Tiket RANU REGULO, Area Camping dan Daya Tarik Februari 2024

RANU REGULO

  • Harga Tiket Masuk: Rp19.000 - Rp310.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Ranupane Satu, Ranupani, Senduro, Lumajang, Jawa Timur , Indonesia, 67361

Ranu Regulo danau yang terletak di ketinggian 2.100 Mdpl di lereng Gunung Semeru. Tempat tersebut terkenal dengan camping ground yang indah nan eksotis. Lokasinya bersebelahan dengan Ranu Pani berjarak kira-kira 300 meter saja. Area camping tersebut sudah terkelola dengan baik serta sudah memiliki fasilitas umum yang memadai.

Suasana sekitarnya mirip seperti di Ranu Kumbolo. Sehingga lokasinya dapat dijadikan alternatif lokasi berkemah bagi pendaki pemula. Terutama bagi pendaki yang menginginkan ke Ranu Kumbolo, tetapi terhalang keterbatasan waktu dan tenaga. Maka Ranu Regulo dapat menjadi destinasi yang tepat karena tidak kalah menarik.

Tiket Ranu Regulo

Bila hendak camping wisatawan perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp19.000 – Rp310.000. Berikut daftar lengkap tiket masuk Ranu Regulo untuk hari biasa dan akhir pekan.

  • Tiket Masuk Wisatawan Domestik hari biasa Rp19.000 dan Rp24.000 untuk akhir pekan
  • Tiket Masuk Pendaki Mancanegara hari biasa Rp210.000 sementara untuk akhir pekan Rp310.000

Baca: RANU KUMBOLO Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Mulai tanggal 5 Februari 2024, Ranu Regulo dan sekitarnya tutup sementara sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

Kawasan wisata dan camping ini buka selama 24 jam tiap harinya. Jadi pengunjung bisa datang ke tempat ini kapan saja. Tak heran sebab lokasi ini merupakan area bumi perkemahan. Jika malam hari, tempat ini relatif aman karena sudah tersedia penerangan.

Daya Tarik Wisata dan Camping

Ranu Regulo
Kawasan Ranu Regulo. Foto: google maps/xsetan

Ranu Regulo memiliki panorama yang tak kalah eksotis dari Ranu Kumbolo yang sudah tersohor. Kawasannya menghadirkan panorama alami yang begitu menyejukkan mata. Tempatnya asri, danaunya pun bersih dan dapat menjadi spot foto Instagramable. Berikut ini yakni sejumlah hal menarik selama berwisata di sini.

Cantik dan Jernihnya Danau

Pesona Ranu Regulo
Danau cantik dan jernih salah satu sajian utama selama berkemah di sini. Foto: google maps/Ari Umbu

Luas danau ini sekitar 3,4 ha serta mempunyai tampilan air berwarna kehijauan. Pepohonan serta perbukitan mengelilingi danau menghasilkan pemandangan yang semakin indah.

Sering kali ada kabut tipis di kawasan danau, yang menjadikannya terlihat misterius. Kadang kala wisatawan memanfaatkan momen kabut tersebut untuk fotografi karena terlihat keren.

Akan tetapi wisatawan lebih baik tidak berenang di danau. Sebab hawa terdingin di kawasan ini bisa mencapai suhu minus 4 derajat Celsius.

Kemudian ada kekhawatiran bila air danau yang jernih akan tercemar jika banyak yang berenang. Sehingga perlu kesadaran tiap pengunjung supaya turut menjaga keasrian lokasi ini.

Baca: GUNUNG SEMERU Harga Tiket & 6 Spot Terbaik

Area Camping

Area Camping di Ranu Regulo
Area Camping Ranu Regulo. Foto: google maps/Dwi Rahayu

Wisatawan akan mendapatkan suasana tenang bila berkemah. Umumnya yang berkemah datang sore dan pulang saat pagi hari. Pada saat sore hari pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan kabut yang berjalan. Kemudian di pagi hari, pengunjung bisa bersiap-siap menyaksikan matahari terbit yang indah.

Suasana malam saat camping juga akan menyenangkan. Bila beruntung, pengunjung bisa melihat milky way di langit dengan cukup jelas.

Sedangkan bila ingin suasana lebih sepi, pengunjung bisa camping saat hari biasa. Karena ketika akhir pekan atau liburan, pasti pengunjungnya akan lebih ramai.

Baca: COBAN PELANGI Tiket & Aktivitas

Gunung Gending dan Ranu Pani

Tak jauh dari area camping terdapat tempat wisata menarik lain seperti Gunung Gending serta Ranu Pani. Gunung Gending berdada di sebelah selatan Ranu Regulo.

Dataran tinggi tersebut juga bisa menjadi pilihan alternatif tempat camping. Berada di Gunung Gending, pengunjung bisa melihat indahnya Ranu Regulo secara lebih eksklusif.

Sekitar 300 meter di samping areanya, terdapat Ranu Pani. Wisatawan dapat menemukan Ranu Pani berjarak kira-kira 15 menit berjalan kaki.

Pembentukan Ranu Pani juga terjadi secara alami serta mempunyai panorama yang menarik. Namun Ranu Pani tidak terlalu populer sebagai areal camping.

Baca: PUNCAK B29 Pemandangan Fantastis

Rumah Edukasi Anggrek Semeru

Rumah Edukasi Anggrek Semeru
Rumah Edukasi Anggrek Semeru. Foto: google maps/Vita Nur Fitriya Dewi

Di kawasan Ranu Regulo memiliki sebuah area konservasi tumbuhan anggrek endemi. Pengunjung bisa melihat tumbuhan seperti apa yang dilindungi oleh Taman Nasional Bromo Tengger. Rumah Edukasi Anggrek juga dikenal sebagai taman anggrek.

Tempat Sempurna Untuk Jogging

Pagi hari merupakan saat sempurna untuk jogging atau sekadar berjalan-jalan di sekitar kawasan wisata. Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan indah dengan latar belakang Gunung Semeru.

Pengunjung sebaiknya memakai sarung tangan, baju tebal, syal, jaket, kaos kaki, penutup kepala. Karena suhu udara di sekitar danau bisa menjadi sangat dingin pada jam tertentu.

Fasilitas Camping

Semakin bertambahnya jumlah wisatawan, maka fasilitas-fasilitas umum yang tersedia juga semakin lengkap. Misalnya tersedia 4 toilet, jalan yang sudah beralas paving, gazebo, dan shelter.

Pada saat malam sudah tersedia penerangan bagi para wisatawan yang berkemah. Ada fasilitas parkir di sekitar loket registrasi, serta musala untuk tempat melaksanakan ibadah.

Fasilitas camping ground cukup luas untuk memuat banyak tenda. Selain itu pengelola menyediakan fasilitas penyewaan tenda. Pengunjung juga bisa menemukan warung yang buka 24 jam. Pengunjung bisa membeli minuman hangat serta mie instan, bisa pula menumpang mengisi daya gadget.

Lokasi dan Medan Perjalanan

Ranu Regulo berlokasi di Ranupane Satu, Ranupani, Kec. Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67361. Dari Kota Lumajang menuju ke Ranu Regulo berjarak kurang lebih 43 Kilometer. Bila menempuhnya menggunakan kendaraan akan memakan waktu sekitar 1 jam 12 menit.

Untuk menuju Ranu Regulo jalan pendakian tidak menanjak, jalan juga beraspal. Dari lokasi parkir berada di dekat kawasan Ranu Pani. Sehingga untuk sampai ke lokasi terlebih dulu akan melewati Ranu Pani. Akses masuknya dari spot parkir melewati jalan setapak yang kondisinya bagus.

Rating Pembaca

4.9 - 27 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: