Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Purbalingga: Taman Kota Penuh Wahana Desember 2021

Alun-alun PurbalinggaHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Purbalingga Lor, Purbalingga, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia, 53311

Alun-alun Purbalingga bisa menjadi tujuan wisatawan yang memiliki waktu singkat berlibur ke Purbalingga. Karena tempatnya yang mudah terjangkau, serta daya tariknya yang memikat. Di sini, wisatawan dapat menikmati suasana kota di Purbalingga. Dan tentunya, mencicipi kuliner khas yang ada di sekitaran alun-alun.

Ruang terbuka hijau seluas setidaknya 10.000 m2 ini telah disulap menjadi objek wisata baru yang begitu memikat. Banyak masyarakat Purbalingga seringkali menghabiskan waktu di sini. Dan tentunya wisatawan luar Purbalingga pun turut penasaran serta ikut meramaikan taman tengah kota ini. Hal ini karena suasana taman yang begitu unik dan menarik, apalagi tempat ini termasuk wisata yang murah meriah.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Purbalingga

Objek wisata ini termasuk murah meriah. Pasalnya, tidak perlu membayar biaya sebagai tiket masuk. Wisatawan hanya perlu menyiapkan uang untuk membayar parkir saja. Tak lupa, siapkan juga budget untuk menikmati kuliner dan mencoba wahana permainan di sini.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Purbalingga

Jam Buka Alun-alun Purbalingga

Objek wisata terbuka untuk umum setiap hari. Dari pagi hingga malam hari. Namun sesuai dengan pembatasan karena massa Covid-19, wisatawan tidak dapat berada di sini hingga larut malam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Alun-alun Purbalingga

Kawasan Alun-alun yang Tampak Hijau
Kawasan Alun-alun yang Tampak Hijau. Foto: Gmap/Yayan Set

Alun-alun Purbalingga layaknya alun-alun pada umumnya. Terletak di pusat kota, berbentuk persegi dengan area lapang di tengahnya. Tanah lapangnya terdapat area rerumputan, dengan sebagian area berlantai. Dimana berfungsi sebagai area tiang bendera dan area upacara saat peringatan hari tertentu.

Di sekeliling alun-alun, terdapat pohon glodokan tiang yang tinggi menjulang. Memang tidak tampak rimbun, namun pemandangan hijaunya cukup menyejukkan mata. Area alun-alun dan jalan raya berbatasan dengan paving yang bermotif unik. Sebagai area pejalan kaki dan area jogging pengunjung di pagi atau sore hari.

Berbagai ornamen mengisi area sekitar alun-alun. Wisatawan dapat berfoto di beberapa spot, termasuk juga spot bertuliskan “Alun-alun Purbalingga” di bagian depan alun-alun. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan di sini, termasuk juga menikmati kuliner dan wahana permainannya. Apalagi, di salah satu sisi alun-alun kini dilengkapi dengan taman yang indah.

Taman Alun-alun Purbalingga yang Unik

Salah satu keunikan alun-alun ini yaitu adanya taman di sisi selatan alun-alun. Taman ini berbentuk persegi panjang, dan penuh dengan area rerumputan serta jalan setapak. Di taman ini, wisatawan dapat bersantai karena tersedia banyak tempat duduk. Tempat duduk ini terbuat dari semen, sehingga tidak dapat dipindahkan agar tetap rapi.

Jalan setapak yang mengelilingi taman menambah keindahan kawasan. Bentuknya berkelok serta memiliki motif kotak seperti papan catur yang unik. Di sela-sela jalan setapak ini juga terdapat tanaman sebagai penghias.

Tanaman-tanaman tumbuh subur pada pot yang terbuat dari semen permanen. Berbentuk melingkar dan biasanya terdiri dari dua tanaman. Satu tanaman sebagai tanaman utama, dan satu lagi tanaman rambat untuk menutupi bagian tanah di sekitarnya. Karena kekhasannya tak jarang wisatawan mampir di sini hanya untuk berfoto.

Baca: OWABONG Water Park Tiket & Berbagai Wahana Seru

Pusat Kuliner Malam

Wisatawan Menikmati Malam di Alun-alun
Wisatawan Menikmati Malam di Alun-alun. Foto: Gmap/MS Gemstone

Alun-alun Purbalingga merupakan tujuan wisatawan yang ingin berburu kuliner pada saat malam hari. Tempat ini seolah berubah menjadi pasar malam pada saat hari mulai gelap. Berbagai macam dagangan tersaji di kawasan alun-alun. Dan tentu saja, warung makan tenda pun tak luput turut memeriahkan malam itu.

Makanan berat hingga jajanan tersaji di sini. Minuman kekinian pun tak ketinggalan meramaikan kawasan kuliner. Jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Purbalingga, yaitu sate blater. Yaitu sate unik yang diungkep dengan bumbu kuning dan disiram saus kacang.

Selanjutnya cicipi juga kuliner mendoan khas berukuran jumbo, lengkap dengan kecap dan cabai rawit. Aneka jajanan lain juga menjadi incaran wisatawan, terutama anak-anak. Seperti cilor (aci telor) dan maklor (makaroni telor). Salah satu jajan favorit anak-anak.

Baca: Golaga Goa Lawa Tiket & Ragam Aktivitas Menarik

Wahana Permainan Anak-anak

Anak-anak yang siap Menghabiskan waktu di Alun-alun
Anak-anak yang siap Menghabiskan waktu di Alun-alun. Foto: Gmap/Lusia Pbg

Tak hanya wisata kuliner, Alun-alun Purbalingga juga menyediakan arena seru bermain untuk anak-anak. Pasalnya, banyak wahana permainan untuk anak-anak. Seperti odong-odong, mobil ATV mini, sepeda hias, hingga skuter mini. Pengunjung bisa menyewa berbagai permainan ini dengan durasi waktu tertentu.

Di sini, anak-anak dapat berputar di kawasan alun-alun. Jangan khawatir, karena anak-anak dapat langsung diawasi oleh orang tua. Dan arena bermain anak-anak ini jauh dari jalan raya, sehingga lebih aman.

Jika tidak ingin bermain, wisatawan dapat berjalan-jalan santai selama berada di kawasan alun-alun. Menikmati malam dengan damai, sambil menyaksikan wisatawan lain. Atau kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya juga bisa menjadi hiburan tersendiri yang menyenangkan.

Baca: SANGGALURI PARK Purbalingga Tiket & Wahana Seru

Kawasan Penuh Spot Foto

Alun-alun Purbalingga menjadi tempat yang pas untuk berburu foto. Karena banyaknya spot foto yang ada di objek wisata ini. Di bagian depan, wisatawan dapat berfoto di ikon objek wisata ini. Yaitu pada tulisan “Alun-alun Purbalingga”, dengan tangga di depannya.

Ada juga kolam lengkap dengan air mancurnya. Wisatawan dapat berfoto juga di bagian ini. Tak lupa, taman di bagian selatan alun-alun yang setiap sudutnya begitu fotogenik.

Baca: Taman Bunga Kutabawa Purbalingga

Fasilitas Alun-alun Purbalingga

Objek wisata ini memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap. Ada banyak kursi untuk istirahat di beberapa titik. Ada juga wifi gratis yang tersedia di kawasan alun-alun. Dan selain itu, ada jalur khusus pengguna kursi roda di jalan setapak alun-alun.

Lokasi Alun-alun Purbalingga

Taman kota ini tepatnya ini berlokasi di pusat Kabupaten Purbalingga. Tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 2

Kasi Bintang