LEMBAH KARMEL Wisata Religi di Ketenangan Alam April 2024

  • Harga Tiket Masuk Lembah Karmel: Gratis
  • Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Lembah Karmel, Cikanyere, Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43254

Lembah Karmel adalah kawasan retret dan peribadatan umat Katolik yang berada di Desa Cikanyere, Cianjur. Sudah lebih dari 20 tahun tempat ini menjadi tujuan beribadah bagi umat Katolik dari berbagai penjuru.

Kawasan peribadatan ini berlokasi di dataran tinggi Cianjur yang terkenal sejuk dan asri. Suasana damai dan tenang yang tersaji dari alamnya membuat pengunjung dapat merasakan kekhusyukan beribadah yang dalam.

Harga Tiket Masuk

Layaknya tempat ibadah, pengunjung tidak perlu membayar tiket apapun untuk masuk. Tempat ini selalu terbuka untuk umat yang ingin beribadah atau retret. 

Baca: TAMAN BUNGA NUSANTARA Cianjur Tiket Masuk & 9 Zona Taman

Jam Buka

Lembah Karmel selalu terbuka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Waktu kunjungan paling ramai tentu saja di hari Minggu ketika ada misa pagi. Sedangkan Toko Rohani hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu dengan jam operasional pagi hingga siang hari.

Wisata Religi

Patung Yesus memberkati di Lembah Karmel
mencari ketenangan dan kedamaian jiwa di Lembah Karmel, Cianjur – Foto: Google Maps/Christina Eveline

Umat Katolik mengenal adanya istilah ordo atau tarekat. Salah satu ordo yang tumbuh di Indonesia adalah Ordo Karmel. Di Jawa Barat sendiri, terdapat rumah Ordo Karmel yang sangat terkenal yaitu Lembah Karmel.

Lembah Karmel merupakan kawasan peribadatan umat Katolik yang terletak di Cianjur. Tepatnya di Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi. Tempat ibadah ini juga populer sebagai destinasi pertapaan umat Katolik karena berada di tengah ketenangan alam. 

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Terbaik di Cianjur

Suara Alam

Dataran tinggi Cianjur yang asri
Kondisi alam yang asri dan terjaga menjadi daya tarik Lembah Karmel sebagai tujuan retret umat Katolik – Foto: Google Maps/frits mulder

Lembah Karmel adalah tempat ibadah dan pertapaan yang didirikan oleh imam ordo Karmel bernama Romo Yohanes Indrakusuma. Pembangunan tempat ini berlangsung pada tahun 1988. Berkeliling asrinya perbukitan di utara Cianjur dengan ketinggian hampir 900 mdpl.

Berada di ketinggian membuat tempat ibadah ini menghadirkan suasana yang lebih tenang dari yang lain. Temperatur udaranya lebih sejuk dan dingin. Ditambah dengan adanya kawasan hutan yang mengelilingi sekitar area. 

Tidak heran jika pengunjung yang melakukan retret di sini datang silih berganti. Kawasannya memang menawarkan nuansa damai yang lebih mendalam. Semua ini berkat kondisi alam dataran tinggi Kabupaten Cianjur yang mengitari lingkungannya.

Pepohonan dan vegetasi lain yang menghiasi kawasan ini memberi andil besar pada suasana damainya. Di pagi hari, kawasan ini seringkali berselimut kabut tipis yang menambah nuansa syahdu. Panorama Kabupaten Cianjur tampak mengintip dari balik pepohonan di depan Gedung St. Theresia yang megah.

Destinasi Retret 

Suasana di dalam kapel utama
Pengunjung dari berbagai penjuru daerah datang ke Lembah Karmel untuk menjalani retret – Foto: Google Maps/Ina Wati

Selain menjadi tujuan tempat ibadah umat Katolik, Lembah Karmel juga tersohor sebagai destinasi retret. Retret merupakan kegiatan menyepi atau mengasingkan diri dengan tujuan spiritual. Kegiatan ini lazim dilakukan oleh umat Katolik.

Tujuan retret bermacam-macam, namun kebanyakan untuk menghindari stress dengan kembali menjalin komunikasi dengan Tuhan. Untuk itu, lokasi retret seringkali berada di tempat yang sepi dan jauh dari hiruk-pikuk maupun kebisingan kota. Itulah kenapa kawasan religi yang berlokasi jauh dari keramaian selalu didatangi umat yang ingin melaksanakan retret.

Di sini, pengunjung bisa melakukan retret di beberapa fasilitas yang tersedia. Kapel utama adalah opsi yang populer sebagai tempat retret. Namun, ada juga yang benar-benar mencari kesunyian dengan melaksanakannya di kapel hutan. Kapel kecil ini berada di belakang kapel utama.

Dengan berkeliling suasana alam yang asri, kegiatan retret dapat berjalan dengan damai. Pengunjung bisa memanjatkan do’a, melakukan refleksi diri, berkeluh-kesah, hingga menyampaikan harapan dalam ketenangan. Usai retret, pengunjung akan mendapatkan ketenangan jiwa dan kesegaran pikiran untuk kembali ke rutinitas sehari-hari.

Goa Maria

Pengunjung berdo'a di Goa Maria Lembah Karmel
Di samping Goa Maria, terdapat sumber air suci yang bisa diminum langsung – Foto: Google Maps/Anton Wahjudi

Selain kapel, di dalam areanya juga memiliki Goa Maria. Tempat ini sekilas mungkin akan mengingatkan pada Gua Maria yang berada di Kuningan. Goa Maria ini terletak tak terlalu jauh dari kapel utama.

Tempat ini merupakan opsi lokasi lainnya bagi pengunjung untuk retret dan berdoa. Goa ini dihiasi semak-semak dan berada di atas rangkaian beberapa anak tangga. Di sampingnya, terdapat air suci yang bisa diminum langsung. Perlu diingat bahwa pengunjung harus melepaskan alas kaki sebelum berdoa di hadapan Goa Bunda Maria ini.

Seperti halnya suasana kapel, Goa Maria menyajikan ketenangan yang sama. Terlebih tempat ini berada di luar dan alam terbuka. Pengunjung akan ditemani suara alam seperti burung dan desir angin selama berdoa. Suara-suara ini akan menambah kekhusyukan dan kesyahduan.

Toko Rohani

Kapel kecil di hutan
Kapel kecil di hutan untuk pengunjung yang benar-benar mendambakan keheningan dan ketenangan suasana untuk berdo’a – Foto: Google Maps/Billy Tantri

Di kawasan Lembah Karmel, terdapat sebuah toko kebutuhan rohani. Toko ini berada di lantai dasar Gedung St. Paulus. Lokasinya persis berdampingan dengan sarana kantin. Kedua tempat hanya terpisahkan dengan jendela kaca di mana pengunjung bisa melihat ke seberangnya.

Toko Rohani ini menyediakan berbagai kebutuhan ibadah dan barang-barang rohani untuk umat Katolik. Pengunjung bisa mendapatkan berbagai buku serta CD lagu-lagu rohani. Barang lainnya seperti patung-patung, salib, dan rosario juga tersedia komplit di sini. 

Setelah berbelanja berbagai perlengkapan ibadah yang dibutuhkan, sempatkan untuk mengunjungi kantinnya. Kantin ini rutin buka dan menyajikan berbagai menu. Pengunjung bisa mengisi perut di sini sebelum beranjak pulang.

Fasilitas

Fasilitas pendukung di Lembah Karmel yaitu area parkir yang luas dan Wisma Philipus. Sedangkan untuk fasilitas utamanya terdiri dari kapel, aula utama, toko rohani, dan biara. Di sini juga rutin mengadakan misa dan terbuka untuk retret.

Lokasi

Kawasan wisata religi ini terletak di Jalan Lembah Karmel, Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Jika datang dari Bogor, arahkan kendaraan ke Taman Bunga Nusantara. Lurus terus mengikuti Jalan Mariwati hingga pertigaan SMAIT Insan Mandiri Arrahman dan masuk jalan tersebut. Ikuti jalan ini hingga menemui pertigaan ke Jalan Lembah Karmel.

Berikan Rating

4.5 - 110 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

3 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. jenis retret apa saja yang diselenggarakan?
    garis besar materi dan jadwalnya kapan?
    terima kasih

    • Selamat pagi Kak Petrus. Untuk informasi retret dan jadwal bisa langsung menghubungi pihak Lembah Karmel ke nomor (0263) 582062. Terima Kasih

  2. Apakah ada fasilitas penginapan utk traveller yg ingin mampir berdoa? Mohon bisa share kontaknya. Terima kasih. Berkah Dalem