Beranda Tiket Wisata

Kawah Wurung Bondowoso Tiket & Aktivitas - Mei 2020

Kawah Wurung Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Margahayu, Kalianyar,Sempol,Bondowoso,Jawa Timur,Indonesia,68288.

Kawah Wurung terkenal akan perbukitannya yang diselimuti padang rumput hijau. Seperti namanya, kawasan ini sesungguhnya memang adalah area kawah. Namun tidak mengeluarkan isi perut bumi selayaknya kawah-kawah lainnya.

Objek wisata ini dikelilingi bukit-bukit yang lebih tinggi di sekitarnya.membuat kawasan ini terlihat seperti perbukitan daripada kawah. Lokasinya terletak tidak terlalu jauh dari Kawah Ijen, tepatnya hanya berjarak sekitar 10 km. Lokasinya bisa ditempuh melalui pusat kota Bondowoso maupun Banyuwangi.

Harga Tiket Masuk Kawah Wurung

Tiket masuk Kawah Wurung Bondowoso termasuk murah. Pengunjung hanya dikenai biaya tiga ribu rupiah per orangnya. Jangan lupa dengan biaya tambahan untuk parkir jika membawa kendaraan pribadi ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Kawah Wurung
Tiket masukRp5.000
Biaya parkir kendaraanRp5.000

Baca: KAWAH IJEN Tiket & 6 Pilihan Aktivitas Wisata

Jam Buka

Area wisata kawah dibuka dari pagi hingga sore hari. Yang perlu diperhatikan adalah perkiraan cuaca ketika akan menuju tempat ini. Ketika hujan deras, sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan. Karena rute yang dilalui cukup sulit. Selain itu, sebaiknya wisatawan tidak berkunjung terlalu malam, mengingat jalan menuju tempat ini yang masih cukup terpencil dan melewati area pegunungan.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 16.00

Aktivitas Wisata Kawah Wurung

hewan ternak di sekitar padang rumput kawah wurung
Hewan Ternak Mencari Makan di Hijaunya Padang Rumput Kawah Wurung. Foto: Google Maps / 13 Entertainment

Kawah Wurung memiliki luas 1000 hektar, namun kawasan intinya hanya sekitar 100 hektar. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati suasana lapangnya padang Savannah yang menyejukkan mata. Terkadang pengunjung juga bisa melihat kijang atau sapi bermain di sekitar kawah. Tak jarang penduduk sekitar juga membawa binatang ternaknya untuk mencari rumput di kawah ini.

Berburu Foto dengan Latar Belakang Unik

gardu pandang yang cukup tinggi untuk melihat keseluruhan area kawah
Gardu pandang yang cukup tinggi untuk melihat keseluruhan area kawah. Foto: Google Maps / Taufik Maulana

Bisa dikatakan, mengambil gambar Kawah Wuurng merupakan tujuan utama setiap pengunjung yang menyambangi kawasan ini. Tidak sulit menemukan spot foto menarik, bahkan di setiap jengkalnya bisa diabadikan dengan baik.

Pengunjung pastinya tidak mau melewatkan berfoto dengan latar belakang perbukitan yang berwana hijau. Belakangan, Kawah Wurung juga banyak digunakan sebagai spot foto prewedding.

Spot foto lain yang bisa pengunjung bidik adalah foto dengan satu pohon besar yang berdiri sendirian diantara padang rumput. Di dalam Kawasan ini juga ada sebuah gazebo yang mirip seperti menara yang cukup tinggi. Di atas sini, pengunjung bisa berfoto sambil menikmati suasana dari ketinggian.

Pemandangan Berbeda di Tiap Musimnya

pemandangan padang rumput dengan area perbukitan
Rerumputan Kawah Wurung yang Menguning di Musim Kemarau. Foto: Google Maps / andrian pratama

Uniknya, pemandangan di sini sangat dipengaruhi oleh curah huja yang membasahi area ini. Di musim hujan, rerumputan tumbuh dengan lebih subur sehingga warna yang mendominasi adalah warna hijau.

Sedangkan di musim kemarau, pasokan air ke kawah ini berkurang sehingga tanaman-tanaman menjadi lebih layu. Oleh karena itu, pada musim kemarau, Kawah Wurung terlihat seperti permadani berwarna kekuningan.

Dari Bersepeda sampai Berkemah

wisatawan mendirikan tenda dan berkemah di sekitar kawah wurung
wisatawan mendirikan tenda dan berkemah di sekitar kawah wurung. Foto: Google Maps / Diana Rizki Latifah

Banyak pula wisatawan yang menikmati Kawah Wurung dengan cara bersepeda, menikmati tanjakan, turunan dan kelokan perbukitan yang menantang. Jika tak membawa sepeda, pastikan untuk tetap menyusuri tempat ini dengan berjalan kaki di jalan setapak yang disediakan. Apapun kegiatannya, menikmati suasana sejuk pegunungan di atas 1500 mdpl yang syahdu ini tak boleh terlewatkan.

Pilihan lainnya adalah pengunjung bisa membuka tikar maupun tempat duduk lipat sembari menikmati perbekalan yang dibawa. Pengunjung juga bisa berkemah disini, namun perlu mendapat izin dari petugas. Perlu diingat bahwasanya di area ini tidak ada sumber air bersih. Sehingga pengunjung harus membawa bekal air minum dalam jumlah cukup.

Tidak Hanya Spot Foto Ladang Rumput

Berfoto di Kawah Wurung. Foto: instagram / surya_kavy
Berfoto di Kawah Wurung. Foto: instagram / surya_kavy

Tak hanya sebatas perbukitan hijau, ada beberapa area menarik lain yang bisa dijelajahi pengunjung ketika berkunjung kemari. Salah satunya adalah Tanjakan Cinta. Tanjakan ini merupakan tanjakan sejauh 100 meter yang harus pengunjung tempuh sebelum mencapai puncak bukit yang melingkupi kawah.

Begitu tiba di atas puncak, maka pengunjung akan melihat bukit-bukit yang mengitari kawah, atau disebut dengan Bukit Cincin. Selama perjalanan menuju kawah pun, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan hutan pinus, perkebunan kebun kopi dan taman bunga yang menarik.

Fasilitas

Di area wisata telah memiliki fasilitas toilet dan musholla. Jangan takut kelaparan di tempat ini karena penduduk sekitar juga telah mendirikan beberapa warung sederhana. Ada baiknya pengunjung juga membawa paying atau jas hujan mengingat kawah ini adalah area terbuka, sehingga jumlah tempat untuk berteduh tidaklah banyak.

Rute & Lokasi Kawah Wurung

Akses menuju Kawah Wurung terbilang mudah, hanya saja harus melewati kawasan hutan dan pegunungan yang berkelok . Jika berkunjung dengan kendaraan pribadi, harus dipastikan agar kendaraan sedang dalam kondisi prima. Karena begitu masuk Kawasan sempolan, jalan yang ditempuh cukup menantang.

Jika melaju dari Bondowoso, arahkan kendaraan menuju daerah Wonosari. Kemudian pengunjung akan menemukan pertigaan dengan percabangan ke arah Situbondo dan Kawah Ijen. Ambil ke arah Kawah Ijen. Sebelum sampai ke Kawah Ijen, belokkan kendaraan ke daerah Sempol menuju Desa Jampit. Lanjutkan perjalanan ke lokasi kawah dengan berjalan kaki.

Kawah Wurung terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Perjalanan dari Kota Bondowoso bisa ditempuh selama dua sampai tiga jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini