Beranda Tiket Wisata

Danau Ranau Harga Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Danau Ranau : Rp 10.000Jam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, Indonesia, 32275

Ogan Komering Ulu Selatan memiliki objek wisata indah bernama Danau Ranau. Seperti namanya, tempat ini merupakan sebuah danau air tawar yang begitu luas. Bahkan, luasnya mencapai 125,9 kilometer persegi. Yang membuatnya menjadi danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Danau Ranau ini berlokasi di perbatasan dua provinsi, yaitu Ogan Komering Ulu dan Lampung Barat. Uniknya, objek wisata ini tak hanya menyajikan keindahan pemandangan danau saja. Ada juga beberapa spot wisata lain di kawasan danau. Serta berbagai wahana yang menarik untuk dicoba.

Harga Tiket Masuk Danau Ranau

Untuk menikmati objek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya yang sangat terjangkau. Namun, biaya ini hanya untuk masuk kawasan danau saja. Jika ingin menikmati wahana, atau berkeliling dengan perahu, dikenakan biaya tersendiri.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Jakabaring Sport City Tiket Murah Wisata Sambil Olahraga

Jam Buka Danau Ranau

Danau Ranau tidak menetapkan jam operasional yang ketat. Namun umumnya, wisatawan datang dari pagi hingga sore hari. Bahkan untuk pemandian air panas yang ada di kawasan ini, dibuka juga hingga malam hari.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Pesona Indahnya Danau Terbesar Kedua di Sumatera

Pesona Indahnya Danau Ranau
Pesona Indahnya Danau Ranau. Foto: Gmap/Anugerah Studio

Keindahan danau Ranau membentang dari Sumatera Selatan hingga perbatasan Lampung. Luasnya sendiri mencapai 125,9 kilometer persegi, kedalaman 229 meter, dan volume air 21,95 kilometer kubik. Lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat tempat ini tepat untuk menenangkan diri. Apalagi pemandangan sekitar danau yang begitu indah.

Perairan yang biru dan tenang seolah menambah damai hati yang menyaksikan. Di sepanjang mata memandang, berdiri Gunung Seminung yang menampilkan bentang alam memukau. Hijaunya pepohonan yang menutupi gunung pun tampak begitu menyegarkan. Layaknya pantai, di tepian danau ini juga terdapat pasir-pasir cokelat.

Selain menyaksikan pemandangan, wisatawan juga bisa memancing. Ikan yang ada di sini pun bermacam-macam jenisnya. Selain itu, berbagai wahana permainan juga disediakan supaya wisatawan lebih seru saat berlibur. Serta beberapa spot wisata lain yang masih berada di kawasan Danau Ranau.

Baca: Pantai Kayu Arum Tiket Terjangkau Bisa Berkemah

Berlayar Mengunjungi Pulau Marisa

Karena luasnya Danau Ranau, di bagian tengahnya terdapat sebuah pulau bernama Pulau Marisa. Pulau ini dapat ditempuh dengan menaiki kapal motor selama sekitar 40 – 60 menit. Harga sewa kapal kisaran Rp 250.000 – Rp 300.000, yang dapat menampung hingga 5 orang atau lebih. Kapal ini pun akan mengantar dan menjemput hingga wisatawan kembali lagi ke Danau Ranau.

Pulau Marisa merupakan pulau yang masih sangat natural, dengan kawasan yang ditumbuhi pepohonan lebat. Pohon kelapa menjadi mayoritas tanaman yang ada di pulau ini, yang kerap kali dipetik buahnya oleh pengunjung. Dari kejauhan pun wisatawan akan melihat rimbunnya pepohonan di pulau kecil ini. Dengan pohon kelapa yang mencuat keluar dari kelompoknya.

Menikmati Segarnya Air Terjun Subik Tuha

Air Terjun Subik Tuha
Air Terjun Subik Tuha. Foto: Gmap/Nata Tri Wardani

Masih berada di kawasan danau, terdapat sebuah air terjun yang cantik. Airnya begitu segar dan menyejukkan. Dengan aliran airnya begitu jerih, dan terlihat putih meluncur dari ketinggian dengan derasnya. Di bawah air terjun ini terdapat kolam yang cukup dangkal.

Di sekitar kolam ini pun tersebar bebatuan yang tampak muncul di permukaan. Air terjun mengalir membelah batuan, mengikuti arus sungai di dekatnya. Di sekeliling air terjun tumbuh semak dan pepohonan yang masih rimbun. Sehingga membuat suasana di sekitarnya begitu teduh dan nyaman.

Pantai Primadona di Danau Ranau

Bermain di Tepian Pantai Pelangi
Bermain di Tepian Pantai Pelangi. Foto: Gmap/Alfath Arsyiatul

Di dalam kawasan danau ini juga ada sebuah pantai buatan yang ramai wisatawan, yaitu Pantai Pelangi. Pantai buatan ini memiliki panjang sekitar 1 kilometer. Wisatawan senang mengunjungi pantai ini karena selain dekat dengan danau, juga banyak wahananya.

Di sini, wisatawan dapat bersantai di tepian pantai dengan berteman deburan ombak. Meskipun berupa danau namun ombaknya layaknya di pantai tepi laut. Memang ombaknya tak begitu besar dan cenderung tenang. Dengan pasir putihi di tepiannya yang membuatnya terlihat menawan.

Tak hanya bersantai, wisatawan juga dapat berenang di pantai ini. Berbagai wahana seperti jet ski dan banana boat yang dapat dicoba. Berkeliling perairan danau dengan kecepatan tinggi bersama teman. Jangan lupa abadikan momen seru ini dengan berfoto.

Menghangatkan Tubuh di Kolam Air Panas

Tak jauh dari danau, tepatnya di kaki Gunung Seminung, terdapat sebuah wisata air panas. Air panasnya bersumber langsung dari pegunungan. Wisatawan dapat mencoba berendam di kolam-kolamnya yang sudah cukup hangat untuk kulit. Selain relaksasi, kolam ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Untuk menuju wisata air panas, wisatawan dapat menempuh jalur darat maupun air. Di mana untuk jalur darat, bisa melewati jalan Desa Kota Batu. Sementara jalur air, dapat menyeberangi Danau Ranau menggunakan kapal.

Kolam air panas di sini begitu luas, yang dapat menampung puluhan orang secara langsung. Airnya pun tampak begitu jernih hingga dasar kolam dapat terlihat jelas. Disamping itu, ada juga pondok-pondok yang tersedia untuk beristirahat. Wisatawan bisa langsung menceburkan diri atau hanya menghangatkan kaki di tepi kolam.

Menaklukkan Arus Deras di Ranau Rafting

Rafting di Ranau Rafting
Rafting di Ranau Rafting. Foto: Gmap/Senno Franz

Meskipun Danau Ranau memiliki air yang tenang, namun di sini terdapat saluran air dengan aliran deras. Saluran air ini berasal dari Kecamatan Mekakau Ilir dan bermuara di Danau Ranau. Airnya begitu jernih, berwarna biru kehijauan. Uniknya, air ini tidak akan keruh saat musim hujan dan tidak kering saat kemarau.

Saluran air yang deras ini menjadi favorit wisatawan, karena begitu memacu adrenalin. Kanan kiri aliran air ini berupa pepohonan dan semak yang masih asri. Di beberapa ttik, alirannya begitu deras, yang membuat para pemain rafting harus menaklukkannya. Ban pelampung sesekali terbalik karena derasnya aliran.

Namun, itulah keseruannya, yang menjadikan momen bermain rafting tak terlupakan. Tak perlu khawatir juga karena wisatawan akan dibekali peralatan seperti pelampung dan helm. Serta satu instruktur yang siap menemani dari awal hingga akhir petualangan.

Lokasi Danau Ranau

Objek wisata ini berlokasi di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Memang jaraknya cukup jauh dari kota besar terdekat. Dari kota Palembang berjarak sekitar 325 Kilometer dengan waktu tempuh 7,5 Jam. Sedangkan dari kota Lampung berjarak kurang lebih 276 Kilometer yang memakan waktu perjalanan hingga 6 jam.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini