Beranda Tiket Wisata

Studio Alam TVRI Wisata Alam Terjangkau - Februari 2021

Studio Alam TVRI Harga Tiket: Rp1.000 - Rp10.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Raden Saleh No. 90, Jl. Studio Alam TVRI No.1, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Indonesia, 16412.

Di tengah kesibukan kotanya, Depok ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang potensial dan masih bisa dikembangkan. Salah satu di antaranya yang sudah banyak dikenal karena memiliki sejarah yang panjang adalah Studio Alam TVRI. Lahan yang awalnya digunakan sebagai tempat pengambilan gambar acara TVRI ini sekarang menjadi salah satu destinasi wisata bagi warga Depok yang mencari suasana alam di tengah keramaian kota.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Studio Alam TVRI terjangkau dan berlaku sama untuk pengunjung dewasa maupun anak-anak. Tidak ada perbedaan harga tiket untuk hari biasa atau akhir pekan.

Harga Tiket Masuk
Pejalan kakiRp1.000
Tiket MotorRp5.000
Tiket SepedaRp2.000
Tiket MobilRp10.000
Sepeda AirRp10.000 per 20 menit

Baca: TAMAN HERBAL INSANI Depok Tiket & Aktivitas

Jam Operasional

Area taman rekreasi ini dibuka setiap hari. Disarankan datang di pagi hari atau sore hari jika ingin mendapatkan udara yang sejuk dan pemandangan langit ketika matahari menjelang terbenam.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 18.00 WIB

Ragam Aktivitas di Studio Alam TVRI

Logo Studio Alam TVRI
Logo Studio Alam TVRI dengan latar pendopo yang menjadi ciri khas – Foto: Google Maps/heru bakmal

Meski bertajuk ‘studio’, namun tempat ini tidak berbentuk gedung atau bangunan tertutup seperti studio pada umumnya. Tempat ini berupa lahan terbuka hijau yang sengaja dibangun untuk kebutuhan syuting acara-acara TVRI pada masanya, seperti program Aku Cinta Indonesia dan syuting drama kolosal.

Baca: Green Lake View Waterpark Depok Tiket & Wahana

Tidak heran jika tempat ini memiliki bangunan-bangunan berupa rumah tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Dilengkapi dengan keadaan alamnya yang asri, Studio Alam TVRI menjad salah satu destinasi wisata yang menarik namun terjangkau oleh berbagai kalangan.

Destinasi Aktivitas Outdoor

Suasana Studio Alam TVRI
Sebagian besar area taman merupakan lahan terbuka hijau dan area yang ditanami pohon – Foto: Google Maps/Agustinus Asa Yudha Utama

Studio Alam TVRI berdiri di lahan dengan luas sekitar 20 ha. Tempat ini dibangun pada tahun 1980 sebagai lokasi pengambilan gambar program TVRI yang berlatarkan alam. Hampir seluruh lahan ditutupi oleh rumput dan pepohonan yang rindang dan asri, bahkan dilengkapi dengan sebuah situ atau danau yang luas.

Lahan yang luas ini sangat cocok menjadi lokasi beragam aktivitas luar ruangan. Ada banyak lahan terbuka yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berolahraga. Area taman wisata juga sudah dilengkapi trek jogging serta lapangan tenis yang memadai. Selain itu, terdapat sebuah danau bernama Situ Sido Mukti yang bisa dijadikan tempat memancing atau mendayung.

Baca: DKandang Depok Tiket & Aktivitas

Pengunjung yang ingin berkemah pun bisa memanfaatkan lahan berumput yang tersedia untuk mendirikan tenda. Terdapat banyak area dengan kontur tanah yang datar dan kering di sini. Namun, tidak ada penyewaan tenda yang tersedia, sehingga pengunjung diharapkan membawa tendanya masing-masing.

Selain itu, banyaknya pepohonan yang tinggi dan rindang menjadikan Studio Alam TVRI cocok sebagai lokasi outbond. Tempat wisata ini seringkali jadi alternatif lokasi pelaksanaan kegiatan outbond, paint ball, air soft gun, dan sebagainya.

Wisata Alam Murah-Meriah

Kuda liar Studio Alam TVRI
Beberapa hewan dibiarkan bebas berkeliaran di Studio Alam TVRI, salah satunya kuda – Foto: Google Maps/Wildan Waliyuddin

Studio Alam TVRI juga merupakan destinasi wisata yang murah dan memuaskan. Pengunjung bisa berjalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi untuk berkeliling menikmati suasana yang asri. Waktu yang paling tepat untuk berjalan-jalan di sini adalah di pagi hari dan menjelang sore. Piknik juga diperbolehkan di kawasan ini, tetapi ingat untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Jangan terkejut jika berpapasan dengan kuda atau kerbau ketika sedang berjalan-jalan di sini. Kedua hewan tersebut memang sengaja dilepas dan dibiarkan liar di sekitar area taman. Tidak perlu khawatir akan diserang selama tidak mengganggu keberadaan hewan-hewan tersebut. Justru, pengalaman berada dekat dengan kuda dan kerbau di alam terbuka akan sangat menarik, kan?

Sepeda air di Situ Sido Mukti
Pengunjung mengelilingi situ dengan menggunakan sepeda air di Situ Sido Mukti – Foto: Google Maps/resdi yono

Bagi pengunjung yang membawa keluarga, sempatkan untuk menaiki sepeda air di Situ Sido Mukti. Wahana air ini dikelola secara swadaya oleh warga sekitar. Dengan merogoh kocek tambahan, pengunjung bisa mengitari danau selama 20 menit. Ada juga pilihan lain seperti perahu dan getek.

Berfoto dengan Properti Syuting

Gapura properti syuting
Salah satu properti yang digunakan untuk syuting – Foto: Google Maps/syah roni040

Sambil berkeliling, pengunjung dapat melihat-lihat dan berfoto di rumah-rumah tradisional yang tersebar di beberapa titik. Ada juga patung-patung dan gapura yang merupakan bekas properti syuting. Properti ‘peninggalan’ ini sering dijadikan lokasi berfoto oleh wisatawan.

Suasana syuting di Studio Alam TVRI
Hingga saat ini masih sering digunakan sebagai tempat pengambilan gambar – Foto: Google Maps/Ady Arek

Terdapat beragam rumah adat di sini, mulai dari rumah adat Jawa hingga Kalimantan. Selain rumah adat, ada juga patung-patung dan gapura. Hingga saat ini, seluruh properti tersebut kadang masih digunakan sebagai tempat pengambilan gambar acara televise. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat langsung proses syuting yang sering dilakukan di sini.

Fasilitas Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI dilengkapi dengan toilet, masjid, dan kios-kios makanan. Terdapat pendopo untuk acara gathering serta lapangan tenis yang bisa digunakan untuk berolahraga. Jalan setapak di dalamnya luas dan bisa digunakan untuk parkir kendaraan kecil maupun besar.

Lokasi Studio Alam TVRI

Taman wisata alam dan rekreasi ini berada di Jalan Raden Saleh No. 90, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Lokasinya bisa diakses menggunakan angkutan umum D.06 dari Terminal Depok, kemudian dilanjutkan dengan ojek. Selain itu juga bisa menggunakan angkutan umum D.09 yang berhenti langsung di depan gerbang masuk.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca