Taman Prawatasari Harga Tiket: Rp7.000 - Rp15.0000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB No. Telepon: - Alamat: Jl. Surya Kencana No.1, Sawah Gede,Cianjur,Cianjur,Jawa Barat,Indonesia,43212.

Selama ini, wisata di Jawa Barat selalu berkiblat di Bandung, Bogor, atau Lembang. Kabupaten diluar Bandung dan Bogor kurang menonjol meskipun memiliki objek wisata unggulan. Seperti halnya Taman Prawatasari di Kabupaten Cianjur.

Objek wisata ini telah lama berdiri, namun dahulu kondisinya cukup memprihatinkan. Kurang adanya perawatan dari pihak terkait, sehingga kondisinya tidak terawat. Namun kini, Taman rekreasi ini kembali naik daun karena sudah ada banyak wahana permainan.

Harga Tiket Masuk Taman Prawatasari

Tiket masuk ke taman ini sangatlah murah. Namun, untuk naik wahana permainan dikenakan tiket tambahan lagi. Jadi, tiket yang dibayarkan pada loket belum termasuk tiket untuk naik wahana permainan.

Harga Tiket Masuk Taman Prawatasari
Tiket MasukRp8.000
Wahana PermainanRp7.000 – Rp15.000

Baca: LITTLE VENICE Kota Bunga Cianjur Tiket & Wahana

Jam Buka Taman Prawatasari

Taman wisata ini bisa dikunjungi setiap hari, dari Senin hingga Minggu. Jam bukanya pun terbilang lama, dari pagi hingga petang.

Jam Buka
Senin – Kamis08.00 – 17.00 WIB
Jumat – Sabtu08.00 – 18.00 WIB
Minggu07.00 – 18.00 WIB

Aktivitas Wisata di Taman Prawatasari Cianjur

Taman yang Tertata Rapi
Taman yang Tertata Rapi. Foto: Gmap/Putra Galuh

Taman Prawatasari merupakan ruang terbuka hijau di Kabupaten Cianjur. Tempat ini didirikan sebagai paru – paru kota, dengan banyak pepohonan dan aneka tanaman. Selain sebagai paru – paru kota, juga dapat digunakan untuk melindungi sistem air.

Keberadaan ruang hijau ini juga dapat menjadi pengikat antar elemen gedung dalam kota. Untuk memberikan ciri dalam kota dengan penataan arsitektur yang indah.

Jika dulu teman wisata ini kurang diperhatikan sehingga terlihat tidak terawat. Kini, taman rekreasi keluarga ini mulai berbenah dan memperbaiki diri. Tidak hanya taman, tapi beralih fungsi sebagai pusat rekreasi bagi keluarga.

Baca: Taman Bunga Nusantara Cianjur Tiket & 10 Aneka Taman

1. Ragam Wahana Permainan di Taman Prawatasari

wahana permainan roller coaster taman prawatasari cianjur
Wahana permainan roller coaster di Taman Prawatasari Cianjur. Foto: Google Maps/kardono kuswo

Taman Prawatasari juga kerap disebut dengan Lapang Joglo, karena berada di daerah Joglo. Sekarang, objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan anak – anak. Bahkan, taman ini juga sering disebut sebagai Dufan-nya Cianjur.

Meskipun wahana permainan tidak sebesar Dufan, tapi permainan di sini pun cukup lengkap. Diantaranya terdapat bom – bom car, gajah terbang, kereta monorail, gocar. Ada juga wahana air, istana balon, balon air, serta wahana kreativitas anak.

Untuk wahana yang dapat dinaiki oleh remaja maupun dewasa juga ada. Seperti bianglala, komidi putar, serta kora – kora. Tapi ingat, untuk naik wahana tersebut akan dikenakan biaya tiket wahana.

2. Pusat Olahraga

Selain memiliki banyak wahana permainan, Taman Prawatasari juga sering dijadikan tempat olahraga. Terutama ketika bertepatan dengan hari nasional di Indonesia. Tempat ini selalu digunakan untuk acara – acara penting tertentu.

Salah satunya acara olahraga bagi masyarakat Cianjur. Ini dilakukan ketika peringatan Hari Kemerdekaan. Dan tentunya hari Minggu, dimana taman pun ramai digunakan untuk berolahraga.

3. Melihat 78 Tanaman Langka

Spot Foto dengan Background Tanaman dan Bentuk Hati
Spot Foto dengan Background Tanaman dan Bentuk Hati. Foto: Gmap/kardono kuswo

Fungsi Taman Prawatasari sebagai paru-paru kota ditunjukkan dengan ditanaminya objek wisata ini. Tidak hanya Tumbuhan dan bunga yang biasa sebagai tanaman di taman. Melainkan tanaman – tanaman langka ditanaman di sini.

Sedikitnya terdapat 78 jenis tanaman langka yang ditanam di sini. Diantaranya tanaman berenuk, sosis bima, kurma, serta tanaman jenis lainnya. Hal ini menjadikan objek wisata semakin hijau dan asri.

Disamping itu, juga dapat menjadi taman edukasi bagi anak – anak. Mengenal berbagai jenis tanaman langka.

4. Berjalan-jalan di Area Taman

keteduhan dan kerapian taman
Berjalan-jalan dan menikmati suasana teduh dan kerapian taman. Foto: Google Maps/Hilman Boss

Area hijau Taman Prawatasari dapat menjadi sarana penghilang jenuh dan kepenatan aktivitas harian. Pengunjung dapat berjalan – jalan di sekitar taman atau duduk sambil mengamati pemandangan.

Taman ini pun terawat dengan baik dan terjaga kebersihannya. Pengelola pun mengharapkan kesadaran pengunjung untuk menjaga kebersihan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya tempat sampah di area taman.

Tips Menikmati Wahana di Taman Prawatasari

Wahana permainan di Taman ini merupakan hasil kerjasama Pemda Cianjur dengan PT Exotica. Meski begitu, pengelolaan karyawan dan sistem taman ini masih terbilang manual.

Di sini, pembelian tiket masih dilayani secara manual, dilakukan hanya pada satu counter. Sehingga menimbulkan antrean yang cukup panjang, terlebih di hari libur.

Ditambah lagi, pengunjung harus siap membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Hal ini dikarenakan belum tersedianya fasilitas kantin di dalam objek wisata.

Lokasi Taman Prawatasari

Taman rekreasi ini berlokasi di Jalan Surya Kencana No.1, Sawah Gede. Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here