Beranda Tiket Wisata

GUNUNG KELUD: Tiket & 5 Aktivitas Seru - Juni 2021

Gunung Kelud Harga Tiket: Rp20.000 Jam Buka: 06.00 - 23.00 No. Telepon: - Alamat: Ringinrejo, Karangrejo, Garum, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, -.

Ada beragam jenis aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di gunung. Yang terpopuler tentu saja hiking atau pendakian. Namun kadang tak semua orang bisa menikmati kegiatan ini. Berbeda dengan di Gunung Kelud, tidak hanya para pendaki yang bisa menikmat keindahan alamnya.

Gunung Kelud adalah gunung berapi yang sudah populer sebagai tujuan wisata. Terutama bagi warga Kediri, Blitar, dan sekitarnya. Gunung ini memang punya pesona yang menggoda untuk pendakian. Di samping itu, gunung ini juga menawarkan berbagai pengalaman rekreasi lainnya yang cocok untuk keluarga.

Tiket Masuk Gunung Kelud

Harga tiket masuk wisata Gunung Kelud memang terbilang sangat terjangkau. Tarif belum termasuk biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi. Biaya simaksi pun cukup murah sama seperti pendakian di gunung pada umumnya.

Tiket Masuk
Biaya Simaksi /orangRp20.000
Tiket Masuk Taman Agro Margomulyo /orangRp5.000
Parkir MobilRp5.000
Parkir MotorRp2.000

Baca: 14 Tempat Wisata Terbaik di Blitar

Jam Buka

Untuk yang ingin mendaki, pendaftaran simaksi bisa dilakukan setiap hari. Sementara wisata Gunung Kelud buka setiap hari sejak pagi hingga sore hari. Rekomendasi waktu terbaik adalah pada saat musim kemarau jika ingin melihat pemandangan kawah terbaik.

Jam Operasional
Pendaftaran SimaksiSetiap Hari 06.00 – 23.00 WIB
Wisata Gunung Kelud07.00 – 17.00 WIB

Rekreasi di Gunung Kelud

Lembah Gunung Kelud
Meski merupakan gunung berapi aktif yang cukup menantang namun gunung ini menyuguhkan pesona alam yang menawan sekaligus mencekam – Foto: Google Maps/Faishal Rahman Akbar

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Timur. Ketinggiannya sekitar 1.731 mdpl dan memiliki kawah yang terbentuk saat letusan di tahun 2014. Gunung ini memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Kelud, Sumbing, dan Gajahmungkur.

Letusan di tahun 2014 itu rupanya cukup dahsyat hingga mengubah sebagian tampilannya. Kini, terdapat sebuah kawah di area puncaknya. Kawah inilah yang kemudian jadi daya tarik utamanya. Baik wisatawan maupun pendaki berlomba-lomba ke puncak untuk menyaksikan kemegahannya secara langsung.

Selain kawah, masih banyak lagi daya tarik gunung berapi ini. Spot-spot wisata sengaja berdiri untuk mengembalikan kejayaan Gunung Kelud sebagai tujuan pariwisata. Mari cari tahu kira-kira aktivitas dan apa saja yang bisa ditemui di sini.

Rute Pendakian

Gunung Kelud tidak luput jadi incaran bagi para pecinta alam dan pendaki. Terdapat setidaknya dua rute utama yang sering menjadi jalur mendaki. Rute tersebut berada di Kabupaten Blitar. Perlu diingat bahwa jika ingin mencapai puncak, biasanya relawan basecamp akan menawarkan jasa guide atau pemandu.

Rute pertama yaitu via Tulungrejo. Ini merupakan rute termudah dan tercepat yang terletak di bagian timur gunung. Selain itu, medan pendakiannya pun terhitung tidak terlalu ekstrim. Beberapa spot yang akan dilewati di sini yaitu Jalur Punggung Naga dan Air Terjun Kilisuci.

Rute kedua adalah via Karangrejo yang cenderung lebih sepi. Jalurnya memang lebih panjang dengan medan yang lebih menantang. Salah satu titik yang akan menguji ketahanan yaitu jalur vertikal. Jalur ini cukup menantang karena perlu memanjat tangga terlebih dahulu.

Kedua jalur membawa pendaki ke area kawah. Pendakian di Gunung Kelud biasanya berselimut kabut. Jika kurang beruntung, kawah akan sulit terlihat karena tertutup lapisan kabut ini. Saat hari cerah, pemandangan sekitar seperti panorama Gunung Kawi dan Arjuno pun dapat terlihat dari sini.

Baca: PUNCAK MAHAMERU Tiket & Ragam Pesona Memukau

Kawah Kelud

Kawah Gunung Kelud
Area Puncak gunung memiliki kawah luas berwarna kehijauan yang eksotis dan memikat – Foto: Google Maps/nur fikri

Kawah di puncak Gunung Kelud merupakan danau yang terbentuk baru-baru ini. Letusan dahsyat pada tahun 2014 telah menggerus kawasan puncak. Hasilnya adalah sebuah kawah dengan kandungan belerang yang tinggi. Panorama kawah ini bisa terlihat secara menyeluruh dari Puncak Kelud.

Banyak yang menyandingkan keindahannya dengan Danau Kelimutu dan kawah di Tangkuban Perahu. Kandungan belerang rupanya memengaruhi tampilan kawah sehingga berwarna hijau. Di siang hari, saat tertimpa sinar matahari, permukaan kawah akan berwarna kekuningan. Pemandangan eksotis inilah yang menjadi incaran wisatawan maupun pendaki.

Baca: GUNUNG ARJUNO Tiket, Rute & Ragam Aktivitas

Tebing Sumbing

Tebing Sumbing di sisi jalan
Wisatawan melintasi jalan yang melewati area Tebing Sumbing, salah satu puncak tertinggi – Foto: Google Maps/Syamsul Arifin

Tebing Sumbing atau Puncak Sumbing adalah satu di antara tiga titik tertinggi Gunung Kelud. Tebing ini tampak seperti gigi taring dengan ujung yang lancip. Di sisi lain, bagian tebing berbentuk tumpul dan membundar.

Tebing ini terdiri dari susunan bebatuan besar. Meski tampak kokoh, namun bebatuan ini sesungguhnya sangat rapuh dan mudah lepas. Karenanya, wisatawan tidak diperbolehkan berada terlalu dekat dengan lokasi tebing.

Baca: KAMPUNG COKLAT Blitar Tiket & Aktivitas

Jalan Misteri

Mysterious Road Gunung Kelud
Lintasan jalan yang tampak menanjak, namun sebetulnya hanya merupakan ilusi mata – Foto: Google Maps/Syamsul Arifin

Jalan Misteri adalah bagian kecil dari jalan menuju Gunung Kelud. Jalan ini termasuk dalam kawasan wisata yang aksesnya melalui Kediri. Sehingga, wisatawan yang akan menuju kantong parkir pasti akan melewatinya.

Disebut Jalan Misteri karena terdapat keanehan. Jalan ini terlihat seperti jalan yang menanjak. Namun, ada keunikan jika wisatawan meletakkan benda yang bisa menggelinding di permukaan jalannya. Benda tersebut akan menggelinding dan bergerak maju seperti tertarik oleh kekuatan tak terlihat.

Sebenarnya, jalan ini merupakan jalan miring yang menimbulkan ilusi mata. Wisatawan yang membawa kendaraan direkomendasikan untuk mematikan mesin di sini. Akan terlihat kendaraan seolah bergerak naik dengan sendirinya. Sebuah pengalaman menarik yang tidak bisa selalu didapatkan, bukan?

Baca: PANTAI SERANG Blitar: Tiket & Pesona Pantai

Taman Agro Margomulyo

bunga mathari Taman Kilisuci di Taman Agro Margomulyo
Menikmati keindahan kawasan lereng gunung ditemani bunga-bunga cantik di Taman Agro Margomulyo – Foto: Google Maps/afit nesia

Jika menuju ke kawasan puncak Gunung Kelud melalui Kediri, wisatawan akan melewati objek wisata ini. Taman Agro Margomulyo adalah tempat rekreasi keluarga berupa taman bunga. Tidak hanya itu, taman juga memiliki arena bermain anak dan area berfoto.

Taman ini berpagar indahnya pemandangan alam kawasan Gunung Kelud. Udaranya segar dan nyaman sebagai lokasi piknik singkat. Daya tarik utamanya yaitu sajian aneka bunga yang menarik sebagai spot berfoto. Koleksi bunga di taman ini di antaranya bunga matahari, krisan, hingga mawar.

Di sisi lain taman, terdapat area yang bernama Taman Lembu Suro. Area ini ditandai dengan patung manusia berkepala kerbau. Taman Lembu Suro berisi wahana permainan sederhana untuk anak-anak seperti ayunan dan seluncuran. Ada juga spot selfie dengan instalasi kreatif berlatar panorama pegunungan.

Fasilitas Gunung Kelud

Untuk pendakian, tersedia basecamp dengan fasilitas lengkap. Basecamp ini memiliki pos informasi, area berkemah, area parkir, toilet serta musala. Selanjutnya terdapat warung dan penyewaan alat hiking atau camping. Sementara fasilitas yang tersedia di Taman Agro Margomulyo antara lain area parkir, toilet, musala, dan kantin.

Lokasi Gunung Kelud

Lokasi Gunung Kelud berada di tiga kabupaten, yaitu Blitar, Kediri, dan Malang. Basecamp pendakian paling populer terletak di Tulungrejo dan Karangrejo yang berada di Kabupaten Blitar. Sementara Taman Agro Margomulyo berada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Cukup ikuti jalan lurus dari taman ini untuk bisa sampai ke kawasan wisata di lereng Gunung Kelud.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini