Beranda Tiket Wisata

Pantai Kayu Arum Tiket Terjangkau Bisa Berkemah - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Kayu Arum : Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Dusun Kranon, Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55871

Membahas wisata pantai di Gunung Kidul memang tidak ada habisnya. Ada satu pantai yang masih sangat asing di telinga yaitu Pantai Kayu Arum. Terletak di sebelah barat Baron Techno Park, pantai ini menghadirkan suasana yang masih alami. Letaknya berada dekat dengan ladang pertanian milik penduduk setempat. Sehingga menawarkan keindahan panorama perkebunan jagung sebelum memasuki area pantai.

Daya tarik dari Pantai Kayu Arum adalah pasir pantainya yang putih dan halus. Garis pantainya tidak terlalu panjang yang memberikan kesan seperti tempat terpencil. Ciri khasnya adalah ada 2 bukit karang yang berada di kanan kiri pantai. Jika terlihat dari kejauhan 2 bukit karang tersebut tampak seperti gerbang menuju ke laut lepas.

Harga Tiket Masuk Pantai Kayu Arum

Untuk berkunjung ke pantai ini wisatawan akan dikenakan tiket masuk yang cukup murah. Satu tiket berlaku untuk masuk beberapa wisata pantai. Selain Pantai Kayu Arum, tiket juga bisa untuk masuk ke Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang dan Pantai Indrayanti. Akan ada biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk Pantai Kayu Arum
Tiket MasukRp10.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: PANTAI NAMPU Gunung Kidul Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Kayu Arum

Tidak ada jam operasional yang berlaku di pantai ini. Sehingga wisatawan bisa bebas berkunjung kapan saja. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan pantai ini adalah saat pagi atau sore hari. Kemudian saat malam hari banyak yang berkemah di sekitar pantai.

Jam Buka Pantai Kayu Arum
Setiap Hari24 Jam

Alternatif Wisata Pantai Gunung Kidul Yang Masih Sepi

Pantai yang diapit dua bukit karang
Ciri khas dari pantai ini adalah dua bukit karang yang berada di sisi kanan kirinya. Foto: Gmaps/Ibrohim Hanafi

Bagi yang tidak suka wisata yang terlalu ramai, Pantai Kayu Arum bisa menjadi sebuah pilihan. dibandingkan pantai lain di sekitarnya, nama tempat ini memang masih sangat asing di telinga. Padahal letak pantai ini cukup strategis yaitu 500 meter dari Baron Techo Park. Tempatnya tidak terlalu besar dan cocok dipakai untuk mencari kesunyian.

Ciri khas pantai ini adalah letaknya yang berbatasan langsung dengan ladang penduduk. Sehingga wisatawan akan menikmati sensasi yang sedikit berbeda. Pasir pantainya berwarna putih dengan air lautnya yang biru bersih. Pantai Kayu Arum terapit dua tebing batu di bagian kanan kirinya. Menciptakan pesona tersendiri apalagi saat momen sunset tiba.

Baca: PANTAI NGRAWE Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Melewati Hamparan Perkebunan Jagung

Hamparan luas lahan perkebunan yang berbatasan langsung dengan pantai
Hamparan perkebunan yang luas akan menyambut wisatawan sebelum memasuki area pantai. Foto: Gmaps/Tsaqofah

Hal unik yang membuat pantai ini berbeda adalah berbatasan langsung dengan lahan penduduk. Sebelum memasuki area pantai, wisatawan harus melewati hamparan luas perkebunan jagung. Di kanan kiri kebun berjajar barisan bukit-bukit karang yang sangat eksotis. Dari tempat tersebut birunya lautan juga sudah terlihat. Pepohonan pisang yang tumbuh di sekitar kebun jagung membuat nuansa pedesaan terasa begitu kental.

Ketika sudah dekat area pantai barisan pohon pisang akan berganti pepohonan pandan laut. Meski harus berjalan cukup jauh dari parkiran menuju pantai namun dijamin wisatawan tidak akan kecewa. Pemandangan yang indah dan masih alami sangat memanjakan mata. Jangan lupa untuk membawa perbekalan sendiri. Karena di pantai ini belum ada warung makanan dan minuman.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Bermain Air di Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum dengan pasir putih dan bukit karang di sisinya
Memiliki bibir pantai yang landai dan pasir halus menjadikannya nyaman untuk bermain air. Foto: Gmaps/Nunung Pujianto

Layaknya pantai selatan Jawa pada umumnya, Pantai Kayu Arum memiliki karakteristik ombak yang besar. Hal itu membuat aktivitas bermain air di tepian menjadi seru. Apalagi area bibir pantai relatif landai sehingga sangat nyaman untuk bermain air. Sensasi ketika ombak menghantam tubuh menciptakan keseruan tersendiri.

Waktu terbaik untuk bermain air adalah sore hari ketika air pasang. Saat kondisi pasang wisatawan tidak perlu menuju ke tengah untuk menikmati kesegaran air Pantai Kayu Arum. Cukup menunggu di bibir pantai dan ombak akan datang dengan sendirinya. Selain itu saat sore kondisi cuaca juga lebih sejuk dan tidak terlalu terik.

Baca: HEHA SKY VIEW Tiket Masuk & Aktivitas

Bersantai di Tepi Pantai

Pantai ini sangat cocok sebagai tujuan bersantai dan menenangkan pikiran. Tempatnya yang masih sangat sepi memberikan kenyamanan tersendiri. Apalagi ditambah paduan suara ombak dan angin laut yang berhembus tenang. Sembari bersantai di tepi pantai wisatawan disuguhi hamparan pasir putih dan bukit karang di kanan kiri.

Ketika sore dan langit cerah jangan buru-buru untuk beranjak. Hal itu karena momen sunset dari pantai ini terlihat cantik. Menyaksikan matahari perlahan turun di celah-celah perbukitan memang sangat indah. Pantai yang tersorot langit jingga menjadi saat yang paling tepat untuk diabadikan ke dalam sebuah foto.

Baca: HEHA OCEAN VIEW Tiket & 4 Daya Tarik

Berkemah di Pantai Kayu Arum

Menikmati api unggun di tepi pantai
Pantainya yang masih sangat alami menjadikannya cocok menjadi tempat untuk berkemah. Foto: Gmaps/Romeo Graphy

Bagi yang suka aktivitas alam berkemah, tempat ini menjadi tempat yang sangat cocok. Pantai yang masih alami dan belum tersentuh pembangunan membuat nuansa alam begitu kental terasa. Wisatawan bisa mendirikan tenda di tepian pantai bawah pohon pandan. Jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan bibir pantai. Karena ketika malam air laut akan semakin pasang.

Menghabiskan malam di sunyinya pantai bersama kawan atau sahabat tentu sangat menyenangkan. Untuk kemah di tempat ini wisatawan harus membawa peralatan dan perbekalan sendiri. Tempat wisata ini belum menyediakan tempat penyewaan tenda ataupun warung makan.

Baca: PANTAI INDRAYANTI: Tiket & Ragam Pesona

Memancing

Wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lain di tempat ini, salah satunya yaitu memancing. Pantai Kayu Arum memiliki berbagai jenis ikan, baik ukuran besar maupun kecil. bagi yang hobi memancing, pantai ini bisa menjadi pilihan. wisatawan dapat memancing dari atas bukit sembari menikmati pemandangan di sekitarnya.

Fasilitas Pantai Kayu Arum

Fasilitas yang ada di pantai ini terbilang masih sangat minim. Hanya ada tersedia area parkir dan toilet. Toilet hanya ada di dekat tempat parkir dan cukup jauh dari pantai.

Lokasi Pantai Kayu Arum

Wisata pantai ini beralamat di Dusun Kranon, Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sekitar 23km dari pusat kota Gunung Kidul dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 29

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini