Beranda Tiket Wisata

GUNUNG ARJUNO Tiket, Rute & Aktivitas - November 2020

Gunung Arjuno
Harga Tiket: Rp11.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Pecalukan Barat, Pecalukan,Prigen,Pasuruan,Jawa Timur,Indonesia,Jawa Timur.

Gunung Arjuno merupakan obyek wisata pegunungan yang berada di perbatasan Batu – Malang. Obyek wisata alam ini memiliki ketinggian sekitar 3.339 meter di atas permukaan laut. Sehingga, gunung ini termasuk dalam jajaran gunung tertinggi di Pulau Jawa urutan ke-4. Tak heran jika gunung ini banyak diburu sebagai jalur pendakian.

Pesona pemandangan alam pegunungan merupakan sajian utama . Tak ketinggalan pula hamparan pepohonan lebat yang mengelilingi gunung ini. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan beberapa air terjun dan sungai dari ketinggian. Pemandangan indah ini sangat menyejukkan mata berpadu dengan udara segar di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Gunung Arjuno

Pihak pengelola obyek wisata ini tidak memungut harga tiket masuk yang nominalnya besar. Sehingga melakukan aktivitas di gunung ini pun terasa lebih mengasyikkan dengan biaya yang hemat.

Harga Tiket Masuk
WNIRp11.000
WNARp201.000

Baca: 11 Tempat Wisata Pilihan Di Pasuruan

Jam Buka

Pihak pengelola Gunung Arjuno tidak mematok jadwal buka atau tutup pada jam-jam tertentu. Sehingga, pengunjung bisa lebih leluasa beraktivitas di obyek wisata alam ini kapan saja.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Ragam Aktivitas Wisata Gunung Arjuno

Obyek wisata pegunungan ini cocok untuk berbagai macam aktivitas petualangan. Pengunjung bisa melakukan pendakian dengan beberapa jalur. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya.

Pendakian & Jalur

Para pendaki di puncak gunung arjuno
Pengunjung bisa melakukan pendakian hingga ke puncak Gunung Arjuno.
Foto: Google Maps/Loekman Hakeem

Gunung Arjuno terkenal sebagai wisata mendaki oleh para pecinta wisata alam dari berbagai penjuru daerah. Pengunjung bisa melakukan pendakian dengan memilih satu di antara empat jalur. Jalur pendakian yang pertama adalah Tretes. Jalur Tretes memiliki medan yang lumayan landai. Jalur ini bisa ditempuh dalam kurun waktu 7 hingga 8 jam.

Selanjutnya ada jalur Lawang yang menyajikan panorama alam memukau. Namun pengunjung membutuhkan waktu yang lama jika melewati jalur ini. Jalur lain yang bisa dilewati yaitu jalur Purwosari. Jalur ini diperuntukkan bagi para pendaki profesional. Jalur Purwosari memiliki medan yang sangat menantang dan cukup terjal.

Baca: TAMAN SAFARI PRIGEN Tiket & 10 Wahana Seru

Jalur yang menawarkan pemandangan terindah adalah jalur Batu. Pengunjung membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk melewati jalur ini. Sebelum mendaki, pengunjung harus menyiapkan kondisi fisik yang fit. Tak ketinggalan pula, perlengkapan dan peralatan harus disiapkan selengkap mungkin.

Keindahan Bentang Alam Gunung Arjuno

Area perbukitan hijau gunung arjuno
Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan indah di sekeliling Gunung Arjuno.
Foto: Google Maps/
Fajar Emosijiwaku

Selain mendaki, pengunjung bisa melakukan aktivitas santai di gunung yang satu ini. Duduk dan bersantai sambil menikmati panorama sekitar yang menawan dari atas ketinggian bisa menjadi pilihan. Obyek wisata alam ini memiliki beragam spot pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Spot pertama yang patut untuk disaksikan dari ketinggian adalah mata air Sungai Brantas. Mata air Sungai Brantas memanjang di lereng gunung ini. Sungai yang satu ini merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa. Sungai Brantas melintasi beberapa kota di Jawa Timur seperti Sidoarjo, Malang, hingga Blitar.

Baca: KEBUN PAK BUDI Pasuruan Tiket & Aktivitas

Selanjutnya ada spot yang tak kalah menyejukkan mata yaitu air terjun Kakek Bodo. Air terjun ini bisa dinikmati pengunjung yang mendaki lewat jalur Tretes. Jika pengunjung lewat jalur Lawang, maka bisa menikmati hamparan kebun teh yang asri. Tak hanya itu, pengunjung juga akan disuguhi lebatnya pepohonan di Alas Lali Jiwo.

Kegiatan Berkemah

berkemah di gunung arjuno
Pengunjung bisa melakukan camping di kawasan Gunung Arjuno.
Foto: Google Maps/Mega Nurmasari

Tak hanya aktivitas petualangan yang bisa dilakukan di obyek wisata alam ini. Pengunjung juga bisa berwisata santai, salah satunya berkemah. Pengunjung bisa mendirikan tenda sambil menikmati eloknya panorama sekitar. 

Mengenal Flora & Fauna

Gunung Arjuno berada di dalam daerah konservasi Arjuno Lalijiwo. Pengunjung bisa berwisata di hutan yang dipenuhi pohon-pohon menjulang tinggi ini. Ada berbagai macam tumbuhan yang terdapat di hutan ini. Pengunjung dapat menjumpai pohon cemara, pinus, triwulan, wadang, dan lain sebagainya.

Baca: PINTU LANGIT Tiket & Wahana Seru

Selain flora, pengunjung juga bisa mengenal fauna yang terdapat di dalam hutan ini. Sejumlah fauna khas Jawa bisa ditemukan di hutan ini. Pengunjung bisa menemui kijang, elang Jawa, babi hutan, dan lain sebagainya. Namun, pengunjung harus berhati-hati dan tidak terlalu dekat dengan fauna-fauna tersebut.

Anak-anak perlu dikenalkan dengan flora dan fauna yang ada di obyek wisata ini. Dengan demikian, pengetahuan anak-anak akan bertambah. Selain itu, rasa kepedulian anak-anak terhadap alam akan meningkat

Fasilitas

Pihak pengelola obyek wisata pegunungan ini menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas yang dimaksud antara lain tempat parkir, toilet umum, hingga pos istirahat. Sehingga pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang ada sesuai keperluan. Pengunjung akan merasa lebih nyaman dengan fasilitas yang tersedia.

Baca: AGROWISATA BHAKTI ALAM Pasuruan Tiket & Wahana

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Arjuno

Gunung Arjuno berlokasi di perbatasan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Ketiga daerah ini termasuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Rute yang dilalui tidak sulit untuk menuju lokasi karena jalannya sudah bagus. Selain itu, pemandangan di sisi kanan dan kiri jalan juga memanjakan mata.

Pengunjung bisa menuju obyek wisata ini dari Surabaya dengan menggunakan bus jurusan Malang. Selanjutnya, pengunjung harus turun di Terminal Pandaan dan naik angkot jurusan Tretes. Setelah itu, tinggal mengikuti papan petunjuk arah untuk sampai di gunung ini.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini