Coban Talun Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Bumiaji,Batu,Jawa Timur,Indonesia, 65336.

Coban Talun adalah salah satu destinasi wisata di Kota Batu, Jawa Timur. Coban berarti air terjun, sehingga di sini sajian wisata utamanya adalah air terjun. Meski nantinya juga ada wana wisata lain di sekitar wisata air terjun tersebut.

Selama perjalanan menuju ke sini, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Pemandangan pegunungan siap menyambut dan memanjakan mata, karena letaknya berada pada sisi barat Gunung Arjuno. Di sepanjang jalan juga terdapat aneka wisata tanaman hias yang tak kalah indahnya.

Harga Tiket Masuk Coban Talun

Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini, tiketnya cukup ekonomis. Pengunjung hanya dikenai tiket masuk beberapa ribu saja sudah bisa menikmati keindahan alam sekitar.

Harga Tiket Masuk Coban Talun
TiketRp10.000

Baca: Coban Rondo Malang Tiket & Aktivitas

Jam Operasional Coban Talun

Air terjun ini bisa dikunjungi mulai pagi hingga sore hari. Karena merupakan wisata alam tempat ini pun buka setiap hari.

Jam Buka
Senin – Minggu07.00 – 10.00

Wana Wisata Coban Talun Kota Batu

Dukungan masyarakat dan pemerintah dalam membangun wisata ini benar-benar terasa. Pemerintah Kota Batu membangun infrastruktur wisata dengan kondisi yang memadai. Sementara masyarakat, meski kebanyakan mengandalkan sektor pertanian, namun punya jiwa kewirausahaan dalam berwisata.

Coban Talun merupakan hulu dari sungai Brantas. Pengelola air terjun ini adalah Perhutani yang bekerjasama dengan swasta dalam menyediakan wisata. Lebih lanjut tentang daya tarik wisata ini, telah dipaparkan pada artikel berikut.

1. Eksotisme Air Terjun

air terjun coban talun
Keindahan air terjun dan alam sekitar Coban Talun. Foto: Google Maps/Hamzah Saefudin

Meski banyak wahana yang tersedia, lihatlah terlebih dulu air terjun begitu sampai lokasi. Karena keindahan alami air terjun tak bisa tergantikan, setelahnya barulah menikmati wahana lain. Untuk bisa ke sana, pengunjung diharuskan berjalan menurun sekitar 1 kilometer.

Perjalanan ini tak akan terasa melelahkan, sebab pemandangan di sepanjang jalan begitu indah. Ditemani pepohonan pinus serta suara satwa khas hutan akan menambah kenyamanan perjalanan. Mencapai setengah perjalanan, akan terlihat derasnya air terjun yang mengundang takjub.

Baca: Taman Selecta Malang Tiket & Aktivitas

Begitu sampai di air terjun, ketakjuban akan semakin terasa memuncak. Seribu liter per detik, itulah debit air terjun dari ketinggian sekitar 30 meter. Keindahan alam tersebut menciptakan kabut uap air dalam jangkauan yang cukup luas.

2. Area Bersantai Cukup Luas

Di sekitar air terjun terdapat lokasi yang cukup luas. Lokasi luas ini bisa digunakan untuk istirahat atau bercengkerama dengan kawan-kawan. Di sini udaranya semakin sejuk, sehingga hanya berdiam diri pun pengunjung akan merasakan rileks.

3. Spot Foto Sekitar Air Terjun

spot foto cantik
Berbagai spot foto cantik khusus dibuat untuk wisatawan yang berkunjung ke sini. Foto: Google Maps/Ary Purwanto

Seolah menjadi kewajiban, selalu ada spot foto menarik di setiap tempat wisata. Begitu pula dengan spot foto di Coban Talun, Kota Batu ini. Anak-anak muda kekinian pasti menyukai aneka spot foto alami yang tersedia.

Spot foto pertama yang bisa dipilih pengunjung adalah di aliran sungai. Kemudian ada juga spot foto di bebatuan hingga dekat air terjun. Semuanya begitu eksotis, namun pengunjung tetap harus waspada karena beberapa spot cukup licin.

4. Taman Bunga Coban Talun

area taman bunga coban talun
Di sekitar kawasan air terjun juga terdapat taman bunga cantik yang sayang untuk dilewatkan. Foto: Google Maps/muhammad ali maftuh

Wahana berikutnya akan sangat disenangi oleh pengunjung yang suka akan keindahan bunga-bunga. Sebab wahana selanjutnya merupakan kebun bunga yang memiliki aneka koleksi bunga. Koleksi tersebut bermacam-macam, baik jenis maupun warnanya.

Baca: Coban Rais Tiket & Ragam Wahana

Kebun bunga ini juga sangat bagus untuk dijadikan spot foto. Bunga dan pepohonan akan menjadi latar belakang alami yang sangat eksotis. Tak heran jika sering dijumpai foto model yang mengambil kebun ini sebagai background-nya.

5. Keseruan di Wahana Apache

Setelah puas menikmati kebun bunga, pengunjung bisa beralih ke wahana lain, yaitu apache. Wahana apache merupakan wahana yang menyerupai kampung dan budaya Indian dari suku Apache. Di tempat ini terdapat rumah indian lengkap dengan pernak-perniknya, serta terdapat kantin.

Baca: Desa Wisata Pujon Kidul Tiket & Aktivias

Wahana ini tentu akan sangat seru dijadikan spot foto. Dengan berdandan ala suku Indian, berfoto di sini pasti akan terlihat unik. Tak hanya kalangan muda saja, wahana ini juga cocok untuk segala umur.

6. Pangupon Penginapan di Coban Talun

deretan penginapan unik
Di sini juga tersedia penginapan dengan desain bangunan yang cukup unik seperti rumah merpati. Foto: Google Maps/lily mooi

Dalam bahasa jawa, istilah pagupon berarti sangkar burung merpati. Bagaikan kampung pagupon, di wahana ini tersedia rumah-rumah berbentuk pagupon. Rumah pagupon ini dibuat untuk disewakan kepada para pengunjung.

Dalam sebuah pagupon terdapat kamar tidur serta kamar mandi. Di sekitar area penginapan ini juga terdapat mushola, kantin, rumah pohon hingga taman bunga. Kebanyakan pengunjung lebih suka berfoto daripada memanfaatkan pagupon untuk menginap.

Fasilitas di Coban Talun Kota Batu

Pengelola Coban Talun benar-benar memperhatikan kawasan ini dengan baik. Terbukti dengan adanya berbagai fasilitas yang tersedia untuk mengakomodasi kegiatan pengunjung. Dimulai dengan parkiran luas, kemudian musala untuk sholat, kantin, hingga balai serba guna.

Lokasi Coban Talun Kota Batu

Letak air terjun ini cukup strategis, hanya 10 menit dari pusat Kota Batu. Alamat lengkapnya Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336. Terletak pada koordinat -7.800929, 112.516631, dengan ketinggian 1300 m.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here