GOA LIANG TAPAH Harga Tiket, Jam Buka dan Aktivitas Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Goa Liang Tapah: Gratis - Rp30.000
  • Jam Buka: 09.00 - 17.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Garagata, , Jaro, Tabalong, Kalimantan Selatan, Indonesia, 71574

Goa Liang Tapah menjadi obyek wisata alam kesukaan warga Tabalong dan sekitarnya. Karena di dalamnya terdapat lukisan alam stalagmit dan stalaktit di dalam gua. Pengunjung juga akan disuguhi mata air yang berkilauan saat terkena paparan sinar matahari.

Goa ini memiliki panjang kurang lebih 220 meter. Sedangkan ruangan bagian dalamnya terbilang luas. Ada berbagai spot menarik yang bisa dijelajahi pengunjung. Tak ketinggalan juga pengunjung bisa mengabadikan foto di dalam gua ini.

Harga Tiket Masuk Goa Liang Tapah

Pihak pengelola tidak memungut biaya tiket masuk ke dalam Goa Liang Tapah. Namun pengunjung dipungut tarif parkir dengan nominal yang kecil. Sedangkan untuk sejumlah wahana, pengunjung juga akan ditarik biaya.

Harga Tiket Masuk
AnakGratis
DewasaGratis
Tarif Parkir
MobilRp 10.000
Wahana
Sewa Ban KecilRp 5.000
Sewa Ban BesarRp 10.000
Sewa Baju PelampungRp 10.000
Sewa Perahu KaretRp 30.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Tabalong

Jam Buka

Gua unik ini memiliki jam buka yang beragam, tergantung harinya. Sehingga, pengunjung harus mengetahui hari kunjungan beserta jam buka yang tersedia.

Jam Buka
Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu09.00 – 17.00
Rabu10.00 – 17.00
Jumat dan Minggu08.45 – 17.00

Aktivitas Menarik di Goa Liang Tapah

pemandangan di dalam goa liang tapah
Pengunjung sedang mengamati keindahan panorama di dalam Gua. Foto: Google Maps/ Msalman Alfarisi

Obyek wisata ini memiliki sejumlah keunikan dan hal-hal menarik di dalamnya. Tak heran jika setiap jengkalnya akan membuat pengunjung kagum. Pengunjung bisa melakukan sejumlah aktivitas menarik di dalam gua.

Berenang di Mata Air

Di sisi bawah gua terdapat mata air yang bentuknya menyerupai danau. Mata air ini memiliki kedalaman kurang lebih 10 meter. Namun mata air ini hanya boleh digunakan berenang untuk perenang profesional. Perenang pun tetap harus mengenakan baju pelampung selama berenang di mata air ini.

Untuk pengunjung yang belum ahli berenang, sebaiknya tidak terjun ke mata air ini. Hal ini dikarenakan dimensinya yang sangat dalam. Sehingga sangat berbahaya dan rentan menyebabkan tenggelam. Mata air di dalam goa ini juga tidak aman digunakan oleh anak-anak. Oleh sebab itu, anak-anak sebaiknya dialihkan ke kolam pemandian yang aman.

Menikmati Kesegaran Air di Pemandian

kolam pemandian yang aman untuk anak-anak
Anak-anak bisa berenang di kolam pemandian dengan aman.
Foto: Google Maps/ mirza sugama

Pihak pengelola membangun kolam pemandian di dalam Goa Liang Tapah. Kolam ini diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menikmati kesegaran air asli pegunungan. Air yang dipakai bersumber dari gua dan sisanya dialirkan ke sawah-sawah sekitar.

Meski tak boleh berenang di danau, pengunjung dianjurkan bermain air di kolam ini. Anak-anak pun aman berenang dan beraktivitas air di kolam ini. Sehingga, pengunjung bisa seru-seruan dengan aman di kolam pemandian ini.

Menelusuri Goa

pengunjung sedang melakukan penjelajahan di dalam Goa Liang Tapah
Pengunjung bisa melakukan aktivitas susur goa ditemani pemandu.
Foto: Google Maps/ Rahadian

Untuk pengunjung yang berjiwa petualang, sebaiknya melakukan aktivitas penjelajahan gua. Namun pengunjung dianjurkan untuk mengajukan laporan kepada petugas terlebih dahulu. Selanjutnya, pengunjung akan diberi seorang pemandu yang akan menemani penjelajahan.

Pengunjung tidak dianjurkan menelusuri gua tanpa pemandu. Hal ini dikarenakan Goa Liang Tapah memiliki sejumlah jalan bercabang. Dikhawatirkan jika tidak bersama pemandu, pengunjung bisa tersesat.

Untuk melakukan penjelajahan, pengunjung dianjurkan menyiapkan keperluan yang dibutuhkan. Pengunjung harus memakai pakaian dan sepatu yang nyaman. Terlebih jika musim hujan tiba, sebaiknya pengunjung menyiapkan perlengkapan yang lebih aman.

Objek Swafoto Cantik

Mata air eksotis di dalam Goa Liang Tapah
Pengunjung bisa menyaksikan fenomena eksotis di mata air Goa Liang Tapah.
Foto: Google Maps/ Nurahman N-R

Ada banyak daya tarik yang membuat Goa Liang Tapah dibanjiri wisatawan. Salah satunya yakni mata air yang ada di dalam gua ini. Mata air tersebut akan membuat pengunjung terpesona ketika terkena cahaya matahari. Paparan sinar matahari pada mata air akan menghasilkan warna hijau atau biru berkilauan.

Fenomena ini menjadi favorit para pengunjung. Tak heran jika banyak yang mengabadikannya ke dalam jepretan kamera. Deretan stalagmit dan stalaktit di dalam gua ini juga bagus untuk dipotret. Pengunjung bisa menyimpan setiap sudut gua ini ke dalam memori kamera maupun smartphone.

Bersantai Ria

Untuk pengunjung yang tak ingin mengeluarkan banyak energi, tak perlu cemas. Pihak pengelola sudah menyiapkan sejumlah tempat untuk bersantai. Pengunjung bisa duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar yang memukau. Tak hanya itu, aktivitas orang-orang di dalam gua ini juga seru untuk disaksikan.

Fasilitas

Goa Liang Tapah memiliki sejumlah fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Ada sejumlah fasilitas yang tersedia seperti sewa perlengkapan, pemandu, dan tempat bersantai. Bahkan tak perlu khawatir jika merasa lapar di tengah beraktivitas. Pengunjung bisa membeli makanan, jajanan, dan minuman di warung-warung sekitar.

Rute & Lokasi Goa Liang Tapah

Objek wisata gua ini berada di Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Letak obyek wisata alam ini paling mudah dijangkau dari kota Tanjung. Karena tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 70 kilometer dari kota Tanjung.

Jika berangkat dari kota Tanjung, sebaiknya pengunjung mengambil arah Kalimantan Timur. Selanjutnya, pengunjung menuju ke Desa Garagata. Desa ini berjarak kurang lebih 3 kilometer dari jalur Trans-Kalimantan. Di perjalanan, pengunjung akan diperlihatkan panorama sawah yang berpadu dengan perbukitan di belakangnya.

Berikan Rating

4.5 - 24 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *