Godong Ijo Depok
Godong Ijo Depok

Godong Ijo Sawangan Depok bisa menjadi pilihan wisata yang tidak terlalu jauh dari Ibukota Jakarta. Taman rekreasi yang menonjolkan wisata edukasi sebagai daya tarik utamanya. Terutama untuk meningkatkan pengetahuan anak dengan basis kecintaan terhadap lingkungan.

Berkonsep ‘Hutan di Tengah Kota’, objek wisata ini juga biasa dijadikan pilihan untuk fieldtrip anak-anak sekolah hingga outing kantor.

Harga Tiket Godong Ijo Sawangan

Bermain dan berwisata ke taman rekreasi keluarga ini pengunjung akan dikenakan harga tiket yang tidak bisa diakatan murah. Namun dengan berbagai kegiatan yang ditawarkan sangat layak untuk dikunjungi. Harga tiket paket Godong Ijo ditawarkan mulai dari Rp100.000.

Harga Tiket Godong Ijo & Paket
The Young Greeners Rp60.000 – Rp165.000
Koki Cilik Rp120.000 – Rp175.000
Fun With Clay/Bermain Keramik Rp80.000 – Rp175.000
Dokter Cilik Rp135.000 – Rp175.000
Eco-Science Robo-Art Class Rp145.000 – Rp195.000
Program Seni Budaya Rp120.000 – Rp350.000
Wow – Art-Tainment Rp140.000 – Rp175.000

Masing-masing paket terdapat beberapa kegiatan dengan durasi 2 – 7 jam.

Baca: PUNCAK MUSTIKA MANIK Bogor Tiket & 13 Aktivitas & Wahana Seru

Jam Buka

Taman rekreasi ini dibuka setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa datang mulai pukul 09.00 pagi.

Jam Buka Godong Ijo
Setiap Hari 09.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik & Atraksi

Menempati area seluas 2,5 hektar, Godong Ijo sebenarnya merupakan nursery tempat pembibitan tanaman hias yang dilengkapi dengan kolam pemancingan ikan dan rumah makan. Untuk melengkapi sebagai suatu destinasi wisata edukasi, di Godong Ijo juga dihuni oleh berbagai satwa unik.

1. Hutan Wisata dan Nursery

Nursery Godong Ijo Depok
Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Godong Ijo adalah belajar menaman di Nursery. foto: Wulan Ranny

Seperti konsepnya, memasuki Godong Ijo memang seakan berasa berada di hutan kecil. Terdapat banyak koleksi tanaman dan pohon-pohon besar dan rimbun bahkan beberapa terbilang langka. Untuk memberikan edukasi, setiap pohon diberi papan nama.

Selain itu ada zona-zona khusus untuk membagi setiap jenis tanaman seperti zona tanaman pangan, zona tanaman obat, zona tanaman rempah, zona tanaman industri, zona tanaman buah, serta zona tanaman unik dan langka.

Baca: Taman Buah MEKARSARI Tiket & 10 Wahana Menarik

Tak ketinggalan, ada area yang menampilkan seni menanam secara vertikal atau disebut Vertical Garden yang pasti menarik perhatian pengunjung untuk mengetahui cara pengaplikasian dan perawatannya.

2. Belajar Bercocok Tanam

Tidak hanya melihat-lihat dan mengenal berbagai jenis flora, pengunjung juga bisa turut dalam kegiatan bercocok tanam. Kegiatan ini akan mengajak pengunjung belajar mencangkok tanpa tanah hingga mengawinsilangkan tanaman. Instruktur juga akan memberi banyak informasi seputar perawatan tanaman.

3. Melihat Berbagai Satwa

kura-kura di godong ijo
Melihat berbagai satwa bisa dilakukan di Godong Ijo salah satunya kura-kura. foto: Dipo Tjahjono

Berbagai koleksi satwa dimiliki Godong Ijo. Ada ular raksasa sepanjang 8 meter, iguana raksasa sepanjang 1,8 meter, berbagai jenis ikan termasuk ikan besar yang terkenal ganas yaitu arapaima gigas, dan Kura-kura raksasa yang memiliki panjang mencapai 2 meter dan berat 350 kg.

Apalagi, usianya sudah mencapai 21 tahun. Kura-kura bernama Bagong ini menjadi hewan yang paling digemari dan menjadi maskot Godong Ijo. Interaksi dengan beberapa hewan koleksi ini juga bisa dilakukan seperti memandikan dan memberi makan kura-kura, memberi makan ikan, hingga menyentuh dan berfoto dengan ular. Semua tentu aman karena akan dipandu oleh petugas yang pakar.

4. Kegiatan Menangkap Belut

Kegiatan seru lainnya yaitu menangkap belut di kolam lumpur juga menjadi pilihan yang menarik. Kegiatan ini cocok dipilih untuk kunjungan rombongan karena suasananya akan lebih seru.

5. Pemancingan

kolam pemancingan depok
Memancing di kolam pemancingan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di godong ijo. foto: Sabrina Sihombing

Lelah berkeliling dan belajar, pengunjung juga bisa memilih rehat sejenak di area pemancingan. Di sini, pengunjung akan diajak mencoba memancing di kolam yang sudah diisi banyak ikan dari mulai ikan mas, lele, bawal, hingga patin. Tak hanya memancing, hasil yang didapat juga bisa langsung diolah dan dinikmati di tempat dengan bantuan petugas resto.

Fasilitas Pendukung

Selain kegiatan edukasi, Godong Ijo juga memfokuskan pada wisata kuliner. Di sana terdapat resto yang spesialisasinya adalah Cobek Timbel. Beraneka macam menu cobek timbel seperti empal sapi, bebek muda, gurame, ikan kembung, ayam kalasan, udang, hingga salmon tersedia. Selain itu ada juga menu lain seperti Pecel Pincuk, Paket Sunda, Pepes, Gurame Pecak, dan puluhan menu lainnya.

Tak hanya menu makanannya yang menggoda, hal lain yang menjadi andalan adalah karena area restonya yang luas bisa menampung hingga 600 orang.  Semakin menarik lagi lantaran memiliki konsep tradisional sunda yang khas dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

Lokasi Godong Ijo Sawangan

Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Raya Cinangka No.60, Serua, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16517. Informasi dan kontak lebih lanjut silahkan menghubungi Telp: 021 – 7471 0678
Hotline: 0813 – 8415 5002.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,17 / 18 pembaca