Beranda Tiket Wisata

KAMPUNG BEKELIR Tiket Gratis Banyak Spot Foto Cantik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Kampung Bekelir : GratissJam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Jl. Kalipasir Indah, Babakan, Tangerang, Tangerang, Banten, Indonesia, 15118

Kampung Bekelir merupakan salah satu destinasi wisata tematik dan unik yang ada di Tangerang. Di sini, rumah-rumah warganya bercat berwarna-warni sampai ke atapnya. Selain itu, di kampung ini juga terdapat aneka macam gambar mural yang menawan. Dengan kondisi tersebut, kampung sering menjadi tempat berfoto yang instagramable.

Selain berfoto, pengunjung juga bisa belajar budidaya tanaman hidroponik dan berwisata kuliner. Dahulu, kampung ini terkenal dengan nama Kampung Babakan Kulon dengan jumlah penduduk  sekitar 392 jiwa. Perbaikan kampung mendapat bantuan berbagai pihak baik dalam dan luar negeri. Setelah mengalami perbaikan kampung ini menjadi ramai wisatawan lokal maupun internasional.

Harga Tiket Masuk Kampung Bekelir

Untuk menikmati wisata di Kampung Bekelir pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja siapkan biaya untuk wisata kuliner yang biasanya ada pada sore hari. Selain itu, pengunjung juga perlu mempersiapkan biaya untuk mengikuti workshop, membeli suvenir, dan membayar parkir.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masuk gratis

Baca: TAMAN KOTA 2 BSD Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Kampung Bekelir

Kampung Bekelir buka setiap hari selama 24 jam. Pengunjung akan semakin ramai datang pada akhir pekan atau hari libur nasional.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Kampung Warna-Warni di Tangerang

Foto udara Kampung Bekelir
Kampung warna-warni yang berlokasi di Tangerang dengan aneka mural yang unik. Foto: Google Map/Bayu Indra Kahuripan

Kampung Bekelir menawarkan tempat wisata yang juga terkenal sebagai kampung warna-warni. Dari pintu masuknya mural landmark Kampung Bekelir dengan aneka warna siap menyambut. Kampung ini dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun internasional karena keunikan mural dan bangunannya. Selama tahun 2007, tercatat wisatawan dari Italia, Amerika Serika, Malaysia, Inggris, sampai Madagaskar pernah datang ke sini.

Selanjutnya, ketika memasuki perkampungan, pengunjung bisa melihat rumah-rumah yang juga bercat berwarna-warni. Tidak hanya dindingnya, atap rumah dan jalan setapaknya juga penuh warna. Selain di dinding-dinding rumah, beberapa jalan setapak dibuat gambar mural yang cocok sebagai lokasi berfoto. Di kampung ini terdapat sekitar 300 rumah warna-warni dan 1.220 mural pada dindingnya.

Baca: LUBANA SENGKOL Tiket & Aktivitas

Tempat Berfoto yang Instagramable

Pengunjung yang berfoto di Kampung Bekelir
Terdapat banyak tempat berfoto yang instagramable di sekitar kampung salah satunya yaitu di jalan setapak yang ada di pintu masuk. Foto: Google Map/Imam Fauzi

Kampung ini memiliki aneka gambar mural yang instagramable dan menarik sebagai objek foto. Mural yang ada tidak hanya tergambar di dinding, melainkan juga di jalan setapak. Beberapa gambar mural dinding yang bisa ditemukan yaitu gambar sayap, burung, pohon, sampai penari perempuan. Selanjuntya pada jalan setapak, terdapat gambar mural jurang yang menakjubkan dan beberapa mural abstrak.

Dengan gambar mural yang unik banyak pengunjung yang berfoto di kampung ini dan menghasilkan foto yang instagramable. Mural tersebut tidak hanya hasil lukisan warga setempat, tapi juga seniman dari luar negeri seperti Thailand. Gambar mural di kampung ini dipilih dengan tujuan untuk memperkenalkan seni dan budaya Kota Tangerang. Beberapa bentuk mural yang bisa ditemukan antara lain mural Tari Cokek, Laksa, Gambang Kromong, dan Masjid Agung Al-Azhom.

Tidak hanya di depan mural, beberapa tempat lain bisa menjadi tempat berfoto yang instagramable. Salah satunya yaitu di area pembibitan, tepatnya di depan pot-pot bibit tanaman hidroponik yang berwarna-warni. Lokasi lainnya yaitu di pintu masuk dan di depan landmark. Lalu, pengunjung juga bisa berswafoto ria di flying deck yang dibangun di dekat Kali Cisadane.

Baca: TEBING KOJA Kandang Gozila Tiket & Pesona

Kegiatan Menarik di Kampung Bekelir

Tanaman hidroponik di wadah botol plastik
Kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan yaitu belajar mengenai budidaya tanaman hidroponik. Foto: Google Map/Tommy Bernadus

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Kampung Bekelir selain berfoto di depan mural. Salah satunya yaitu berkeliling kampung dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Selain itu, mulai dari pukul 17.00 pengunjung bisa berwisata kuliner di warung tenda milik warga. Warung-warung ini menjual aneka makanan seperti Nasi Ulam, Kue Dongkal, Kue Pancong, Semur Jengkol, dan Soto.

Selama berwisata di sini, pengunjung bisa belajar mengenai pembibitan tanaman hidroponik. Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan daur ulang sampah plastik menjadi wadah tanaman. Terakhir, sebelum pulang, pengunjung bisa berbelanja suvenir buatan masyarakat setempat. Suvenir itu antara lain yakni cangkir mug, kaos, stiker, topi, tas, hingga gantungan kunci.

Baca: BSD XTREME PARK Tiket & Wahana Permainan

Juara Wisata Kreatif Terpopuler di Ajang API

Landmark Kampung Bekelir dan Sungai Cisadane
Pada tahun 2018, Kampung Bekelir berhasil meraih juara Wisata Kreatif Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia dari Kemenparekraf Republik Indonesia. Foto: Google Map/Lawas Channel

Kampung Bekelir memiliki kondisi yang tidak begitu baik di masa lalu. Tempat ini dicap sebagai tempat yang kumuh dan sarat dengan sarang kriminalitas. Selain itu, masyarakat di kampung ini juga banyak yang hidup dalam garis kemiskinan. Melihat keadaan tersebut, salah seorang warga kampung berinisiatif untuk mengubah kondisi.

Dengan bantuan dari banyak pihak sponsor dan pemerintah setempat, kampung ini berhasil berubah menjadi destinasi wisata. Pengecatan rumah-rumah di kampung ini menghabiskan 10.000 liter cat. Lalu, muralnya dilukis oleh 120 seniman lokal dan internasional. Hingga pada tahun 2018, Kampung Bekelir berhasil meraih juara Wisata Kreatif Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia dari Kemenparekraf Republik Indonesia.

Fasilitas di Kampung Bekelir

Fasilitas lain yang ada di sini yaitu toilet, musala, dan tempat untuk parkir kendaraan. Selain itu terdapat warung-warung tenda untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Lokasi Kampung Bekelir

Kampung Bekelir berlokasi di RW 01, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, dekat dengan Sungai Cisadane dan Taman Gajah. Karena letaknya berada di pinggir jalan, kampung ini mudah untuk ditemukan.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 16

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini