Beranda Tiket Wisata

ALUN-ALUN WONOSOBO Wisata Alternatif Murah November 2021

Alun-alun WonosoboHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Pemuda No.2, Wonosobo Timur, Wonosobo, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, 56311

Wisatawan banyak yang mengenal Wonosobo sebagai salah satu checkpoint sebelum menuju ke Dieng. Masih sedikit yang mempertimbangkan Wonosobo sebagai tujuan wisata. Padahal, kota kecil ini punya berbagai tempat rekreasi sederhana yang menarik. Salah satunya ialah Alun-Alun Wonosobo.

Siapa sangka tempat ini pernah mendapatkan predikat alun-alun terindah di Indonesia. Meski tidak semodern Alun-Alun Bandung, namun tetap menarik sebagai area rekreasi. Wisatawan yang ingin menikmati kearifan lokal Wonosobo wajib untuk mampir ke alun-alun ini.

Tiket Masuk

Sebagai sarana publik, Alun-Alun Wonosobo tidak memberlakukan tiket masuk. Masyarakat maupun wisatawan bisa mengunjungi alun-alun ini secara bebas. Karenanya, alun-alun bisa jadi alternatif destinasi wisata yang murah-meriah.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukGratis

Baca Juga: 12 Tempat Wisata Wonosobo Terbaik

Jam Buka

Alun-Alun Wonosobo selalu terbuka setiap harinya. Puncak kunjungan biasanya terjadi di pagi dan malam hari. Pengunjung memanfaatkan lokasi alun-alun sebagai tempat olahraga dan berwisata kuliner.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Alun-Alun Wonosobo

Pengunjung berjalan-jalan di alun-alun
Jogging track area di pinggir alun-alun yang teduh oleh naungan pepohonan – Foto: Google Maps/Adys Freksis

Wonosobo adalah kabupaten yang berdiri pada abad ke-18. Kabupaten ini pernah memegang peran penting dalam masa kemerdekaan Indonesia. Saat ini, Wonosobo terkenal karena tujuan wisata populer yaitu Dieng.

Kota kecil ini memang belum terlalu populer sebagai tujuan wisata. Kebanyakan pelancong lebih memilih untuk berwisata ke daerah sekitarnya. Beberapa di antara objek wisatanya yang populer adalah Agrowisata Tambi dan Dataran Tinggi Dieng.

Namun, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi Wonosobo untuk berlibur. Kota ini memiliki sejumlah daya tarik yang belum tereksplorasi dengan sempurna. Wisata di Wonosobo bisa dimulai dari berkunjung ke alun-alunnya. Nah, apa saja yang bisa dilakukan di Alun-Alun Wonosobo ini?

Olahraga

Pedagang bersantai di dekat area fitness
Pojok olahraga yang menyediakan alat-alat fitness outdoor – Foto: Google Maps/Dwi Kartika

Area utama Alun-Alun Wonosobo adalah lapangan seluas kurang-lebih 3 hektar. Lapangan ini berbentuk persegi panjang dan membentang dari barat ke timur. Ukurannya yang luas sesuai fungsi alun-alun pada zaman dahulu, yaitu tempat berkumpul masyarakat. Biasanya pemerintah dulu mengabarkan pengumuman penting di tempat ini.

Saat ini, alun-alun masih berfungsi sebagai tempat berkumpul. Hanya saja kegiatan yang berlangsung sudah berbeda. Mayoritas masyarakat memanfaatkan alun-alun sebagai lokasi berolahraga.

Selain karena lahannya yang luas, terdapat sarana pendukung lainnya. Ada jogging track yang nyaman di sekeliling lapangan. Di beberapa sudut, terdapat alat-alat fitness outdoor yang bebas digunakan. Lapangan rumputnya pun seringkali berguna untuk sepak bola atau olahraga lainnya.

Baca Juga: AMERTA WATERPARK Wonosobo Tiket & Wahana

Rekreasi Keluarga

Playground di malam hari di area alun-alun wonosobo
Wahana bermain untuk anak-anak yang berada dekat air mancur – Foto: Google Maps/Adelina Damayanti

Alun-alun ini juga merupakan ruang untuk rekreasi keluarga. Salah satunya dengan menyediakan sarana bermain anak-anak. Wahananya memang tidak banyak, tetapi bisa dimainkan oleh beberapa anak sekaligus.

Selain wahana tersebut, banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai permainan. Misalnya, permainan balon sabun, lembar mewarnai, hingga odong-odong. Pengunjung juga bisa menyewa becak mini untuk segala usia.

Baca Juga: WONOLAND Wonosobo Tiket & Ragam Wahana

Pusat Kegiatan & Kuliner

Fasilitas paseban alias pendopo di alun-alun wonosobo
Paseban atau pendopo yang bisa menjadi tempat gelaran acara atau tempat istirahat bagi pengunjung alun-alun – Foto: Google Maps/Riezdqhy Amalina

Wonosobo adalah daerah yang kaya akan warisan budaya. Acara-acara besar bertema kebudayaan kerap kali berlangsung di Alun-Alun Wonosobo. Salah satunya adalah Carica Day yang merupakan acara tahunan. Carica merupakan pepaya khas Wonosobo yang merupakan bahan dasar manisan.

Acara lainnya yaitu kegiatan keagamaan dan pesta rakyat. Masyarakat Wonosobo masih gemar menikmati kegiatan kumpul-kumpul. Jika ingin mencicipi kearifan lokal di Wonosobo, alun-alun adalah jawabannya.

Di sekitar alun-alun, banyak sekali jajanan kaki lima. Makanan khas seperti mie ongklok dan tempe kemul akan sangat mudah dijumpai di sini. Harganya pun lebih bersahabat. Terdapat pendopo di kedua sisi lapangan yang bisa menjadi tempat bersantai sambil menikmati kuliner.

Waktu paling tepat adalah sore menjelang malam hari. Terlebih lagi ketika akhir pekan tiba. Saat cuaca cerah, pengunjung alun-alun bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari sini. Pemandangan ini ditambah dengan pesona siluet Gunung Sumbing-Sindoro di kejauhan.

Baca Juga: GUNUNG BISMO: Tiket & 5 Jalur Pendakian

Taman Asri

Taman Kartini nan asri
Taman Kartini yang berada di selatan Alun-Alun Wonosobo. Selain itu ada Taman Hasri Ainun-Habibie dan Taman Pendopo – Foto: Google Maps/Andri Wijaya

Di sekitar alun-alun, terdapat beberapa taman yang asri. Taman-taman ini layak menjadi pilihan jika ingin mencari suasana segar. Beberapa taman tersebut adalah Taman Kartini, Taman Pendopo, dan Taman Hasri Ainun-Habibie.

Taman-taman ini berisi pepohonan dan tanaman hias. Pengunjung dapat duduk dan berteduh di bawah rindangnya pepohonan. Di Taman Hasri Ainun-Habibie juga terdapat monumen bergaya modern. Dekorasi ini yang menjadikannya spot asyik untuk selfie atau berfoto.

Fasilitas Alun-Alun Wonosobo

Fasilitas yang ada di Alun-Alun Wonosobo yaitu playground, alat fitness outdoor, jogging track, dan pendopo. Sedangkan untuk sarana toilet atau musala, pengunjung bisa ke Masjid Raya Wonosobo yang ada di sisi timur. Urusan perut, di sekitar alun-alun terdapat PKL yang menyajikan berbagai jenis kuliner. Memang bisa dikatakan fasilitas Alun-Alun Wonosobo sangat lengkap dan memadai untuk berbagai aktivitas rekreasi.

Lokasi Alun-Alun Wonosobo

Alun-Alun kota ini terletak di Jalan Pemuda No. 2, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo. Sarana publik ini terapit sejumlah jalan utama lainnya seperti Jalan Kartini, Jalan Merdeka, dan Jalan Soekarno-Hatta. Akses masuknya sendiri berada di sekeliling alun-alun. Untuk mencapai lokasinya bisa dengan kendaraan pribadi, angkutan umum, atau ojek pangkalan dan online.

Tanggapan:

5 / 5. dari 2

Kasi Bintang