Beranda Tiket Wisata

Jembatan Kahayan Wisata Ikon Palangkaraya - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Jembatan Kahayan : GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Jalan Kapten Piere Tendean, Palangka, Pahandut, Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia, 74874

Jembatan Kahayan adalah ikon kota Palangkaraya. Jembatan ini memiliki arsitektur yang cantik dengan lengkungan di tengahnya. Tempat ini punya peran penting sebagai penghubung antara Palangkaraya dengan daerah sekitarnya. Jembatan yang membentang di atas Sungai Kahayan sepanjang 640 meter ini terbilang menjadi pusat perekonomian di Kalimantan Tengah. Selain punya peran vital, keindahan dari bangunannya membuat kawasan di sekitar jembatan sering menjadi area wisata yang menarik.

Jembatan Kahayan memang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib ketika berada di Palangkaraya. Di area bawah Jembatan terdapat sebuah taman yang cantik dan selalu ramai. Dari taman ini kemegahan jembatan terlihat begitu mempesona. Apalagi ketika malam, suasana menjadi semakin romantis. Tiang-tiang jembatan yang tersorot lampu warna-warni membuatnya semakin indah dipandang.

Harga Tiket Masuk Jembatan Kahayan

Untuk masuk ke area taman di bawah jembatan tidak ada biaya masuk alias gratis. Wisatawan bisa sepuasnya menikmati keindahan jembatan dan menggunakan fasilitas yang ada. Namun jika ingin pengalaman berbeda wisatawan bisa menyusuri sungai Kahayan dengan perahu. Tiket perahu bersistem rombongan dengan harga sangat terjangkau.

Harga Tiket Wisata Jembatan Kahayan
Tiket MasukGratis
Naik PerahuRp100.000

Baca: KALAWA WATERPARK Tiket & Wahana Seru

Jam Buka Jembatan Kahayan

Untuk berkunjung ke sini bisa datang kapan saja. Hal itu karena tempat ini buka selama 24 jam. Namun waktu terbaik untuk berkunjung adalah ketika sore atau malam hari. Ketika sore pemandangan di sini semakin cantik dengan momen sunset. Sementara ketika malam hari suasana romantis tercipta dengan berbagai warung kuliner.

Jam Buka
Jam Buka24 Jam

Pesona Jembatan Kahayan Palangkaraya

jembatan dengan taman yang indah dibawahnya
Area taman yang cantik di bawah Jembatan Kahayan. Foto: Gmaps/Sering Jalan

Jembatan Kahayan berdiri sejak tahun 2001 dan  diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 13 Januari 2002. Jembatan ini memiliki panjang 640 meter, lebar 9 meter dengan bentang khusus sepanjang 150 meter pada alur pelayaran sungai. Perannya sangat vital karena merupakan jalur penghubunga antara Palangkaraya dengan beberapa daerah di sekitarnya.

Selain itu karena arsitekturnya yang megah dan cantik tak heran jika kawasannya sering menjadi tujuan wisata. Tak hanya berupa jembatan area sekitarnya pun tertata sedemikian rupa sehingga menambah kecantikannya.

Tak jauh dari bangunan jembatan, tepatnya di tepi Sungai Kahayan terdapat Taman Pasuk Kameluh yang sangat cantik. Di sini wisatawan biasa menghabiskan sore dan malam untuk menikmati kemegahan jembatan. Selain itu wisatawan juga bisa menyusuri area Sungai Kahayan dengan perahu. Lampu sorot warna-warni ketika malam hari menciptakan suasana romantis dari tempat ini.

Bersantai Menikmati Jembatan Kahayan

Taman di tepi sungai
Wisatawan bisa menikmati keindahan jembatan dari taman yang berada di tepi sungai. Foto: Gmaps/Ary Yulistiana

Di tepi sungai Kahayan terdapat taman yang sangat cocok untuk menikmati kemegahan Jembatan Kahayan. Biasanya tempat ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika sore atau malam hari. Bersantai menikmati keindahan area sekitar yang tersorot langit senja menjadi pemandangan yang luar biasa. Apalagi dengan perpaduan Sungai Kahayan yang membelah di bawahnya.

Ketika malam hari suasana di taman ini akan semakin syahdu. Area sekitar jembatan akan terlihat semakin indah dengan sorot lampu warna-warni. Suasana romantis tercipta dan sangat cocok dinikmati bersama keluarga maupun orang tersayang.

Sedangkan bagi yang ingin berwisata kuliner di area taman banyak penjaja makanan. Apalagi di taman ini juga telah tersedia meja dan kursi yang menghadapi langsung ke arah sungai dan jembatan. 

Baca: Wisata Asik di Taman Kota Cantik Palangkaraya

Menyusuri Sungai Kahayan

Susur sungai Kahayan
Wisatawan bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungai di bawah jembatan. Foto: Gmaps/Muhammad Rezki Wahyudi.

Menariknya di tempat ini wisatawan juga bisa menyusuri Sungai Kahayan dengan perahu. Perahu ini akan membawa berkeliling area Sungai Kahayan yang luas serta memiliki suasana khas sungai-sungai di Pulau Kalimantan.

Di Sungai Kahayan wisatawan bisa melihat dari dekat hamparan bunga enceng gondok yang banyak tumbuh di tepian sungai. Jika beruntung, akan terlihat juga ikan-ikan asli penghuni Sungai Kahayan menyembul di permukaan air. Ketika melewati tepat di bawah jembatan, wisatawan akan bisa melihat dari dekat  kuatnya struktur bangunan dari jembatan ini.

Baca: Taman Nasional SEBANGAU: Tiket & Aktivitas

Beragam Spot Foto Menarik

Spot foto menarik di bawah jembatan
Patung burung rangkong raksasa yang ikonik . Foto: Gmaps/He Yuyud

Berbagai spot foto disediakan untuk memanjakan wisatawan yang gemar dengan kegiatan swafoto dan selfie. Selain berpose dengan latar belakang kemegahan struktur jembatan, terdapat juga patung Burung Rangkong besar. Patung ini menghadap langsung ke arah jembatan dan menjadi obyek yang cantik. Burung Rangkong adalah hewan yang menjadi maskot suku Dayak.

Ada juga mural yang menghiasi area bawah jembatan. Lukisan mural ini sangat menggambarkan ciri khas Suku Dayak. Di sana terdapat gambar orang dengan pakaian adat Dayak dan motif-motif khas Dayak.

Festival Perahu di Sungai Kahayan

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh tempat ini yaitu festival perahu yang berlangsung setiap tahunnya. Puluhan bahkan ratusan perahu dihias sedemikian rupa dan diarak menyusuri area sungai di bawah jembatan. Kehadiran acara ini selalu dapat menarik kedatangan wisatawan dari dalam dan luar kota.

Fasilitas di Jembatan Kahayan

Area taman yang berada di bawah Jembatan Kahayan memiliki beragam fasilitas yang lengkap. Di sana tersedia area parkir, toilet, tempat duduk dan warung makan. Selain itu terdapat juga arena bermain skateboard yang membuatnya semakin tambah menarik.

Lokasi Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan berlokasi di jalan Kapten Piere Tendean, Palangka, Pahandut, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangkaraya. Letaknya pun tidak jauh dari pusat kota karena hanya berjarak 1,5 km saja. Spot wisata lain yang berada tak jauh dari sini diantaranya yaitu Tugu Ir. Soekarno dan Taman Kota Cantik Palangkaraya.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 20

Berikan Rating