Beranda Tiket Wisata

Taman Pasuk Kameluh: Taman Kota Cantik Tepi Sungai - Januari 2021

Taman Pasuk Kameluh
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. S. Parman, Langkai,Pahandut,Palangka Raya,Kalimantan Tengah,Indonesia,-.

Taman Pasuk Kameluh adalah salah satu taman publik favorit di Palangka Raya. Berada di bawah Jembatan Kahayan membuat tempat ini menarik perhatian dari wisatawan lokal hingga luar. Selain tanah lapang yang hijau dipenuhi rerumputan terdapat masjid megah yang menambah pesona.

Sore hari adalah waktu yang bagus untuk bersantai. Lingkungan taman yang nyaman dengan hembusan angin sore adalah suasana yang menggiurkan. Berkunjung di malam hari adalah keputusan tepat untuk menikmati kerlip lampu penghias taman.

Tiket Masuk Taman Pasuk Kameluh

Untuk memasuki area taman tidak perlu mengeluarkan dompet karena tidak dipungut biaya. Cukup membayar parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Tiket Masuk Taman
TiketGratis

Baca: Pilihan Destinasi Wisata Terbaik di Palangkaraya

Jam Buka

Warga yang ingin bersantai di taman tidak dibatasi jam berkunjung. Taman ini buka selama 24 jam. Biasanya ramai dikunjungi pada sore hari atau malam setelah maghrib.

Jam Buka
Setiap hari24 jam

Daya Tarik Taman Pasuk Kameluh

Pasuk Kameluh memiliki arti bakul gadis atau barang yang dimiliki seorang gadis. Sebagian masyarakat mengatakan Pasuk Kameluh seperti kantung semar yang menampilkan panorama keindahan. Sesuai dengan namanya, taman ini menyuguhkan kecantikan yang memanjakan mata. Sebuah destinasi wisata yang cocok bagi yang ingin bersantai sekaligus menikmati pemandangan.

Spot-spot Cantik untuk Berswafoto

Berfoto di depan Masjid Darul Amin
Berfoto dengan spot cantik dan menarik di dalam Taman Pasuk Kameluh. Foto: instagram/silva_annjani

Posisi Taman yang berada di bawah Jembatan Kahayan memberikan keindahan tersendiri. Arsitektur taman dan bangunan didesain apik untuk menarik pengunjung. Spot-spot berswafoto yang cantik antara lain di area masjid dan patung burung enggang. Kedua objek tersebut menjadi ciri khas milik taman kota ini.

Masjid beratap kerucut dengan dekorasi dan ornamen cantik menjadi magnet bagi penggemar fotografi. Panorama yang diciptakan semakin indah dengan Jembatan Kahayan yang seolah menaungi masjid. Taman Pasuk Kameluh juga memiliki badut-badut lucu yang menawarkan jasa berfoto dengan biaya sukarela.

Baca: Taman Nasional SEBANGAU: Tiket & Aktivitas

Di malam hari, lampu-lampu indah yang menerangi taman ikut semarakkan suasana. Sungai dan Jembatan Kahayan yang diguyur cahaya lampu tampak mempesona pada malam hari. Kebersihan yang terjaga turut mendukung spot-spot berfoto semakin berharga untuk diabadikan.

Patung Burung Enggang sebagai Ikon Suku Dayak

Patung burung enggang yang menghadap Sungai Kahayan
Patung gagah burung enggang yang berdiri menghadap Sungai Kahayan. Foto: google maps/Analog Teachers of Learning

Taman Pasuk Kameluh memiliki patung raksasa burung enggang sebagai salah satu ciri khasnya. Patung burung gagah ini berdiri di dalam taman menghadap sungai Kahayan. Burung Enggang merupakan salah satu hewan yang ikonik terutama dengan kehidupan Suku Dayak. Burung ini memiliki makna sebagai satu tanda kedekatan masyarakat Indonesia dengan alam sekitarnya.

Patung ini menjadi salah satu objek yang hampir tak pernah dilewatkan pengunjung untuk diabadikan. Di malam hari, pencahayaan lampu yang melawan malam membuat patung terlihat semakin gagah di bawah langit. Sayapnya yang lebar membentang semakin menonjolkan kegagahan patung raksasa ini.

Baca: KALAWA WATERPARK Tiket & Wahana Seru

Masjid Darul Amin

Masjid Darul Amin di Taman Pasuk Kameluh
Masjid Darul Alim dengan atap berbentuk kerucut berwarna hijau yang menyala pada malam hari. Foto: instagram/tantohafiedz

Bangunan dengan desain kerucut dan berlantai tiga ini menambah tingkat kepopuleran taman. Berdampingan dengan lengkung Jembatan Kahayan membuat Masjid Darul Amin memancarkan pesonanya. Di malam hari, guyuran cahaya lampu semakin memperindah dan menarik atensi warga. Masjid ini dibangun menjorok ke sungai Kahayan membuatnya terlihat seolah mengapung di atas air.

Keberadaan tempat ibadah ini semakin menyadarkan untuk selalu bersyukur terhadap kenikmatan Yang Maha Kuasa. Tak sedikit warga yang sengaja datang berkunjung untuk menunaikan ibadah di masjid ini. Terutama di Hari Jumat ketika mayoritas kaum Adam menunaikan ibadah salat Jumat.

Pesona Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan di atas Sungai Kahayan tak jauh dari Taman Pasuk Kameluh
Jembatan Kahayan yang terbentang membelah sungai Kahayan turut menghidupkan suasana taman. Foto: instagram/alfanimpriadi

Jembatan Kahayan menjadi objek yang menambah daya tarik Taman Pasuk Kameluh. Jembatan ini membentang sepanjang 640 meter di atas Sungai Kahayan. Jembatan Kahayan menghubungkan Palangkaraya dengan Kabupaten Pulangpisau dan sejumlah kabupaten di DAS Barito. Kehidupan yang berlalu lalang di jembatan tersebut meramaikan hari-hari.

Di bawah jembatan Kahayan ini terhampar sebuah pusat kuliner. Di sana dijajakan berbagai macam makanan dan minuman yang ramah di kantong. Penyangga jembatan yang menaungi tempat kuliner ini dihias berbagai lukisan mural indah. Dari lukisan legenda cerita rakyat hingga rumah adat dan tanaman sulur khas dari seni ukir Dayak.

Fasilitas

Taman Pasuk Kameluh menyediakan lahan parkir dan juga toilet umum. Tersedia juga masjid bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah. Di taman ini memancar wifi dan terdapat kamera CCTV. Di bawah jembatan Kahayan terhampar kawasan kuliner khas Kalimantan.

Lokasi Taman Pasuk Kameluh

Objek wisata taman kota ini terletak di Jalan S. Parman, Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 73111. Taman ini terletak di tengah Kota Palangka Raya. Diapit Sungai Kahayan, Jembatan Kahayan, dan Tugu Soekarno. Dari Bundaran Besar Palangka Raya berjarak kurang dari 1 km.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini