Beranda Tiket Wisata

SILANCUR HIGHLAND Magelang Tiket & Ragam Aktivitas - Februari 2021

Silancur Highland Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56153.

Silancur Highland adalah salah satu destinasi wisata hits di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Meski baru dibuka pada tahun 2019, namun namanya sudah ramai diperbincangkan. Terlebih di tengah kalangan anak muda dan wisatawan pecinta alam.

Berada di kawasan kaki Gunung Sumbing, Silancur Highland menjanjikan pemandangan alam memukau. Tidak tanggung-tanggung, panorama enam gunung bisa disaksikan sekaligus dari sini. Pengunjung bisa menikmati sejuknya udara pegunungan dengan beragam aktivitas rekreasi terkini. Kemudian salah satu yang paling populer ialah kegiatan camping serta acara musik akustiknya.

Tiket Masuk Silancur Highland

Tidak perlu biaya tinggi untuk mendapatkan view cantik di Silancur Highland. Dengan membayar sepuluh ribu rupiah per orang, pengunjung sudah bisa rekreasi di sini. Selain itu terdapat biaya tambahan diantaranya ialah parkir, jasa foto, camping, dan pre-wedding.

Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk per orangRp10.000
ParkirRp5.000
Foto per file fotoRp2.500
CampingDewasa Rp20.000 per orang
Di bawah 6 tahun Rp10.000 per orang
Sewa Tenda4-5 orang Rp75.000
3-4 orang Rp60.000
Sewa Sleeping BagRp10.000
Sewa MatrasRp5.000
Sewa Kompor Portable + GasRp20.000
Sewa Nesting / PanciRp10.000
ArangRp15.000
Paket Tenda + Matras + Sleeping Bag + Bongkar-Pasang + Tiket Camp4 orang Rp215.000
3 orang Rp165.000
2 orang Rp130.000
Pre-WeddingRp100.000 + tiket masuk per orang
Flying FoxRp15.000 per orang

Baca: 16 Destinasi Wisata Terbaik di Magelang

Jam Buka

Lokasi Silancur Highland populer sebagai tempat menyaksikan sunset hingga sunrise. Untuk memfasilitasinya, kawasan wisata ini buka 24 jam setiap hari. Secara khusus bagi yang berkemah, ada waktu operasional bongkar tenda yang wajib dipatuhi.

Jam Operasional
Setiap Hari04.30 – 19.00 WIB
Batas Maksimal Camping10.00 WIB

Pesona Silancur Highland

Pengunjung berfoto di salah satu dek swafoto Silancur Highland
Salah satu spot berfoto dengan latar belakang perbukitan – Foto: Google Maps / Deny Yudanto

Menikmati keindahan alam memang aktivitas rekreasi yang tidak pernah membosankan. Terlebih, Indonesia beragam kekayaan alam yang bisa jadi destinasi wisata. Namun sayangnya, menikmati rekreasi di alam terbuka memang identik dengan fasilitas apa adanya. Namun, tidak dengan Silancur Highland.

Destinasi wisata di Kabupaten Magelang ini punya cara asyik untuk menikmati alam. Salah satunya adalah dengan menata area bukit menjadi cantik dan nyaman. Silancur Highland menempatkan kafe, rekreasi selfie, dan camp area di kawasan yang sama. Semua itu dikelilingi oleh kecantikan alami panorama dataran tinggi di kaki Gunung Sumbing. Di samping itu berbagai pesona lainnya siap menghibur. Berikut beberapa diantaranya:

Suasana Alami

Bunga-bunga indah yang tumbuh di kebun Silancur Highland
Beragam bunga aneka warna mempercantik pemandangan di Silancur Highland – Foto: Google Maps / ammie rohmah

Mengunjungi Silancur Highland, yang pertama perlu diapresiasi adalah udara segarnya. Kawasan wisata ini memang berada di dataran tinggi yang jauh dari polusi. Sejauh mata memandang yang terlihat hanya perkebunan, pedesaan, dan gunung-gemunung. Tidak hanya 1-2, tetapi hingga enam gunung sekaligus.

Kawasan Silancur Highland memang salah satu spot ciamik untuk melihat panorama pegunungan. Gunung Sumbing di sebelah barat adalah yang terdekat dan paling jelas terlihat. Di hari cerah, pengunjung bisa melihat Gunung Telomoyo hingga Merapi di bagian timur. Musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk berburu pemandangan ini.

Baca: CANDI BOROBUDUR Tiket & Aktivitas

Rekreasi Hits

Hampran kebun sayur di depan area duduk
Menikmati suasana pedesaan dan pegunungan dengan cara yang berbeda di Silancur Highland – Foto: Google Maps / Amanda Rahma

Silancur Highland telah melengkapi areanya dengan tempat duduk yang nyaman. Berkunjung kemari, wisatawan tidak perlu takut perut kosong. Terdapat warung-warung menjajakan aneka makanan ringan hingga berat. Selanjutnya pengunjung tinggal memilih tempat duduk yang tepat untuk menikmati kopi panas atau semangkuk bakso.

Umumnya area duduk ini tersebar di berbagai titik yang berada di antara kebun bunga dan sayur. Aneka bunga nan cantik terhampar dan siap menyegarkan mata. Berpadu dengan panorama alam sekitar, jadilah area foto kekinian yang cantik.

Wisata jaman now belum lengkap rasanya jika belum berfoto di spot yang kreatif. Silancur Highland mempunyai bermacam-macam spot foto unik dan menarik. Pengunjung bahkan diberi kesempatan untuk berfoto dengan jasa foto yang tersedia. Dengan biaya terjangkau, foto cantik untuk konten di media sosial pun sudah bisa dibawa pulang.

Baca: Punthuk Setumbu Tiket & Aktivitas

Camping Nyaman

Panorama Gunung Sumbing yang berdiri megah di kejauhan
Silancur Highland menempati kawasan kaki Gunung Sumbing di Jawa Tengah – Foto: Google Maps / Dono Prabowo

Keistimewaan lainnya ialah keberadaan area camping. Kegiatan berkemah yang identik dengan segala keterbatasan tidak akan ditemukan di sini. Sebaliknya wisatawan bisa mencoba pengalaman bermalam dengan fasilitas lengkap dan nyaman. Camping di Silancur bisa jadi pilihan bagi wisatawan yang ingin mencoba berkemah tanpa repot.

Tersedia penyewaan perlengkapan camping yang lengkap. Jadi, wisatawan hanya perlu datang tanpa harus menyiapkan apapun. Camping di Silancur sangat pas terutama bagi pemburu sunrise atau sunset. Wisatawan bisa puas menikmati keindahan langit Silancur tanpa perlu diburu-buru oleh waktu.

Sedangkan di malam hari, wisatawan bisa mengisi waktu dengan kegiatan api unggun. Pengelola juga akan menyediakan panggung musik akustik untuk menghangatkan suasana. Sementara musik mengalun, puaskan mata dengan pemandangan kelap-kelip lampu di kejauhan. Nikmati suasana pegunungan yang tenang di bawah langit berbintang yang indah.

Baca: Ketep Pass Tiket & Pesona Alam

Aktivitas Keluarga

Hamparan hijau perkebunan di kaki gunung
Silancur Highland cocok sebagai tempat melepas lelah dengan ditemani udara sejuk dan suasana alam yang asri – Foto: Google Maps / Dicky Kosasih

Selain berkemah, masih banyak lagi kegiatan rekreasi yang bisa dinikmati keluarga di Silancur. Flying fox misalnya, aktivitas bergantung menyusuri tali yang cukup menantang. Nikmati udara segar pegunungan sambil meluncur di ketinggian.

Di samping itu, pengunjung juga bisa membawa buah tangan menarik dari Silancur Highland. Kebun-kebun sayur di sini bukan sekadar dekorasi semata. Perkebunan tersebut adalah milik warga sekitar. Hasil sayur-mayurnya yang segar bisa dibeli langsung dan dibawa pulang oleh wisatawan.

Baca: TAMAN KYAI LANGGENG Tiket & Wahana

Fasilitas Silancur Highland

Silancur Highland menyediakan fasilitas penunjang yang memadai. Pengunjung dengan mudah menemui area parkir, toilet, tempat ibadah, dan warung-warung makanan. Wahana rekreasi terdiri dari kafe dengan beragam area duduk, spot selfie, flying fox, hingga area camping. Tersedia pula jasa penyewaan alat berkemah dan jasa foto.

Akses & Alamat Silancur Highland

Objek wisata perbukitan ini terletak di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkringrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di kaki Gunung Sumbing bagian timur dengan ketinggian 1.300 mdpl. Dari Alun-Alun Magelang, jaraknya sekitar 15 kilometer ke arah barat. Jika menggunakan mobil atau motor akan memakan waktu selama kurang-lebih 30 menit.

Berada di kawasan dataran tinggi, jalan menuju Silancur banyak berupa tanjakan. Tanjakannya cukup landai dan membutuhkan ketangkasan berkendara. Meski sudah mulus beraspal, namun akses jalannya tidak terlalu lebar. Pengunjung perlu berhati-hati, karena itu pastikan kondisi kendaraan layak jalan sebelum menuju kemari.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini