Taman Kota BSD
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 06.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Letnan Sutopo, Ciater,Serpong,Tangerang,Banten,Indonesia,15326.

Taman Kota BSD merupakan salah satu lahan terbuka hijau yang nyaman untuk dikunjungi. Berdiri sejak 2004, taman di tengah kota ini memiliki suasana teduh dan hijau. Di sini, wisatawan dapat menikmati keasrian alam dan rekreasi bersama rekan maupun keluarga.

Kawasan taman kota ini memiliki dua lokasi yang sekaligus berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau. Keduanya menjadi lokasi wisata dan olahraga yang nyaman, sejuk, dan murah. Taman Kota 2 BSD luasnya mencapai 10 hektar, sedangkan Taman Kota 1 sekitar sepertiganya.

Harga Tiket Masuk

Taman ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sama sekali. Pengunjung cukup datang bisa menikmati kesejukan taman ini.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masukGratis

 

Baca: SCIENTIA SQUARE PARK Tiket & Ragam Aktivitas Menarik

Jam Buka

Taman kota ini bisa dikunjungi setiap hari. Mulai dari pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu06.00 – 18.00

Ragam Aktvitas & Wahana Di Taman Kota BSD

area taman kota bsd yang dilewati sungai
Aliran sungai yang melintasi Taman Kota dengan tata letak yang kekinian menjadi area refreshing yang nyaman bagi wisatawan. Foto : Google Maps/loeh tub

Taman Kota BSD menjadi taman publik sebagai tempat alternatif untuk refreshing. Lokasinya membuat taman ini sangat familiar, khusunya kalangan wisatawan lokal.

Taman rekreasi ini juga terus berbenah dan kini tampil dengan wajah baru. Penataan pun dilakukan pada aliran sungai yang melintasi Taman Kota 2. Sejumlah fasilitas juga ditambah dengan tata letak yang kekinian.

Baca: TANDON CIATER Tangsel Tiket & Berbagai Aktivitas Menarik

Merasakan Segarnya Udara Hutan

rimbun dan sejuknya pohon pinus di taman kota BSD
Taman Kota BSD menawarkan lingkungan dengan suasana yang asri. Foto : Instagram/rizka.na

Taman Kota BSD menawarkan lingkungan dengan suasana yang asri. Pepohonan rindang yang terdapat di dalamnya memberikan udara segar dari oksigen yang dihasilkan. Dengan pepohonan lebat dan berukuran cukup besar, wisatawan akan merasa berada di hutan belantara.

Taman Kota ini memiliki banyak kursi-kursi panjang yang dicetak berbentuk batang pohon besar. Selain untuk beristirahat, digunakan juga sebagai tempat duduk yang nyaman menikmati keasrian taman.

Taman kota yang juga merupakan salah satu paru-paru kota karena banyaknya pepohonan yang ada. Taman ini didominasi kawanan pepohonan pinus dan cemara yang berbaris rapi. Tempat ini termasuk dari 30% Ruang Terbuka Hijau yang harus ada di setiap kota.

Piknik

kegiatan piknik di sekitar area taman
Dengan pepohonan rindangnya, Taman Kota BSD dimanfaatkan wisatawan untuk berpiknik bersama. Foto : Instagram/lamrimbunlumbantoruan

Taman ini menjadi tempat yang sangat cocok sebagai tempat untuk bersantai. Rute jalan yang disediakan cukup panjang, sehingga wisatawan bisa melihat keseluruhan suasana Taman Kota. Dengan pepohonan rindangnya, taman ini dimanfaatkan wisatawan untuk duduk-duduk di bawahnya.

Tempat ini cocok untuk wisatawan yang ingin rekreasi bersama rekan, sahabat, dan keluarga. Wisatawan umumnya datang untuk sekadar jalan santai atau piknik bersama. Menikmati suasana teduhnya taman, memberikan efek relaksasi yang menenangkan.

Baca: TELAGA BIRU Cisoka Tiket & Tiket – September 2019

Di Taman Kota BSD juga terdapat gazebo cukup luas dan menyerupai rumah panggung. Gazebo tersebut dapat digunakan untuk berkumpul dengan kapasitas yang cukup banyak. Tempat tersebut menjadi alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama banyak orang.

Bersepeda di Taman Kota BSD

bersepeda di taman kota bsd
Bersepda di taman ini bisa dikatakan menyenangkan, selain jalur sepeda yang sudah ada juga rimbun-nya pepohonan. Foto: Google Maps/Ivan Affandi

Kawasan taman juga cocok untuk berolahraga, terutama saat libur akhir pekan. Baik pagi maupun sore hari, taman ini dipenuhi wisatawan yang jogging maupun olahraga lainnya. Tempat ini juga memiliki jogging track sepanjang satu kilometer dengan pengukur jarak tempuh.

Lintasan dengan paving block yang mengelilingi taman didominasi pohon pinus dan cemara. Sedangkan jalur olahraga sepeda berupa jalan setapak yang kondisinya naik-turun melintasi hutan bambu.

Area taman juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga fitness manual. Alat-alat tersebut tersedia Cuma-Cuma dan dapat digunakan oleh seluruh wisatawan. Bagi yang ingin menghilangkan pegal-pegal, dapat berjalan pada trek refleksi kaki dari bebatuan.

Arena Bermain Anak

wahana mobil-mobilan anak di taman kota bsd
Bagi pengunjung yang membawa anak-ank di sini juga tersedia berbagai wahana permainan anak seperti mobil-mobilan. Foto: Google Maps/echo shinoda

Menjadi pilihan wisata keluarga, Taman Kota telah melengkapi diri dengan adanya arena bermain anak. Permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan seluncuran telah tersedia di sini. Anak-anak juga dapat bermain mobil mini yang disewakan dengan tarif per 15 menit.

Selain itu, wisatawan dapat memilih wahana permainan anak lainnya yang tersedia di kawasan Taman Kota ini. Seperti Becak Mini, Kuda, Pancing Ikan Mainan, dan Odong-odong.

Senam Bersama

senam di taman pada akhir pekan
Setiap pagi pada akhir pekan, sering kali diadakan senam bersama yang dapat diikuti setiap wisatawan. foto : Instagram/yoesdianto

Setiap pagi pada akhir pekan, sering kali diadakan senam bersama di sini. Ada komunitas dan instruktur senam yang mengajak para wisatawan senam bersama di area utama taman. Wisatawan dapat ikut bergabung berolahraga mengikuti rangkaian gerakan instruktur.

Berfoto

berfoto dengan latar berbagai ornamen di taman
Memasuki area Taman Kota BSD, terdapat sebuah jembatan yang menjadi spot foto favorit wisatawan. Foto : Instagram/sania_fatimatuz19

Taman Kota BSD sering dijadikan sebagai spot foto bagi para wisatawan. Sesi foto berlatarkan kehijauan taman asri ini biasa digunakan untuk keperluan dokumentasi. Seperti untuk Buku Tahunan Sekolah dan sesi foto pranikah (prewedding).

Memasuki area taman, terdapat sebuah jembatan yang menjadi spot foto favorit wisatawan. Jembatan besi ini menggantung di atas sungai yang konon bermuara ke Sungai Cisadane. Lebar sungainya cukup luas, dengan sisi kiri dan kanan sungai yang bersih dan tertata rapi.

Baca: Lubana Sengkol Tiket & Ragam Aktivitas Seru

Menonton Pertunjukan

Taman Kota BSD memiliki dua tempat pertunjukan berupa amphiteater dan gedung semi terbuka. Keduanya biasa dijadikan tempat pelaksanaan acara seremonial, senam massal, main skateboard, dan olahraga lainnya.

Amphiteater merupakan sebuah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan pertunjukan seni. Desain tempat duduknya memanjang membentuk tangga yang menurun dengan lahan di depannya sebagai panggung. Dari tempat duduk penonton, wisatawan juga dapat melihat pemandangan sungai, hutan, dan joging track.

Gedung semi terbuka, didominasi dengan warna putih. Tempat duduk didesain membentuk tangga menurun, terbuat dari semen melengkung hingga setengah lingkaran. Dari tempat duduk kita bisa merasakan semilir angin yang berhembus melalui celah-celah dinding.

Wisata Kuliner

Selain berolahraga dan bermain, wisatawan pun dapat menikmati wisata kuliner di sekitar taman. Kantin dan beberapa kios makanan tersedia dalam kawasan terpisah. Dengan harga yang terjangkau, tersedia banyak ragam pilihan makanan.

Fasilitas di Taman Kota BSD

Taman Kota BSD telah menyediakan berbagai fasilitas umum seperti toliet, mushola, dan rumah jaga. Bangunan Musola dibangun menyerupai saung dari beton dengan dinding-dinding yang terbuka. Area parkir pun tersedia pada lahan yang cukup luas.

Untuk menjaga kebersihan, di taman ini terdapat banyak tempat sampah di beberapa titik. Kios penjaja makanan dan minuman pun tersedia cukup banyak di area ini.

Lokasi Taman Kota BSD

Taman rekreasi ini berada di BSD City, Jl. Letnan Sutopo, Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310. Sedangkan Taman Kota 2 BSD, Jl. Letnan Sutopo, Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326.

Tidak sulit menemukan kedua Taman Kota di BSD ini, karena letaknya di tepi jalan utama. Jarak satu sama lain sekitar 7 km atau sekitar 14 menit saja. Untuk mengaksesnya, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi, tranportasi online, atau Bus Trans BSD.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,50 | 4 Pembaca

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini