JALETRENG RIVERPARK Tiket, Aktivitas & Lokasi Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Jaletreng Riverpark: Rp3.000 - Rp30.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Setapak, Setu, Setu, Tangerang Selatan, Banten , Indonesia, 15314

Jaletreng Riverpark merupakan taman rekreasi yang bisa memberikan keseruan untuk pengunjung. Objek wisata ini terkenal karena pemandangan tepian sungainya yang mirip seperti di Korea Selatan. Tidak heran kalau tempat ini digandrungi oleh anak muda. Di sini tersedia area olahraga, kuliner kaki lima, arena skateboard, dan aneka permainan seru.

Taman yang berada di kawasan hutan kota 2 BSD ini cocok untuk tempat bersantai. Pemandangan pepohonan memberi warna hijau yang menyejukkan mata. Selain pemandangan yang cantik, taman ini juga memiliki jalur pedestrian yang nyaman. Sehingga pengunjung akan mudah berkeliling taman untuk joging.

Harga Tiket Masuk Jaletreng Riverpark

Tempat ini bebas diakses oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa perlu membayar tiket masuk. Dengan kata lain, objek wisata ini gratis untuk semua orang.

Namun pengunjung perlu membayar karcis parkir apabila membawa kendaraan pribadi. Rp 3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Di samping itu, wisatawan harus menyiapkan budget jika ingin menaiki wahana berbayar seharga Rp15.000 – Rp30.000.

Baca: Taman Kota 2 BSD Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik

Jam Buka Jaletreng Riverpark

Jaletreng Riverpark tidak menerapkan jam operasional. Tempat wisata ini terbuka selama 24 jam penuh untuk pengunjung. Taman ini lebih bagus dikunjungi ketika pagi hari untuk joging karena udaranya segar. Pengunjung juga bisa ke sini saat sore hari untuk joging dan bermain wahana.

Beragam Aktivitas di Jaletreng Riverpark

Pesona Jaletreng Riverpark sungguh menawan dengan pemandangan hijau dan gemercik sungai. Taman ini memiliki lokasi yang strategis di tengah kota sehingga ramai pengunjungnya. Wisata ke taman ini adalah opsi yang murah meriah untuk sekeluarga. Terlebih fasilitasnya lengkap dan banyak sarana hiburan untuk mengisi waktu liburan.

Sungai Jaletreng

Areal Sungai Jaletreng semakin keren setelah direvitalisasi
Areal Sungai Jaletreng semakin keren setelah direvitalisasi. Foto: google maps/Aris Munandar (arisfunky)

Sungai yang mengaliri sepanjang tempat wisata ini adalah anak dari sungai Cisadane. Warga sekitar sering menyebut anak sungai ini dengan nama Sugai Jaletreng. Semenjak peresmiannya di tahun 2021, sepanjang Sungai Jaletreng mulai dibuatkan infrastruktur bergaya modern. Hingga banyak yang mengakui bahwa kini penampilan Jaletreng mirip seperti Sungai Cheonggyecheon di Seoul.

Di sepanjang tepian sungai sudah memiliki pagar pembatas yang aman. Selain itu sudah dibuatkan jalur pedestrian di sepanjang aliran sungainya. Jalur tersebut memanjang sekitar 200 meter dan tampilannya sangat Instagramable. Pengunjung juga dapat menemukan jembatan penghubung yang desainnya estetik.

Baca: BSD Xtreme Park Harga Tiket Masuk dan Wahana

Lukisan Mural Sepanjang Tembok

Salah satu lukisan mural bertema Ondel-Ondel Betawi di Jaletreng Riverpark
Salah satu lukisan mural bertema Ondel-Ondel Betawi di Jaletreng Riverpark. Foto: google maps/Aty Yoesna

Jalur pedestrian di objek wisata ini sangat menarik dan berbeda dari yang lain. Hal itu karena adanya lukisan mural hasil karya tangan-tangan terampil di sepanjang temboknya. Pengunjung akan berdecap kagum dengan lukisan-lukisan cantik tersebut. Muralnya dominan bertema kebudayaan Betawi seperti ondel-ondel dan tarian Betawi.

Taman Bermain

Taman bermain khusus anak-anak di Jaletreng Riverpark
Taman bermain khusus anak-anak di Jaletreng Riverpark. Foto: google maps/M Mirza Mushoffa

Khusus anak-anak dapat mencoba aneka permainan di kawasan Jaletreng Riverpark. Terdapat aneka permainan berbayar yang lumayan seru. Ada permainan berbayar seperti istana balon, merangkai lego, mewarnai, dan lain-lain. Namun ada juga permainan anak yang gratis yaitu perosotan dan ayunan.

Baca: TAMAN KOTA BSD Tiket Gratis Suasana Teduh Nyaman

Wahana di Jaletreng Riverpark

Pengunjung sedang menaiki wahana kuda tunggang di tempat wisata Jaletreng Riverpark
Pengunjung sedang menaiki wahana kuda tunggang di tempat wisata Jaletreng Riverpark. Foto: google maps/DANANG SURYA WIJAYA

Tempat wisata ini sangat seru bila dikunjungi bersama dengan keluarga, terutama anak-anak. Karena di sini ada cukup banyak wahana yang dapat pengunjung sewa. Wahana tersebut antara lain ATV, kuda tunggang, sepeda, mobil-mobilan, dan motor-motoran mini. Anak-anak pasti akan betah bermain di tempat ini.

Dari segi harga, penyewaan wahana-wahana tersebut terbilang terjangkau. Wisatawan bisa berkeliling taman dengan mengendarai wahana yang disukai. Di samping itu, ada juga wahana air seperti perahu kayuh berbentuk bebek dan sebagainya. Sehingga wisatawan bisa turun langsung untuk lebih dekat menyusuri sungainya.

Amfiteater

Keunikan dari taman kota ini ialah adanya amphitheater atau gelanggang terbuka untuk mengadakan pertunjukkan. Maka dengan adanya prasarana tersebut akan bisa mewadahi aktivitas atau pentas kesenian.

Amfiteater di Jaletreng Riverpark bisa menampung sekitar 1000 orang penonton. Tempat duduk penonton dibuat melingkar dan berundak, sedangkan panggung pertunjukkan berada di bawah.

Baca: Ocean Park BSD Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Wahana

Areal Olahraga

Pasca adanya revitalisasi, Jaletreng Riverpark kini semakin memiliki daya tarik yang kuat. Apalagi sekarang sudah ada perlengkapan fitness outdor. Alat-alat yang tersedia antara lain angkat beban, treadmill, dan sepeda statis. Selain itu, ada lapangan luas untuk memfasilitasi permainan olahraga gate ball.

Skate Park

Pengunjung yang hobi bermain skate board bisa menjadikan lokasi ini sebagai arena bermain. Arena skate park menyediakan obstacle yang cukup menantang. Sehingga cocok bagi pemain pemula maupun pemain profesional.

Food Court

Sisi kiri sungai merupakan taman yang menjadi tempat para pedagang berkumpul. Tersedia banyak gerai makanan dan minuman dengan harga yang bersahabat. Menu yang tersedia antara lain soto, nasi pecel, ketoprak, ketupat sayur, dan lainnya. Ada juga yang menjual camilan seperti pentol, seblak, sosis bakar, dan telur gulung.

Fasilitas

Fasilitas di tempat wisata ini sangatlah lengkap. Sudah tersedia fasilitas tempat parkir kendaraan, toilet, serta musala. Tersedia juga banyak tempat duduk, tong sampah, dan akses yang nyaman untuk pengunjung disabilitas.

Lokasi Jaletreng Riverpark

Taman tepi sungai ini berada satu lokasi dengan kawasan Taman Kota 2 BSD. Tepatnya di Jl. Setapak, Setu, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314. Dari Kota Tangerang ke Jaletreng Riverpark berjarak 25,8 km. Bila menempuhnya dengan berkendara akan menghabiskan waktu sekitar 39 menit.

Ulasan Pembaca

4.5 - 21 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *