Beranda Tiket Wisata

PAGAT BATU BENAWA Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2020

Pagat Batu Benawa
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Tanjung Pura Pagat, Murung A,Batu Benawa,Hulu Sungai Tengah,Kalimantan Selatan,Indonesia,71371.

Pagat Batu Benawa menjadi salah satu obyek wisata pegunungan yang banyak diburu wisatawan. Obyek wisata alam ini tampak eksotis karena berada di kaki Bukit Batu Bini. Perbukitan ini berada satu kecamatan dengan Batu Benawa. Tak heran jika panorama perbukitan ini menjadi daya tarik yang sayang untuk dilewatkan.

Obyek wisata alam ini populer karena mata airnya yang jernih. Tak lupa pemandangan di sekitarnya yang mempesona. Pagat Batu Benawa dikelilingi gundukan bukit yang hijau dan masih asri. Sehingga, pengunjung akan merasa tenang dan damai berada di obyek wisata alam ini.

Harga Tiket Masuk Pagat Batu Benawa

Tiket masuk ke dalam kawasan wisata ini tidak dipungut dengan harga tinggi. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan dana yang kecil.

Harga Tiket Masuk
AnakRp 5.000
DewasaRp 5.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Hulu Sungai Tengah

Jam Buka

Mengunjungi area wisata ini sebaiknya dilakukan di pagi hari. Karena obyek wisata alam yang satu ini memiliki banyak spot untuk dieksplor. Sehingga pengunjung perlu meluangkan waktu yang banyak untuk berlibur di obyek wisata ini.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 18.00

Aktivitas, Atraksi, Wahana atau Hal-Hal Menarik

obyek wisata alam Pagat Batu Benawa yang eksotis
Pengunjung akan dipukau dengan pemandangan alam sekitar Pagat Batu Benawa.
Foto: Google Maps/ Fariz Wijaya

Pagat Batu Benawa tak pernah sepi pengunjung karena daya tarik alamnya. Selain itu, pengunjung yang datang pun bisa seru-seruan di obyek wisata alam ini. Ada beraneka ragam aktivitas dan wahana seru yang sayang jika tidak dieksplor.

Mempelajari Sejarah Pagat Batu Benawa

Pagat Batu Benawa tak terlepas dari sejarah pembentukannya. Sehingga, pengunjung wajib tahu asal-asul terbentuknya obyek wisata alam ini. Untuk mengetahui dan mempelajari sejarah obyek wisata ini, caranya mudah.

Di dekat pintu masuk terdapat dinding besar. Dinding ini berisi lukisan yang menerangkan informasi mengenai sejarah obyek wisata tersebut. Pengunjung bisa melihat dengan seksama informasi yang disampaikan pada dinding tersebut.

Baca: KAMPOENG BAMBOE Hulu Sungai Tengah Tiket & Ragam Aktivitas

Sejarah yang digambarkan di dalam dinding tersebut berupa cerita rakyat. Cerita tersebut mengisahkan asal-usul terjadinya Pagat Batu Benawa. Selain mengetahui kisahnya, pengunjung bisa mengambil pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Bermain Air di Sungai

Pengunjung bisa berenang di sungai yang jernih
Pengunjung sedang berenang di sungai yang jernih dan menyegarkan.
Foto: Google Maps/ Wahyu Bajang

Salah satu daya tarik wisata Pagat Batu Benawa adalah mata airnya. Obyek wisata alam ini memiliki sungai yang airnya sangat jernih. Airnya yang bening dan segar membuat pengunjung terhipnotis. Tak ketinggalan arus airnya yang tidak terlalu deras membuat sungai ini diminati pengunjung.

Pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas di sungai ini. Untuk yang hobi berenang, sungai ini sayang untuk dilewatkan. Pengunjung bisa menyewa pelampung untuk berenang di sungai ini. Meski terlihat jernih, pengunjung harus tetap berhati-hati berenang di sungai ini. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Baca: RIAM BAJANDIK Hulu Sungai Tengah Tiket & Ragam Aktivitas

Jika tak ingin berenang, pengunjung bisa sekedar bermain air di pinggirnya. Untuk yang tak ingin basah-basahan, ada cara lain bersantai. Pengunjung bisa duduk-duduk di tepi mata air yang agak jauh. Sambil bersantai, pengunjung bisa mendengar merdunya suara gemericik air.

Menjelajahi Gua di Kaki Bukit

Masuk ke gua di Pagat Bukit Benawa
Pengunjung bisa menelusuri gua yang berada di pinggir sungai.
Foto: Google Maps/ Rizki Wijaya

Di dalam kawasan obyek wisata terdapat gua yang eksotis. Gua yang dimaksud terletak di kaki Bukit Batu Bini. Pengunjung bisa masuk ke dalam gua ini untuk menjelajahi sisi menarik di dalamnya.

Sesampainya di dalam gua, pengujung akan terpukau dengan pemandangan yang disajikan. Ada sebuah mata air di dalamnya yang jernih. Pengunjung bisa merasakan segarnya air di area tersebut.

Mendaki Bukit

Naik ke puncak bukit dengan tangga
Pengunjung bisa naik ke puncak bukit dengan tangga yang telah disediakan. Foto: Google Maps/ Rizki Wijaya

Letaknya yang berada di kaki sebuah bukit, membuat kawasan wisata ini terlihat memukau. Pengunjung pun bisa melakukan pendakian ke puncak bukit tersebut. Tujuannya untuk menyaksikan keindahan panorama sekitar dari atas ketinggian.

Pengunjung harus menyiapkan tenaga yang fit untuk mendaki ke puncak bukit. Karena akan ada ratusan anak tangga yang harus dilewati. Tangga menuju puncak bukit ini terbuat dari kayu dan semen. Pengunjung harus tetap berhati-hati selama menaiki tangga agar tidak terjatuh atau terpeleset.

Sesampainya di puncak bukit, pengunjung tidak akan kecewa dengan sajian pemandangan yang terhampar. Aktivitas orang-orang di bawah terlihat seru untuk dilihat dari ketinggian Bukit Batu Bini.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola obyek wisata lumayan lengkap. Adapun fasilitas yang bisa dimanfaatkan antara lain toilet, mushola, warung, hingga sewa pelampung.

Rute & Lokasi Pagat Batu Benawa

Kawasan wisata alam ini berada di Jalan Tanjung Pura Pagat, Desa Pagat, Batu Benawa. Obyek wisata alam ini terletak di kawasan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Lokasi tempat wisata ini terbilang strategis dari kota Barabai. Sehingga, pengunjung disarankan berangkat dari kota ini.

Jarak tempuh dari kota Barabai hanya sekitar 7 kilometer. Perjalanan menuju obyek wisata alam yang satu ini hanya sekitar 15 menit. Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi. Karena tidak ada angkutan umum yang bisa mengantarkan pengunjung ke obyek wisata ini.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini