Mahakan Lampion Garden
Mahakan Lampion Garden

Samarinda yang berjuluk Kota Tepian terkenal dengan Sungai Mahakam. Sungai terbesar di Kalimantan itu menjadi salah satu daya tarik wisata di ibukota Kalimantan Timur tersebut. Pengembangan kawasan tepiannya juga terus digiatkan pemerintah daerah setempat, seperti dengan menjadikannya objek wisata dan rekreasi. Salah satu objek wisata yang ada ialah Mahakam Lampion Garden.

Seperti namanya, Mahakam Lampion Garden adalah taman rekreasi bertema lampion atau lampu hias. Karena berupa taman lampion, maka waktu terbaik untuk datang tentunya ialah saat malam hari.

Harga Tiket Masuk Mahakam Lampion Garden

Untuk menikmati berbagai atraksi lampion di taman ini pengunjung akan dibebankan biaya tiket. Harga tiket masuk Mahakam Lampion Garden bisa didapat dengan harga Rp15.000.

Harga Tiket Mahakam Lampion Garden
TiketRp15.000

Baca: BUMI SEMPAJA Waterpark Samarinda Tiket & Wahana

Jam Buka Mahakam Lampion Garden

Taman wisata yang mengedepankan lampion sebagai atraksi utama makan sangat cocok dikunjungi malam hari. Mahakam Lampion Garden dibuka mulai pukul 15.00 sore hingga malam hari.

Jam Buka Mahakam Lampion Garden
Senin – Jumat15.00 – 23.00 WITA
Sabtu – Minggu15.00 – 24.00 WITA

Daya Tarik & Berbagai Atraksi

lampion berbagai bentuk mahakam lampion garden
Mahakam Lampion Garden bisa menjadi pilihan tempat wisata di samarinda dengan berbagai atraksi lampion. foto: rian fanjerani

Daya Tarik utama dari Mahakam Lampion Garden tentu saja aneka lampion yang tersebar di sepanjang kawasan yang berada di tepi Sungai Mahakam tersebut. Berbagai bentuk lampion dari yang kecil hingga besar bisa menjadi objek foto yang menarik. Lampion-lampion tersebut juga memiliki tema-tema khusus.

Lampion di Gerbang Masuk

Sejak awal memasuki kawasan Lampion Garden ini pengunjung sudah akan disambut gerbang besar yang sangat menarik. Hal ini lantaran gerbang masuknya ini berupa lampion berbentuk seperti sebuah bangunan masjid dengan kubah-kubahnya. Samarinda sendiri memang memiliki bangunan ikonik berupa Masjid Islamic Center yang juga berada di tepi Sungai Mahakam.

Lampion Ikon-ikon Negara Dunia

Beberapa lampion memiliki bentuk berupa miniatur berbagai ikon dari negara-negara di dunia, Ada Monas, Menara Eiffel, Menara Miring Pisa, Kincir Angin, hingga Patung Merlion yang juga mengeluarkan air dari mulutnya. Lampion berbagai miniatur bangunan terkenal dunia ini tidak berada di satu area melainkan tersebar di beberapa titik.

lampion ikon dunia mahakam lampion garden
Lampion dengan berbagai bentuk ikon dunia bisa dilihat di taman rekreasi tepian sungai mahakam ini. foto:  Happy Hapsari

Lampion Berbentuk Satwa

Di awal memasuki Lampion Garden, tema yang akan dijumpai ialah satwa. Berbagai lampion berbentuk satwa dipamerkan dari mulai burung, ikan, harimau, gajah, beruang, hingga dinosaurus. Lampion-lampion ini juga semakin menarik terutama bagi anak-anak lantaran ukurannya yang besar.

Lampion Kolam

Tak jauh dari pintu masuk, pengunjung sudah akan melihat area kolam. Tapi bukan kolam biasa karena kolam ini juga dihiasi dengan lampion-lampionnya. Terdapat berbagai lampion dengan bentukan ikan dan bunga aneka jenis serta rerumputan yang nampak menghiasi permukaan kolam. Karena berada di atas air, pantulan cahaya di permukaan air juga membuat pemadangannya semakin cantik.

Lampion Tema Romantis

lampion simbol hati taman lampion
Lampion dengan bentuk simbol hati ini akan menambah kesan romantis di taman lampion mahakam. foto:  M.Noor Ansyari

Cahaya lampion sendiri sebenarnya sudah menghadirkan suasana romantis. Tak salah jika banyak pengunjung dari kalangan pasangan muda yang datang. Agar lebih terbangun kesan romantisnya, maka pengunjung yang datang dengan pasangannya bisa memilih area bertema romantis.

Melewati jembatan dengan gerbang lampion berbentuk love, di area ini memang terdapat banyak lampion berbentuk love segala ukuran. Salah satunya yang paling digemari ialah lampion love besar yang menjadi latar untuk area foto berupa dua buah kursi yang berhadapan.

Lampion Horor

Memiliki tema horor, area ini memang diisi dengan berbagai lampion dengan bentukan yang identik dengan keseraman. Bentukan lampion tersebut ialah labu-labu Halloween. Meskipun temanya horor, namun karena berupa lampion makan tetap saja terlihat menyenangkan dan tidak menakutkan.

labu halloween mahakam lampion garden
Lampion labu halloween yang lucu dan menyeramkan. foto:  Bambang nur fikri saputra

Lampion Karakter dan Kartun

Tak ketinggalan untuk menambah daya tarik terutama untuk anak-anak, maka ada juga lampion dengan bentukan berupa berbagai karakter seperti superhero dan karun. Ada Batman,  Superman, Hello Kitty, dan karekakter-karakter lucu lainnya.

Digital Aquarium

Termasuk wahana baru, Digital Aquarium adalah wahana yang terbilang modern. Pengunjung akan diajak berinteraksi langsung dengan ikut mewarnai beragam ikan dan hewan laut dari tablet yang akan ditampilkan langsung ke proyektor. Hewan-hewan tersebut akan berenang di dalam air layaknya sebuah aquarium asli.

Fasilitas Mahakam Lampion Garden

Lelah berkeliling, pengunjung bisa mampir ke area kuliner. Di temani lampion besar bertuliskan I ‘Love’ Samarinda, terdapat banyak stand penjual aneka makanan yang bisa dipilih. Selain itu, fasilitas lain seperti toilet hingga musala juga tersedia untuk memberi kenyamanan.

Lokasi Mahakam Lampion Garden

Lokasinya sendiri berada di kawsan strategis tepatnya di Jalan Slamet Riyadi No.75, Karang Asam Ilir, Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,08/12 Pembaca
Loading...