Beranda Tiket Wisata

GOA SENTONO Blora Tiket & Ragam Pesona - Mei 2022

0
Goa SentonoHarga Tiket Masuk: Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Mendenrejo Kradenan, Nglaren, Mendenrejo, Blora, Blora, Jawa Tengah, Indonesia, 58383

Kabupaten Blora yang berada di sebelah utara Kota Semarang ternyata memiliki banyak keindahan alam yang masih belum banyak diketahui. Di ujung selatan Blora ada satu wisata alam yang menarik perhatian yaitu Goa Sentono. Gua ini adalah sebuah cagar budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Namun baru beberapa tahun terakhir ini dikelola menjadi kawasan wisata. Keindahan dan keunikannya membuat tempat ini dengan cepat menarik perhatian banyak orang.

Goa Sentono terletak di atas area perbukitan. Selain pesona struktur gua yang indah, wisatawan bisa melihat pesona bentang alam yang begitu mempesona. Hal menarik lainnya adalah bukit tersebut berada di tepi aliran sungai Bengawan Solo. Dari atas pesona sungai Bengawan Solo nampak begitu menakjubkan. Apalagi ketika sore hari dan langit sedang cerah, keindahan sunset dari atas bukit begitu indah dan memberikan suasana yang romantis.

Harga Tiket Masuk Goa Sentono

Goa Sentono bisa menjadi rekomendasi wisata murah yang ada di Kabupaten Blora. Sebab untuk melihat keindahan di tempat wisata, wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Dengan sekali bayar, sudah bisa sepuasnya melihat pesona yang ada di destinasi wisata ini. Tidak ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan/hari libur.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp5.000
Tarif Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: BUKIT KEMUNING Tiket & Wahana

Jam Buka Goa Sentono

Untuk berkunjung ke Goa Sentono, wisatawan bisa datang kapan saja. Hal itu karena tempat wisata ini selalu buka selama 24 jam. Bahkan bisa bermalam di tempat ini untuk menikmati pesona sunrise keesokan harinya. Waktu terbaik berkunjung ke sini yaitu sore hari dan cuaca sedang cerah. Di waktu tersebut pemandangan terlihat begitu indah dan udara begitu sejuk serta tak terlalu panas.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Goa Yang Berada di Tepi Sungai Bengawan Solo

Goa yang berada di perbukitan
Pesona yang ada di kawasan wisata Goa Sentono. Foto: Gmaps/Falkhan Barizi

Salah satu keunikan Goa Sentono yaitu letaknya yang berada di atas perbukitan di tepian sungai Bengawan Solo. Areanya didominasi barisan perbukitan kapur. Pemandangan gundukan bukit dengan aliran sungai yang berkelok-kelok menjadi sajian khas dari tempat ini. Terlepas dari itu bentuknya sendiri juga begitu menarik. Wisatawan bisa masuk ke dalam mulut gua dan melihat pesona stalaktit dan stalagmit yang ada di sini.

Karena letaknya yang berada di atas bukit suasana terasa sejuk dengan angin yang berembus semakin membuat betah. Tak heran jika destinasi wisata ini juga sangat cocok menjadi tempat bersantai bersama keluarga ataupun orang tersayang. Salah satu yang jadi primadona di sini yaitu momen sunsetnya. Goa Sentono merupakan rekomendasi wisata bagi yang ingin mencari spot menikmati sunset yang indah di Blora.

Trekking Bukit Menuju Area Goa Sentono

Akses tangga naik menuju Goa Sentono
Untuk mencapai area goa, wisatawan harus menaiki bukit dengan akses tangga. Foto: Gmaps/Like Blora

Untuk bisa menikmati keindahan area gua, wisatawan harus terlebih dahulu menaiki bukit. Akses menuju ke gua berupa anak tangga dengan kemiringan yang cukup curam. Namun tak perlu khawatir, sebab perjalanan naik tidak akan terasa membosankan.

Keindahan alam sekitar akan menemani sepanjang perjalanan. Setelah naik, wisatawan akan sampai di jalur  menurun. Dari jalur tersebut Goa Sentono sudah terlihat. Cukup berjalan sejauh 150 meter maka wisatawan sudah sampai di area Goa.

Menikmati Keindahan Di Dalam Goa

Gua dengan pesona indah di dalamnya
Wisatawan bisa masuk dan menyusuri keindahan yang ada di dalam goa. Foto: Gmaps/Jaya Hertanto

Bentuk gua-nya memiliki lebar 3 meter, tinggi 2,5 meter dan kedalaman hingga 10 meter, sayang rasanya jika tidak menjelajahi area dalam gua. Pemandangan stalakmit dan stalaktit di dalam gua sangat memukau. Namun sayangnya keadaan di dalam gua masih sangat gelap karena belum adanya penerangan.

Warga sekitar percaya bahwa jika gua ini jika digali lebih dalam maka bisa tembus hingga pegunungan kapur di Kabupaten Tuban. Semakin ke dalam bentuk gua ini semakin mengerucut sehingga wisatawan harus membungkuk jika ingin masuk lebih jauh lagi.

Keindahan Sungai Bengawan Solo Dari Ketinggian

melihat keindahan sungai dari atas bukit
Di tempat wisata ini wisatawan bisa menikmati pesona sungai Bengawan Solo dari atas bukit. Foto: Gmaps/Ihwan Jauhari

Lokasi gua yang berada di atas bukit juga menampilkan keindahan alam yang ada di bawah termasuk sungai Bengawan Solo. Perpaduan aliran sungai yang berkelok-kelok dengan barisan perbukitan di kanan kirinya menjadi sajian yang memanjakan mata.

Ketika senja tiba pemandangan yang tersaji semakin indah. Langit yang mulai menguning menambah kesan romantis yang ada di tempat tersebut. Momen-momen tersebut sangat cocok dinikmati bersama keluarga, sahabat ataupun orang tersayang.

Berkemah di Goa Sentono

Area sekitar gua juga menjadi salah satu spot berkemah favorit yang ada di Kabupaten Blora. Alasannya karena tempatnya yang masih alami ditambah dengan pemandangan yang alam yang begitu luar biasa. Suasana malam di atas bukit sangat sunyi dan memberikan ketenangan. Pada saat pagi, panorama matahari terbit akan sangat memanjakan mata dan memberikan semangat baru.

Pertunjukkan Tayub Setiap Tahunnya

Di kawasan Goa Sentono ini ada sebuah bangunan pendopo sederhana. Pendopo ini biasa digunakan warga sebagai lokasi acara sedekah bumi setiap tahunnya dengan hiburan seni Tayub. Wisatawan bisa melihat langsung acara ini dan berbaur dengan warga sekitar.

Fasilitas Goa Sentono

Meski terbilang baru, namun fasilitas yang ada sudah cukup memadai. di tempat ini tersedia area parkir kendaraan, toilet, gazebo dan beberapa warung kuliner. Dengan fasilitas yang ada tersebut tentu akan membuat wisatawan semakin betah dan nyaman.

Alamat Goa Sentono

Goa Sentono beralamat di Desa Mendenrejo Kradenan, Nglaren, Mendenrejo, Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Berada di ujung selatan, lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Blora. Dari pusat kota Blora, wisata ini berjarak sekitar 40 km dan bisa ditempuh dalam waktu satu setengah jam. Akses menuju ke tempat ini sudah bagus dan bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 17

Berikan Rating