, Alun-alun Probolinggo juga menawarkan edukasi fauna bagi pengunjungnya. Di sini ada beberapa kendang merpati yang bisa dilihat secara langsung. Burung-burung merpati tersebut biasanya terbang di area lapangan alun-alun atau berjalan-jalan di sekitar kandangnya. Uniknya, pengunjung bisa memberi makan secara langsung kepada burung merpati. Jika berani, pengunjung juga boleh memegang dan berfoto bersama burung tersebut.

Fasilitas di Alun-alun Probolinggo

Alun-alun ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut yaitu beberapa gazebo dan bangku taman. Jika berwisata bersama anak-anak, di sini juga tersedia area bermain anak. Terdapat beberapa wahana seperti ayunan dan perosotan di taman ini. Bagi yang ingin mencari kudapan, di sepanjang jalan dekat Alun-alun ada beberapa pedagang kaki lima yang menjual makanan. Di sekitar Alun-alun juga tersedia toilet, musala, dan lahan parkir yang cukup banyak.

Lokasi Alun-alun Probolinggo

Alun-alun Probolinggo berlokasi di Mangunharjo, Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Pengunjung tidak perlu bersusah payah untuk menemukan alun-alun ini. Karena lokasi alun-alun ini berada di pusat kota dan dekat stasiun serta pelabuhan. Jika pengunjung berasal dari luar kota dan menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan Google Map sebagai pemandu jalan.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 19

Berikan Rating