Beranda Tiket Wisata

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang Tiket & Pesona Desember 2021

Air Terjun Sumber PituHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 08.00 - 18.00No Telp: -Alamat: XRPC+HM9, Krajan, Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65156

Malang memang memiliki alam yang indah, salah satunya bisa terlihat di Air Terjun Sumber Pitu. Nama air terjun ini sendiri digunakan di dua tempat di Malang. Dimana yang satu ada di daerah Pujon, dan satunya ada di daerah Tumpang. Di tulisan ini, akan dibahas terkait air terjun Sumber Pitu yang ada di Tumpang.

Air terjun ini juga dikenal dengan Coban Sumber Pitu. Hal ini karena air terjunnya mengalir dari tujuh sumber mata air. Tak hanya itu, di kawasan wisata ini juga terdapat air terjun lainnya. Semua airnya masih jernih dan hawa sejuk pegunungan begitu terasa.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sumber Pitu Malang

Objek wisata ini menetapkan tarif masuk yang sangat terjangkau. Meskipun wisatawan juga dikenakan tiket masuk, namun harga tetap terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 5.000
Tarif Parkir
MotorRp 5.000
MobilRp 10.000

Baca: 5 Air Terjun Terbaik di Malang

Jam Buka Air Terjun Sumber Pitu Malang

Objek wisata ini dapat dinikmati dari pagi hingga petang. Semua waktu adalah waktu yang tepat berkunjung. Karena sejuknya hawa pegunungan tetap terasa meski di siang hari. Apalagi, air terjun yang mengalir tetap jernih tak peduli musim hujan atau kemarau.

Jam Operasional
Setiap hari08:00 – 18:00 WIB

Keindahan Alam Wisata Air Terjun Sumber Pitu

Alam Indah di Kawasan Air Terjun
Alam Indah di Kawasan Air Terjun. Foto: Gmap/Syamsul Arifin

Objek wisata Air Terjun Sumber Pitu ini masih sangat terjaga kesegarannya. Dari jalan utama, wisatawan dapat masuk melewati hutan dan ladang untuk sampai ke air terjun. Wisatawan akan dimanjakan dengan pesona alam pegunungan dalam perjalanannya. Namun, harus mempersiapkan fisik yang kuat karena akan berjalan sejauh 2 kilometer.

Di perjalanan, wisatawan akan menjumpai kebun apel milik warga. Jika beruntung, dapat minta izin ke warga untuk memetik sebuah apel. Ada juga kebun dengan tanaman sayur yang segar. Tak hanya itu, tebing-tebing bebatuan juga turut memperindah pemandangan.

Dalam perjalanan, wisatawan akan memijaki lahan dari tanah. Jika ada tanjakan atau turunan, tangganya pun terbuat dari tanah dan bambu. Sehingga sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman untuk trekking. Menjadi tantangan tersendiri apalagi saat musim hujan, karena tanah menjadi licin.

Baca: COBAN RONDO Tiket & Aktivitas

Coban Tunggal sebagai Pembuka Keindahan

Coban Tunggal si Pembuka Keindahan
Coban Tunggal si Pembuka Keindahan. Foto: Gmap/Luii 2803

Di kawasan objek wisata ini tidak hanya ada Air Terjun Sumber Pitu saja. Ada juga air terjun lain yang tak kalah menariknya. Sebelum sampai di Sumber Pitu, wisatawan akan bertemu dengan Coban Tunggal. Coban Tunggal merupakan sebuah air terjun setinggi 40 meter.

Aliran airnya cukup deras, namun tidak terlalu berbahaya. Airnya pun jernih, jatuh dari atas langsung ke bawah dan berlabuh di kolam. Kolam di bawahnya pun tampak jernih, dengan kedalaman tak lebih dari satu meter. Di depan air terjun juga terdapat sebongkah batu berukuran besar yang sering menjadi objek foto.

Sedangkan di belakang air terjun terdapat tebing batu yang tampak basah dan berlumut. Di sekitarnya juga terdapat tanaman merambat yang menghiasi air terjun. Jika beruntung, wisatawan dapat berjumpa dengan fenomena alam yaitu pelangi. Pelangi ini biasanya akan muncul tepat di bawah guyuran air terjun.

Keindahan Alam Sekitar Air Terjun

"<yoastmark

Tak jauh dari Coban Tunggal, wisatawan akan menjumpai Air Terjun Sumber Pitu. Jaraknya hanya sekitar 150 meter dari Coban tunggal. Di sinilah keindahan alam memukau tersaji bagi wisatawan. Air terjun yang turun dari empat sumber, meski tak tinggi, namun pesonanya begitu terpancar.

Jika dihitung satu per satu, sebenarnya ada lebih dari tujuh air terjun. Namun yang terbesar ada tujuh air terjun, yang mengalir dari tujuh sumber. Air ini berasal dari sumber air tanah di bagian atas. Dimana langsung mengalir ke kolam melewati terjunan air.

Dilihat dari jauh, air terjun ini tampak seperti tirai air yang jernih. Alirannya tidak terlalu deras, sehingga aman jika bermain di bawahnya. Airnya terasa begitu sejuk, bahkan sesekali cenderung dingin. Dan di sekitar air terjun tampak hijau karena adanya tanaman semak yang tumbuh subur.

Baca: COBAN SEWU Tiket & Pesona Alam Pegunungan

Berenang di Kolam Air Terjun

Berenang Seru di Kolam Curug
Berenang Seru di Kolam Curug. Foto: Gmap/Dicky Kosasih

Kolam di bawah air terjun sangat jernih dan tenang. Kedalamannya sekitar 1 – 2 meter. Meskipun kedalaman 2 meter, wisatawan masih dapat melihat jelas dasar kolam. Airnya pun begitu sejuk dan menyegarkan.

Wisatawan dapat berenang dengan puas dan tenang di sini. Ada juga yang membawa pelampung atau ban renang. Ada yang bersantai dengan ban karet yang di bawa dari rumah. Atau hanya sekedar untuk berfoto-foto.

Berfoto di Sekitar Air Terjun

Pemandangan sekitar air terjun memang menawan. Tak heran jika begitu menarik minat wisatawan untuk berfoto. Air terjunnya sendiri memiliki keindahan yang layak dijadikan objek foto. Dan tentunya, keindahan lain tercipta karena tidak ada sampah serta dekorasi lain.

Hal ini membuat pemandangan semakin tampak alami dan indah. Wisatawan dapat berfoto di bebatuan yang ada di depan air terjun. Dan pastikan, batuan yang dipijaki tidak licin. Supaya dapat memanjat batuan tanpa terpeleset.

Tak hanya batuan, ada juga pohon tumbang yang ada di depan air terjun. Pohon berukuran besar ini diperkirakan telah berumur puluhan tahun. Hingga tampak akarnya yang terangkat ke atas. Di spot inilah yang menjadi favorit wisatawan untuk mengabadikan foto.

Fasilitas Air Terjun Sumber Pitu Malang

Objek wisata ini masih sangat alami. Tak heran jika fasilitas umum belum terlalu memadai. Lahan parkir pun masih memanfaatkan halaman rumah warga yang luas. Namun, di sini telah tersedia kamar mandi untuk bilas setelah bermain air.

Lokasi Air Terjun Sumber Pitu Malang

Air terjun ini berlokasi di Krajan, Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Dari kota Malang berjarak sekitar 26 Kilometer. Jika menggunakan kendaraan bermotor membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam berkendara.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 12

Kasi Bintang