Taman Pemuda Pratama Depok
Harga Tiket: Gratis - Rp90.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: 087881111808 Alamat: Tanah Baru,Beji,Depok,Jawa Barat ,Indonesia,16426.

Taman Pemuda Pratama adalah taman rekreasi keluarga yang berada di kota Depok, Jawa Barat. Taman ramah anak ini didesain berkonsep ceria untuk bermain sekaligus melatih motorik kasarnya. Taman ini juga memiliki aneka wahana seperti paintball, panahan, ATV, dan kolam renang.

Taman Pemuda Pratama diresmikan awal Februari 2018. Taman seluas 6.000 m2 ini  diberi nama dari pemiliknya, yaitu Pratama Persadha. Taman rekreasi ini hadir memfasilitasi keluarga untuk bermain, rekreasi, dan pusat komunitas masyarakat.

Harga Tiket Masuk Taman Pemuda Pratama Depok

Pengunjung yang ingin masuk ke taman ini tidak dipungut biaya. Hanya jika bermain wahana permainan akan dikenakan biaya untuk masing-masing wahana.

Harga tiket Taman Pemuda Pratama Depok
Selasa – MingguGratis
WahanaRp5.000 – Rp90.000

Baca: Taman Herbal Insani Depok Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, maka Taman Pemuda Pratama tutup sementara sampai waktu yang belum ditentukan.

Taman rekreasi ini buka setiap hari kecuali hari Senin. Taman Pratama ditutup pada hari Senin untuk perawatan dan pemeliharaan kebersihan.

Waktu operasional
Selasa – Minggu07.00 – 17.00

Aktivitas dan Wahana di Taman Pemuda Pratama

Taman Pemuda Pratama dilihat dari atas ketinggian
Taman Pemuda Pratama dilihat dari atas ketinggian. Foto : Instagram/tamanpemudapratama

Taman Pemuda Pratama dikelola secara pribadi dengan melibatkan anak Karang Taruna Kelurahan Tanah Baru. Taman wisata keluarga ini juga mendukung Pemkot Depok dalam menyukseskan program Kota Layak Anak (KLA).

Terdapat taman bermain anak-anak serta tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan taman hijau yang luas. Banyak wahana tersedia seperti wall climbing, berkuda, kolam berenang, taman kelinci, panahan dan ATV. Pada hari Sabtu dan Minggu, sekitar 1.500 orang wisatawan memadati taman ini.

Berpiknik Santai di Area Terbuka Hijau

Jalur Batu Refleksi di Taman Pemuda Pratama Depok
Jalur Batu Refleksi di sekitar area taman rekreasi. Foto : Google Maps/Maria Ulfa

Area Taman yang memiliki lahan terbuka hijau dan sejuk. Tempat ini cocok digunakan wisatawan untuk piknik santai bersama keluarga. Tersedia juga jalur refleksi kaki berbentuk jalur berputar beralaskan bebatuan.

Bermain di Playground

area permainan anak-anak dengan berbagai wahana
Taman Bermain berisi aneka permainan seperti perosotan, jembatan tali, dan panjat dinding. Foto : Google Maps/Suci Lestarini Nurhayati

Di dalam taman ini terdapat playground dengan perosotan, titian tali, dan ayunan. Anak-anak dapat bermain dengan banyak permainan untuk melatih motorik mereka. Ada juga panjang tebing mini setinggi 1 meter yang aman untuk anak-anak.

Untuk masuk ke area taman bermain ini, wisatawan diminta melepas alas kaki. Hal ini untuk menjaga kebersihan area taman beralaskan pasir ini. Pasirnya pun sering digunakan bermain oleh anak-anak untuk membuat istana pasir layaknya di pantai.

Baca: Godong Ijo Sawangan Tiket & Aktivitas

Menambah Pengetahuan di Taman Baca Pancasila

Wisatawan  dapat melatih penanaman minat literasi pada anak-anaknya. Di sini tersedia area Taman Baca untuk mendukung hal tersebut. Taman Baca memfasilitasi anak-anak untuk gemar membaca.

Di Taman Baca Pancasila telah disediakan banyak buku. Wisatawan bisa mendapatkan pengetahuan dan hiburan dari buku-buku yang ada di rak Taman Baca.

Radio Binaswara Taman Pemuda Pratama

Radio Binaswara di Taman Pemuda Pratama Depok
Wisatawan dapat belajar segala sesuatu mengenai penyiaran Radio Binaswara. Foto : Instagram/icall_mindblood

Radio komunitas di dalam taman yang bernama Radio Binaswara sangat terbuka untuk kunjungan wisatawan. Wisatawan dapat melihat berlangsungnya proses siaran dan berkenalan dengan penyiarnya. Radio Binaswara juga membuka peluang bagi kamu yang ingin menjadi volunteer.

Wisatawan dipersilakan mempromosikan komunitas, acara, atau usahanya melalui Radio Binaswara. Radio ini juga aktif memberikan informasi teraktual dalam lingkup kota Depok maupun sekitarnya. Program siarannya juga mencakup beragam wujud seni, hingga wayang kulit, lenong, dan sandiwara radio.

Berfoto di Spot Instagrammable

Dinding dan lantai Taman Pemuda Pratama memuat berbagai grafiti dan mural dari tangan para seniman. Beberapa gambar tiga dimensi pun terlukis di konblok area taman.

Spot-spot tersebut membuat taman rekreasi ini tempat yang fotogenic. Tak heran, jika taman ini juga menjadi tempat foto pre-wedding, syuting maupun liputan.

Kolam Renang

Kolam renang di Taman Pemuda Pratama Depok
Kolam renang di Taman Pemuda Pratama Depok sangat cocok sebagai area bermain air untuk anak-anak. Foto : Google Maps/hardi republika

Di kolam renang dalam Taman Pemuda Pratama, wisatawan dapat menikmati waktu bersama anak-anak. Bagi yang membutuhkan alat-alat renang misalnya pelampung pun telah disediakan tempat penyewaan.

Fasilitas penunjang seperti ruang ganti dan ruang bilas juga sudah cukup memadai. Harga tiketnya Rp10.000 hari biasa dan Rp15.000 hari libur dan akhir pekan.

Baca: Depok Fantasi Waterpark Tiket & Wahana

Paintball (Depok Seblast Paintball)

wahana permainan paint ball
Bermain paint ball adalah salah satu aktivitas seru yang bisa dimainkan di taman rekreasi ini. Foto : Instagram/goldfaser

Paintball adalah permainan perkelompok dengan menembakkan tembakkan cat warna pada tubuh lawan.  Senjata yang digunakan yaitu paintball marker atau paintball gun. Peluru cat yang digunakan untuk mengalahkan lawan tersebut aman dan tidak mengandung racun.

Paintball menjadi zona permainan ekstrem yang banyak diminati di Taman Pemuda Pratama. Wahana permainan yang telah hadir sejak 2015 ini diperuntukkan bagi remaja dan dewasa.

Untuk memainkannya, wisatawan perlu mengenakan perlengkapan keamanan seperti rompi pengaman dan masker (goggle). Wisatawan akan diberi arahan dari instruktur untuk beradu strategi sesuai prosedur wahana.

Lego House Taman Pemuda Pratama

Lego House merupakan wahana terbaru yang diluncurkan September 2018 di taman ini. Wahana ini memuat lebih dari setengah ton Lego original. Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu Lego House terbesar di Indonesia.

Di tempat ini, wisatawan dapat bermain dan membangun lego sekreatif mungkin. Untuk bermain di Lego House, wisatawan dikenakan tarif hanya sebesar Rp. 10.000.

Memberi Makan Kelinci dan Belajar Memancing

Di Taman Pemuda Pratama, anak-anak juga diajarkan untuk menyayangi bintang.

Di Rumah Kelinci, anak-anak bisa memberi makan kelincikelinci yang ada di dalamnya. Wisatawan tidak dikenakan biaya untuk masuk ke Rumah Kelinci. Bagi yang ingin memberi makan kelinci, cukup membeli sayuran seharga Rp10.000.

Baca: DKandang Depok Tiket & Aktivitas

Sedangkan anak-anak yang ingin belajar mancing disediakan peralatan seperti ember, pancingan dan pakan ikan. Jika ikan diperoleh saat memancing, ikannya bisa langsung dimasak di Cafe. Untuk memancing, wisatawan dikenakan biaya pakan ikan sebesar Rp5.000.

Panahan

Wahana Panahan
Melatih fokus sambil berolahraga dengan wahana Panahan. Foto : Instagram/rikiratim

Taman Pemuda Pratama menyediakan wahana olahraga Panahan. Olahraga yang satu ini bermanfaat melatih kesabaran, meningkatkan fokus dan konsentrasi. Serta baik untuk mata, tangan dan jari-jari tangan.

Panahan melatih kekuatan tubuh bagian atas dan keseimbangan serta membangun kekuatan tubuh. Wahana ini dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 untuk 10 anak panah.

Motor ATV

Wahana ATV
Bermain wahana ATV. Foto : Google Maps/irma_ichadcraft

Salah satu wahana favorit dewasa maupun anak-anak di taman rekreasi ini adalah ATV. Bermain motor ATV dapat membantu anak-anak belajar keseimbangan dan keberanian.

ATV untuk dewasa pun tersedia di area ini. Wisatawan dapat menaiki wahana dengan menyewa untuk beberapa menit.

Kontak dan Lokasi Taman Pemuda Pratama

Taman baru di Depok ini terletak tidak jauh dari Stasiun KRL Depok Baru. Tepatnya di Jl. Sairin Rt 01/RW 011, Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16426. Infromasi lebih lanjut silakan menghubungi 087881111808.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,50 | 22 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini