DANAU PADING Tiket, Daya Tarik & Fasilitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Danau Pading: Rp5.000 - Rp10.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Perlang, Lubuk Besar, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33681

Danau Pading sebuah danau yang proses terjadinya akibat aktivitas penambangan. Para penambang mengeruk pasir timah yang ada di tempat ini. Aktivitas tersebut kemudian membentuk cekungan yang besar dan dalam. Sehingga membentuk sebuah danau.

Meskipun tidak terbentuk secara alami, namun keindahan Danau Pading memukau setiap orang. Tidak heran jika kini tempat ini terkenal sebagai objek wisata. Sejauh ini kawasan danau terus mengalami perkembangan dan semakin populer. Pengunjung bisa menikmati spot foto menarik hingga menikmati acara hiburan di sana.

Harga Tiket Masuk Danau Pading

Berwisata ke Danau Pading termasuk murah meriah karena harga tiket masuknya hanya Rp5.000 saja, sehingga tidak akan menguras isi dompet. Pengunjung tidak perlu membayar biaya parkir karena sudah termasuk dalam tiket masuk. Ada juga wahana perahu seharga Rp10.000 saja.

Baca: PANTAI TANJUNG PESONA Tiket Masuk & Daya Tarik

Jam Buka

Danau Pading tidak memiliki jam operasional sehingga wisatawan bisa datang kapan saja. Bahkan pengunjung dapat berkemah di areal sekitar danau. Sehingga bisa menikmati keindahannya selam 24 jam. Tempat ini selalu ramai oleh wisatawan lokal setiap harinya.

Danau Pading Wisata di Bekas Galian Tambang

Danau Pading memiliki cukup banyak daya tarik sejak peresmiannya sebagai tempat wisata sejak 2020. Alamnya yang indah membuat pengunjung betah rekreasi di tempat ini. Wisatawan bisa mengisi waktu liburan di sini dengan berkemah. Selain itu bisa foto-foto, naik perahu, ayunan, dan mencari hiburan.

Pemandangan Mempesona Berlatar Bukit Pading

Keindahan Danau Pading dengan pasir putihnya yang bersih
Keindahan area sekitar danau dengan pasir putihnya yang bersih. Foto: google maps/Agus Irfansyah

Keindahan pemandangan danau ini tidak perlu diragukan lagi. Danau ini memiliki luas sekitar 23 hektar dan berpasir putih. Sekeliling danau menampilkan barisan bukit yang menjulang setinggi 677 mdpl. Masyarakat seringkali menyebut bukit itu sebagai Bukit Pading.

Ketika hari sedang cerah, langit di atas danau akan terlihat semakin menawan. Langit biru berhiaskan awan putih yang tebal bergumpal. Hal itu semakin menambah keindahan panorama sekitar danau. Untuk melihat pemandangan alam yang indah sebaiknya datang saat hari masih terang.

Baca: Pantai Parai Tenggiri Tiket, Daya Tarik & Fasilitas

Dermaga ke Tengah Danau

Di tepian danau terdapat sebuah dermaga kayu yang menuju ke tengah danau. Dari sanalah wisatawan bisa lebih mendekat untuk mendengar riak air danau. Wisatawan dapat dengan jelas melihat warna airnya yang kehijauan. Fungsi utama dermaga ini ialah tempat perahu berlabuh dan titik pengangkutan penumpang.

Dermaga ini seringkali digunakan untuk papan loncat ketika hendak berenang di danau. Air danau memang terlihat sangat menyegarkan mata. Namun sebaiknya wisatawan tidak menggunakan danau ini untuk pemandian. Karena dikhawatirkan akan merusak dan mencemari danau.

Menaiki Perahu

Wahana perahu untuk pengunjung yang ingin berkeliling di Danau Pading
Wahana perahu untuk pengunjung yang ingin berkeliling danau. Foto: instagram/desawisataperlang

Pengunjung dapat rekreasi sambil menaiki perahu di Danau Pading. Harga sewa perahunya pun relatif terjangkau. Transportasi air tersebut dapat dimanfaatkan untuk berkeliling danau. Sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan danau lebih jauh lagi.

Pengunjung bisa memilih antara perahu motor atau perahu dayung. Saat menaiki perahu sudah tersedia jaket pelampung. Tentu saja karena keselamatan pengunjung adalah hal yang utama. Tidak lupa pula ditemani oleh operator perahu yang handal.

Berkemah di Danau Pading

Berkemah di Danau Pading
Berkemah di Danau Pading. Foto: instagram/desawisataperlang

Wisatawan bisa berkemah untuk memperoleh pengalaman yang lebih berkesan di Danau Pading. Bisa mendirikan tenda di pinggiran danau supaya mendapatkan view menarik. Camping ground cukup luas sehingga bisa mendirikan tenda secara berkelompok. Pengunjung bisa membawa kompor portable dan memanggang daging untuk menambah keseruan.

Sayangnya belum ada jasa penyewaan tenda atau peralatan camping di sekitar danau. Sehingga wisatawan mesti membawa tenda dan peralatan camping sendiri. Atau bisa mencari rental terdekat di luar objek wisata Danau Pading. Pengunjung yang kemah berkesempatan menyaksikan sunset yang memukau mulai jam 5 sore.

Ayunan di Tepi Danau

Ayunan estetik berlatar belakang danau cocok untuk spot foto
Ayunan estetik berlatar belakang Danau Pading cocok untuk spot foto. Foto: instagram/opilia_za11

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan danau sambil bermain ayunan. Tidak hanya anak-anak, ayunan ini cukup kuat untuk orang dewasa. Wisatawan juga bisa mendapatkan foto estetik di ayunan yang berlatar danau ini.

Spot Foto Instagrammable

Setiap sudut di kawasan danau ini bisa menjadi spot foto instagramable. Pengunjung bisa memanfaatkan panorama alami sebagai latar belakang foto. Kemudian bisa juga berfoto di areal dermaga untuk mendapatkan hasil yang indah. Jangan lupa untuk memakai busana keren menurut versi masing-masing.

Tempat Penyelenggaraan Festival

Banyak acara hiburan atau festival yang terselenggara di objek wisata ini. Salah satu sebabnya karena danau ini kian populer di kalangan masyarakat. Saat berlangsungnya festival biasanya akan diadakan bermacam-macam perlombaan. Misalnya seperti lomba karaoke, lomba dayung, lomba gebuk bantal, dan sebagainya.

Tidak jarang juga festival tersebut mendatangkan bintang tamu. Seringkali bintang tamu merupakan penyanyi yang cukup dikenal oleh masyarakat setempat. Sehingga sukses menghibur pengunjung yang datang.

Fasilitas

Sebagai objek wisata, Danau Pading sudah memiliki fasilitas yang memadai. Ada toilet, tempat parkir, serta mushola. Selain itu, ada fasilitas beberapa gazebo untuk pengunjung berteduh dan istirahat. Semua fasilitas tersebut akan membuat pengunjung merasa nyaman.

Lokasi Danau Pading

Wisata Danau ini berlokasi di Perlang, Kec. Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Dari Kota Pangkal Pinang ke tempat ini berjarak sekitar 93,7 km. Bila menempuhnya dengan berkendara akan menghabiskan waktu selama 1 jam 46 menit.

Ulasan Pembaca

4.6 - 23 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *