PANTAI ASMARA Tiket Masuk & Daya Tarik Februari 2024

PANTAI ASMARA

  • Harga Tiket Masuk: Rp3.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jalan Pelabuhan Tanjung Kalian, Tanjung, Muntok, Bangka Barat, Bangka Belitung, Indonesia, 33351

Pantai Asmara memang cocok sebagai tujuan untuk berpetualang. Karena, pantai ini masih tergolong pantai yang tidak terlalu ramai. Sehingga wisatawan dapat menjelajah pantai dengan leluasa tanpa terganggu keramaian. Bahkan saat hari libur sekalipun.

Meskipun masih sepi, namun sudah ada pengelola dan juga fasilitas umum yang melengkapi pantai. Warung makanan dan minuman pun banyak berdiri di sekitar pantai. Berbagai aktivitas juga dapat dilakukan. Dan yang jelas, pantai ini sangat bersih dan bebas sampah.

Harga Tiket Masuk Pantai Asmara Bangka Barat

Pantai ini menetapkan tarif masuk yang sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp3.000
Naik MercusuarRp5.000

Baca: PANTAI TIKUS EMAS Bangka Tiket Masuk, Lokasi & Fasilitas

Jam Buka Pantai Asmara Bangka Barat

Pantai ini buka sepanjang hari, bahkan wisatawan juga dapat berkemah di kawasan pantai ini.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pesona Indah dan Bersihnya Pantai Asmara Bangka Barat

Tenangnya Pantai Asmara
Tenangnya Pantai Asmara. Foto: Gmap/supianto sukri

Pantai Asmara, pantai sepi dan tenang yang begitu memanjakan. Menjadi tujuan utama bagi yang suka berpetualang dan mendambakan pantai pribadi. Meskipun mudah dikunjungi karena berada di pinggir jalan raya, namun belum terlalu ramai pengunjung. Tenangnya pantai ini dilengkapi dengan pemandangan memesona bentang alamnya.

Sejauh mata memandang, akan terlihat hamparan lautan luas yang jernih. Sejauh 5 meter dari pantai, wisatawan masih dapat melihat jernihnya air. Bahkan dasar laut pun masih tampak dari permukaan. Ombak yang datang pun tidak terlalu tinggi, sehingga masih aman untuk bermain di sekitar pantai.

Kawasannya terlihat cerah karena pasir pantai yang berwarna cokelat muda. Butirannya begitu halus seperti lada bubuk, yang juga nyaman pada saat tersentuh kaki. Sejauh mata memandang, tidak ada batu-batuan bergerombol di tepian pantai. Pantai pun banyak ditumbuhi dengan pepohonan yang membuat pemandangan semakin asri.

Baca: PANTAI TANJUNG PESONA Bangka Tiket Masuk & Daya Tarik

Berenang di Pantai Asmara

Air di Pantai Asmara begitu jernih, siapa pun pasti akan tergoda untuk menikmatinya. Sayang rasanya jika tidak berenang di kawasan pantai selama berada di sini. Tepi pantainya masih cukup dangkal untuk berenang, serta dasar laut yang masih tampak dari permukaan. Wisatawan bisa lebih leluasa berenang karena di sekitar pantai batuannya lebih teratur.

Supaya lebih seru, wisatawan dapat membawa ban pelampung untuk digunakan. Biasanya, remaja yang datang dengan teman-temannya bermain seru dengan ban pelampung besar. Ditarik atau didorong ke suatu tempat, kemudian dibalikkan layaknya wahana permainan air.

Untuk anak-anak pun masih terbilang aman. Para orang tua dapat mendampingi anak bermain di pantai. Bisa juga menggunakan pelampung anak-anak untuk berenang di pantai.

Baca: PANTAI RAMBAK Bangka Tiket & Daya Tarik

Mengunjungi Mercusuar Tanjung Kalian

Berfoto dari atas Mercusuar
Berfoto dari atas Mercusuar. Foto: Gmap/Dimas Prakasa

Tak jauh dari Pantai, hanya berjarak 3 menit berjalan kaki, terdapat sebuah mercusuar. Mercusuar ini terkenal dengan nama Mercusuar Tanjung Kalian, yang berwarna putih dengan bagian atas merah. Mercusuar ini begitu legendaris, karena telah berdiri sejak tahun 1862 oleh pemerintah Belanda. Dulunya berguna untuk mengamati aktivitas laut serta mengawasi kapal yang datang dan pergi.

Sejak 1862, mercusuar ini tidak pernah dipugar, hanya beberapa kali dicat ulang saja. Meski begitu, bangunannya masih terjaga dengan sangat baik, dan kondisinya pun masih baik. Dengan kondisinya yang masih baik ini, mercusuar ini masih bermanfaat sebagai menara pengamatan. Di mana dari atas mercusuar, dapat melihat lautan hingga jarak 40 mil.

Mercusuar ini memiliki tinggi 65 meter, yang terdiri dari 16 lantai, dengan ratusan anak tangga. Untuk menikmati mercusuar ini, hanya dibatasi 10 orang per kunjungan, dengan waktu 15 menit. Sedangkan untuk biaya masuknya berbeda dari harga tiket masuk pantai. Dengan waktu 15 menit, wisatawan dapat memanfaatkannya untuk berfoto dan menyaksikan pemandangan dari puncak mercusuar.

Baca: Pantai Parai Tenggiri Tiket, Daya Tarik & Fasilitas

Bangkai Kapal yang Estetik

Tak jauh dari area mercusuar, terdapat sebuah bangkai kapal. Bangkai kapal ini merupakan kapal angkatan darat Australia yang ditenggelamkan saat Perang Dunia II oleh Jepang. Dan kini, bangkai kapal tersebut menjadi objek foto unik bagi wisatawan. Wisatawan bisa berfoto-foto di sekitar, atau menyelam dengan peralatan khusus.

Jika berkesempatan untuk menyelam, wisatawan dapat melihat detail kapal yang karam ratusan tahun tersebut. Beberapa ikan dan karang tumbuh di sekitar kapal. Yang kini menjadi habitat hidup bagi hewan-hewan laut tersebut.

Berpiknik di bawah Pohon Rindang

Berpiknik Menikmati Kuliner Khas Bangka
Berpiknik Menikmati Kuliner Khas Bangka. Foto: Gmap/eka ardianeka

Siang hari yang terik, tidak menurunkan kenyamanan menghabiskan waktu di pantai ini. Wisatawan bisa tetap bersantai dengan piknik di bawah teduhnya pepohonan. Serta sambil menikmati segarnya air kelapa muda yang dijual di sekitar pantai.

Tak sedikit juga wisatawan yang membawa bekal untuk dinikmati saat siang hari. Angin sepoi yang berhembus turut menemani santap siang di tepi pantai ini.

Pantai yang Bersih dari Sampah

Tak hanya indah, pantai ini juga tepat dijuluki sebagai pantai yang bersih. Tak ada sampah yang berserakan di pantai ini. Bahkan di sudut-sudut pantai pun tidak ada penumpukan sampah.

Hal ini tak lepas juga dari keterlibatan pengunjung dan para penjual makanan. Yang akan membawa sampah-sampah setelah selesai berjualan. Sehingga pantai tetap terjaga kebersihannya.

Menikmati Senja Indah Pantai Asmara

Senja di Pantai Asmara
Senja di Pantai Asmara. Foto: Gmap/adib aza

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk bersantai. Sembari menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam. Langit yang berwarna oranye membawa suasana nyaman tersendiri. Sayup-sayup terdengar suara kapal dari kejauhan.

Tak hanya suaranya, kapal-kapal besar pun tampak berlayar dari kejauhan. Membawa keindahan pemandangan tersendiri saat sore di Pantai Asmara.

Lokasi Pantai Asmara Bangka Barat

Pantai pasir putih ini berlokasi di Jalan Pelabuhan Tanjung Kalian, Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

Berikan Rating

4.8 - 38 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: