Wisata dengan tema khusus memang agak sulit ditemui terutama terkait perbintangan dan luar angkasa. Untuk di Jakarta sendiri pengunjung bisa datang ke Planetarium Jakarta yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki.

Planetarium Jakarta merupakan wahana simulasi perbintangan dan benda-benda langit. Pendiriannya sendiri digagas langsung oleh Presiden Soekarno. Didukung oleh para pakar keastronomian Institut Teknologi Bandung, Planetarium ini mulai dibangun tahun 1964 dan diresmikan pada tahun 1968.

Harga Tiket Masuk Planetarium Jakarta

Pengunjung yang datang dan ingin melihat berbagai bintang dan atraksi di tempat ini akan dikenakan biaya tiket. Namun tenang saja harga tiket masuk Planetarium Jakarta bisa dikatakan cukup murah.

Harga Tiket Planetarium Jakarta
Siswa/MahasiwsaNon Siswa
Tiket Teater Bintang RombonganRp5.000Rp12.000
Anak s.d SDSMP s.d Dewasa
Tiket TeaterRp7.000Rp12.000

Untuk tiket rombongan berlaku jika rombongan mencapai 100 orang.

Baca: SKYWORLD TMII Tiket & Atraksi Antariksa

Jam Buka

Pengunjung yang akan ke planetarium bisa datang mulai pagi hari. Planetarium Jakarta tidak dibuka setiap hari kecuali hari Senin.

Jam Buka Planetarium Jakarta
Selasa – Minggu08.00 – 15.00 WIB

Jadwal pertunjukan dibagi dalam 3 sesi setiap hari. Jadwal pertunjukan bisa mengalami perubahan bergantung pada kuota.

Jadwal Pertunjukkan Planetarium Jakarta
Pertunjukan 1Pertunjukan 2Pertunjukan 3
Rombongan (Selasa – Jumat)09.3013.30
Perorangan (Sabtu, Minggu, Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama)09.0012.0015.00

Durasi pertunjukan teater bintang kurang lebih 50 – 60 menit per sesi.

Daya Tarik & Atraksi Planetarium Jakarta

Interior Ruangan Planetarium Jakarta
Planetarium Jakarta menawarkan wisata luar angkasa yang unik serta menambah wawasan pengunjung. foto:  AR Sugeng Riyadi

Berbagai atraksi dihadirkan Planetarium Jakarta untuk memberi pengetahuan seputar perbintangan dan benda-benda langit. Ditampilkan dengan atraktif, menjadikan informasi keilmuan yang diberikan tidak akan membosankan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Teater Bintang

Wahana Teater Bintang ini menjadi yang paling diminati pengunjung. Di ruang yang luas dengan kursi layaknya teater bioskop tersebut akan menjadi lokasi pertunjukan. Langit-langit berupa bagian dalam kubah besar bangunan Planetarium, digunakan sebagai layar sehingga benar-benar seperti pemandangan langit.

Di layar tersebut akan ditampilkan pemandangan langit malam dengan segala kondisi dan situasi. Pembentukan Tata Surya, Gerhana Matahari dan Bulan, Riwayat Hidup Bintang, serta Situasi tata surya dan segala isinya seperti galaksi, matahari, planet, dan bulan disuguhkan dengan sangat apik selama sekitar 50-60 menit pertunjukan.

pertunjukan teater bintang
Ruang audio visual yang digunakan menampilkan pertunjukan teater bintang

Tapi perlu diingat, jika datang individu/bukan kelompok besar, maka untuk menikmati Teater Bintang ini hanya bisa dilakukan pada akhir pekan saja dengan dua kali jadwal yaitu jam 10 pagi dan 2 siang. Sedangkan untuk hari-hari biasa (selasa-jumat) pemutaran teater hanya dilakukan untuk kunjungan kelompok besar.

Baca: JAKARTA AQUARIUM Tiket & 9 Atraksi Seru

3. Teleskop Observatorium

Jika membicarakan langit dan bintang, maka erat kaitannya pula dengan Teleskop. Di Planetarium Jakarta terdapat beberapa jenis Teleskop. Ada Teleskop ASKO yaitu teleskop Reflektor yang menggunakan cermin dengan diameter 31 cm. Teleskop inilah yang biasa digunakan untuk penelitian termasuk penentuan hari raya idul fitri.

kegiatan meneropong benda angkasa
teropong bintang yang digunakan untuk melihat benda-benda langit dengan jarak lebih dekat.

Ada juga Teleskop Takahashi yang merupakan teleskop jenis reflektor Newtonian dengan diameter 16 cm. Di sisi lain, ada Teleskop Coude yang merupakan teleskop jenis reflektor dengan diamater 15 cm dan menggunakan lensa. Selain 3 jenis teleskop itu, masih ada sekitar 10 teleskop lain berupa teleskop portabel yang bisa dibongkar pasang. Teleskop jenis ini paling sering dipakai karena mudah dibawa dan dipindahkan sesuai lokasi pengamatan yang diinginkan.

Baca: Tiket Masuk SEAWORLD Ancol & 9 Aktivitas Seru

Jika ada fenomena astronomi yang berlangsung, biasanya ruang astronomi ini bisa dibuka untuk umum sehingga pengunjung bisa turut melihat fenomena alam tersebut langsung menggunakan teleskop. Tapi ada juga agenda peneropongan rutin yang biasanya diadakan pada bulan-bulan tertentu. Jadwalnya sendiri bisa dilihat di lokasi. Peneropongan ini dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

3. Ruang Pameran

ruang pameran planetarium jakarta
Ruang pameran yang berisikan miniatur dan informasi terkait wawasan tentang luar angkasa. foto: Rani Syafrila

Kunjungi juga ruang pameran yang akan memamerkan aneka peralatan observasi astronomi, gambar benda-benda langit dengan informasi lengkapnya, pakaian astronot, hingga koleksi pecahan batu meteor.

Fasilitas Pendukung

Sebagai sebuah tempat wisata umum, fasilitas yang disediakan juga terbilang memadai. Area parkirnya cukup luas termasuk untuk bus bagi kunjungan rombongan. Toilet juga tersedia dengan kondisi bersih.

Selain itu, untuk memberi kenyamanan pengunjung terutama ketika harus menunggu pemutaran theater, terdapat ruang tunggu yang dilengkapi dengan layar yang memutar film berkaitan dengan astronomi. Semua area ruang juga berAC sehingga tetap nyaman walaupun tengah ramai kunjungan.

Baca: Dufan Ancol Tiket & 12 Wahana Top

Lokasi Platerium Jakarta

Planetarium berada di Taman Ismail Mazuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330. Informasi dan kontak lebih lanjut silahkan menghubungi (021) 2305146.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.