Beranda Tiket Wisata

TAMAN KOTA 2 BSD Tiket & Daya Tarik September 2021

Taman Kota 2 BSDHarga Tiket: GratisJam Buka: 06.00 - 18.00No Telp: -Alamat: Jl. Letnan Sutopo, Ciater, Serpong , Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15326

Pernah mendengar sungai bernama Cheonggyecheon? Sungai itu merupakan salah satu destinasi wisata populer di Seoul, Korea Selatan. Ciri khasnya adalah bantaran sungai yang disulap menjadi pedestrian dengan desain yang modern. Ternyata, pemandangan serupa juga bisa ditemui di Taman Kota 2 BSD, lho!

Taman di kawasan Serpong, Tangerang Selatan ini baru saja selesai revitalisasinya pada awal tahun 2021. Area bantaran sungainya yang terkenal sebagai Jaletreng Riverpark kini tampil lebih modern dan kekinian. Selain spot hits tersebut, berbagai fasilitas lainnya turut melengkapi taman ini. 

Tiket Masuk Taman Kota 2 BSD

Seperti halnya Taman Kota 1, taman ini juga tidak memberlakukan tiket masuk. Publik bisa menikmatinya tanpa perlu membayar sepeserpun. Siapkan uang lebih untuk membayar tarif parkir bagi yang membawa kendaraan sendiri.

Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk Gratis

Baca: 20+ Tempat Wisata Terbaik di Tangerang

Jam Buka Taman Kota 2 BSD

Taman ini dapat buka setiap hari. Dengan jam buka yang sama dengan Taman Kota 1. Pengunjung biasanya meramaikan taman di pagi dan sore hari, terutama pada hari libur.

Jam Operasional
Setiap Hari 06.00 – 18.00 WIB

Nongkrong Asyik di Taman Kota 2 BSD

Jaltreng Park dilihat dari jembatan
Wajah baru Jaletreng River Park yang sekilas mengingatkan pada salah satu objek wisata sungai di Kota Seoul, Korea Selatan – Foto: Google Maps/Heri Sopandi

Taman Kota 2 BSD tidak lain merupakan ‘saudara’ dari dari Taman Kota 1. Jarak keduanya pun tidak terlalu berjauhan. Namun, taman ini memang jauh lebih luas dibandingkan pendahulunya.

Areanya menutupi lahan seluas 7,2 hektare serta memiliki danau buatan. Sejak tahun 2011, taman ini berubah statusnya menjadi hutan kota. Hal ini karena sebagian besar areanya tertutupi pepohonan. Selain sebagai tempat resapan air, pepohonan rindang ini juga menyuguhkan suasana sejuk dan teduh. 

Di sisi lain, taman ini juga memiliki area pinggiran sungai bernama Jaletreng River Park. Baru-baru ini area tersebut mengalami renovasi besar-besaran. Sebelumnya bantaran sungai ini tampil polos dengan Dam sederhana dari beton dan tanah. Namun kini penampilannya jadi lebih segar dengan fasilitas promenade nan cantik.

Jaletreng River Park

Promenade Jaletreng Riverpark
Promenade dengan teras-teras yang diisi bangku taman mendapatkan pemandangan langsung ke sungai – Foto: Google Maps/BhanuMalya

Setelah mengalami renovasi, Jaletreng River Park jadi bagian dari taman yang menyedot banyak perhatian. Selain karena kenyamanannya, pengunjung dapat melihat hasil permainan desain ruang publik yang menarik.

Di sepanjang sungai sejauh kurang-lebih 100 meter, terbentang promenade yang menarik.  Pengunjung dapat turun ke jalur ini dengan menuruni beberapa anak tangga. Tersedia jalur ramah disabilitas untuk pengguna berkursi roda. Tidak hanya itu, jalur ini juga memudahkan pengunjung yang menggunakan sepeda, skateboard, atau sepatu roda.

Pengunjung melewati area mural
Dinding yang dihiasi mural bergaya urban jadi ornamen dekorasi di sekitar sungai – Foto: Google Maps/Gemblong Ramadhan

Area promenade ini terdapat pagar pembatas yang kokoh. Permukaan jalannya dicat dengan motif menarik. Tak hanya itu, dindingnya pun berhiaskan berbagai lukisan mural. Spot yang cocok untuk menjadi lokasi berfoto dengan suasana baru.

Pengunjung juga bisa menikmati kawasan sungai dengan sekadar duduk-duduk santai. Sejajar dengan jalan, terdapat teras-teras yang dilengkapi bangku taman. Teras-teras berpagar ini menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung.

Baca: Museum Benteng Heritage Wisata Budaya Tionghoa

Area Danau

Taman vertikal di tribun
Taman yang tertata unik dengan mengisi ruang di antara bangku-bangku tribun memberikan suasana tersendiri bagi pengunjung – Foto: Google Maps/Ishak A Wahyudi

Area di sekitar danau buatan merupakan spot favorit selanjutnya. Berbagai sarana tersebar di sekeliling danau ini. Di antaranya yaitu gazebo, amfiteater, pendopo, hingga skatepark

Di salah satu sudut, terdapat tribun yang memiliki hiasan tanaman. Taman vertikal ini merupakan salah satu area duduk favorit pengunjung. Selain mendapatkan pemandangan langsung ke danau, suasananya pun sejuk dengan keberadaan tanaman. Tribun ini juga bersebelahan dengan playground sehingga orang tua dapat mengawasi anak-anak dengan nyaman.

Sejumlah gazebo tersebar di berbagai lokasi sekitar danau. Gazebo ini bermanfaat sebagai tempat istirahat untuk sekadar berteduh maupun piknik. Tak jauh dari gerbang masuk, terdapat foodcourt dengan beragam pilihan kios makanan. Baca: TRANS SNOW WORLD Bintaro Tiket & Wahana

Area Hutan

Bermain bola di plasa taman
Plasa taman untuk berbagai kegiatan luar ruangan, mulai dari olahraga hingga pertunjukan seni – Foto: Google Maps/Muhammad Ikhsan

Kawasan hutan memiliki jalur pedestrian yang juga berfungsi sebagai jogging track. Jalur ini melingkar mengelilingi taman hingga memasuki kawasan Jaletreng River Park.

Sepanjang jalurnya terlindung dari panas matahari karena keberadaan barisan pepohonan yang tinggi. Jika ingin berolahraga tanpa takut panas, hutan kota inilah jawabannya. Terdapat sejumlah area terbuka bisa menjadi tempat bersantai.

Tidak jarang pengunjung menggelar piknik atau menggantungkan hammock-nya di sini. Suasana yang sejuk memungkinkan pengunjung melepas penat dan lelah sejenak. Padahal, Taman Kota 2 ini berada di tengah kawasan industri yang ramai, lho. Baca: Serunya Berpiknik Di TAMAN KOTA BSD

Berbagai Aktivitas

Pengunjung menyusuri jalur pedestrian menggunakan ATV
Wahana permainan sewaan banyak terdapat di area dalam taman, salah satunya adalah ATV – Foto: Google Maps/eny rahayu

Selama berada di sini berjalan-jalan di sepanjang sungai Jaletreng River Park adalah kewajiban. Sarana yang nyaman menjamin siapapun betah berlama-lama. Jalurnya enak untuk kegiatan jalan santai, jogging, bersepeda, atau olahraga simpel lainnya.

Habiskan waktu dengan sedikit menggerakkan tubuh bersama keluarga, sahabat, maupun hewan peliharaan di sini.  Jangan khawatir kehabisan ide jika membawa keluarga kemari. Taman Kota 2 adalah taman yang bersifat inklusif karena bisa dinikmati siapa saja.

Anak-anak hingga lansia memiliki banyak pilihan aktivitas di sini. Khusus untuk anak-anak, banyak penyewaan wahana permainan. Ada kereta mini, wahana odong-odong, ATV, hingga kuda tunggang dan delman. Pengunjung juga bisa menaiki sepeda air untuk berkeliling danau. Dengan biaya mulai dari 15 ribu rupiah sudah bisa menikmati beragam permainan yang ada. Baca: TEBING KOJA Kandang Gozila Tiket & Pesona

Fasilitas Taman Kota 2 BSD

Taman ini sudah memiliki fasilitas area parkir yang luas, sehingga leluasa bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Di dalamnya, terdapat toilet umum, kios dan penjaja makanan, serta mushola yang nyaman.

Sarananya terdiri dari pedestrian, jogging track, skatepark, arena bermain anak-anak, bangku taman, hingga pendopo. Ada juga panggung terbuka yang bisa sering menggelar acara-acara tertentu.

Alamat Taman Kota 2 BSD

Taman rekreasi tengah kota ini terletak di kawasan Serpong. Pintu masuknya bisa diakses melalui Pusat Tanaman Hias BSD di Jalan Raya Victor, Setu, Serpong, Tangerang Selatan. Akses masuk area riverpark berada di Jalan Setapak. Taman ini cukup mudah aksesnya baik dengan transportasi umum maupun pribadi.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini