Beranda Tiket Wisata

TAMAN BURUNG PERAK Tiket & Aktivitas Desember 2021

Taman Burung PerakHarga Tiket: GratisJam Buka: 09.00 - 15.00No Telp: -Alamat: Jl. Mochammad Yamin, RT.004/RW.004, Babakan, Tangerang, Tangerang, Banten, Indonesia, 15118

Indonesia memiliki beberapa taman burung yang tersebar di berbagai daerah, seperti Bandung, Palembang, dan Jakarta. Pada tahun 2018, wilayah Tangerang menambah jumlah daerah di Indonesia yang memiliki taman burung. Taman Burung Perak, nama dari taman tersebut, berdiri dalam rangka pembangunan taman tematik Kota Tangerang.

Taman ini berdiri di area seluas 30 meter persegi. Di sini terdapat setidaknya 135 burung dari 15 spesies burung endemik di Pulau Jawa. Pemberian nama taman ini karena peresmian taman ini bertepatan dengan usia 25 tahun Kota Tangerang. Pemerintah Kota Tangerang berharap dengan adanya taman ini dapat menjadi tempat wisata edukasi sekaligus rekreasi yang murah meriah bagi warganya.

Harga Tiket Masuk Taman Burung Perak

Untuk dapat memasuki Taman Burung Perak tidak perlu membayar biaya tiket masuk alias gratis. Pengunjung hanya perlu mematuhi peraturan yang ada, seperti menjaga kebersihan, mematuhi durasi yang diberikan untuk berada di dalam taman, dan memperlakukan burung dengan baik.

Harga Tiket Masuk
Anak-anak dan DewasaGratis

Baca Juga: 30 Tempat Wisata Terbaik Di Tangerang

Jam Operasional Taman Burung Perak

Taman Burung Perak terbuka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Selama pandemi, taman tutup sementara sampai keadaan pulih kembali.

Jika ingin ke sini sebaiknya saat cuaca sedang cerah. Hal itu karena, pengunjung dapat dengan leluasa melihat aktivitas dari burung-burung yang ada di sini. Kemudian, jika ingin mendapatkan suasana yang tidak terlalu ramai, pengunjung bisa datang di hari Senin sampai Jumat. Hindari akhir pekan jika tidak terlalu menyukai suasana yang ramai.

Jam Operasional
Setiap hari09.00 – 15.00 WIB

Aktivitas Menarik di Taman Burung Perak

Di Taman Burung Perak, pengunjung dapat berekreasi sambil mengenal berbagai jenis burung yang ada di Pulau Jawa. Selain itu, di sini juga boleh berfoto dengan salah satu burung namun tetap dengan pendamping pelatih. Karena wilayahnya yang tidak terlalu luas maka berkeliling di tanaman ini tidak akan melelahkan.

Selama berada di dalam taman pengunjung hanya mendapat durasi selama 10 sampai 15 menit. Jika kondisi sedang sepi, pengunjung akan boleh berada di taman hingga 15 menit. Namun, jika kondisi sedang ramai waktu yang diberikan hanya 10 menit untuk berada di dalam. Jumlah yang masuk juga terbatas yaitu hanya boleh 15 orang per sesi.

Berkeliling Taman Burung Perak

Seorang anak berinteraksi langsung dengan seekor burung Kakatua
Pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan burung yang didampingi oleh pelatihnya. Foto: Google Map/Rizal Fahlefi

Di taman ini pengunjung bebas berkeliling taman sambil melihat aktivitas burung yang ada. Selain itu pengunjung juga bisa mendapatkan informasi sekilas mengenai burung yang ada di sini. Informasi tersebut dalam bentuk papan informasi kecil yang terletak di sepanjang jalan setapak taman.

Selain berkeliling, kegiatan berinteraksi langsung dengan salah satu burung yang sedang didampingi pelatihnya. Pengunjung akan mendapat sarung tangan khusus dan burung tersebut akan hinggap di lengan

Berfoto di Taman Burung Perak

Pengunjung berfoto dengan burung di area dalam taman
Pengunjung diperbolehkan berfoto di area dalam taman bersama burung yang didampingi oleh pelatihnya. Foto: Google Map/Ary Pradinawati

Pengunjung bisa sekalian berfoto pada saat sedang berinteraksi dengan burung. Pengalaman berfoto dekat dengan seekor burung akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Kemudian, di dalam taman juga terdapat area berfoto seperti di jalan setapak atau di samping rumah burung.  Jangan lupa juga untuk berfoto di depan pintu masuk taman yang unik.

Peraturan

Selama berada di dalam taman pengunjung haru mematuhi peraturan. Peraturan seperti larangan memberi makan burung. Peraturan ini ada agar burung senantiasa sehat karena hanya akan memakan pakan dari petugas.

Selanjutnya, pengunjung hanya boleh berada di dalam taman selama 10 sampai 15 menit sebanyak maksimal 15 orang per sesi. Jika ingin masuk lagi ke dalam taman maka harus kembali ikut antrean untuk sesi selanjutnya. Kemudian, di dalam taman juga terdapat larangan merokok dan harap bersikap tenang ketika berada di dalam taman.

Fasilitas

Terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di sini. Beberapa fasilitas tersebut yaitu toilet, objek untuk berfoto, papan informasi burung, lampu hias, plaza, tempat parkir, dan tempat sampah.

Pengunjung juga diimbau agar selalu menjaga dengan baik kebersihan dan keutuhan fasilitas yang ada. Hal ini penting agar kebersihan dan kenyamanan tetap terjaga.

Lokasi Taman Burung Perak

Taman Burung Perak berada di Jalan Mochammad Yamin, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang. Letaknya mudah ditemukan karena berada di samping Lembaga Pemasyarakatan Wanita dan di seberang SMKN 3 Kota Tangerang. Untuk sampai ke sini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Jika menggunakan angkutan umum, bisa memilih moda transportasi KRL dan turun di Stasiun Tangerang. Selanjutnya, pengunjung bisa naik angkutan umum R034 dan turun di SMPN 4 Tangerang. Setelah turun lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 67 meter selama satu menit untuk sampai ke tujuan.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 9

Kasi Bintang