Beranda Tiket Wisata

TAMAN CERDAS Samarinda Wisata Hemat Banyak Wahana Anak – Februari 2023

0
Taman Cerdas Samarinda Harga Tiket Masuk : gratis. Jam Buka : 24 jam. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Jl. Mayor Jendral S, Samarinda Ulu, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, 75123.

Taman Cerdas Samarinda merupakan taman kota sekaligus area terbuka hijau. Lengkap dengan fasilitas bersantai, bermain dan berolahraga. Tak jarang juga area taman menjadi tujuan rekreasi alternatif bagi warga kota. Berbagai acara liburan keluarga maupun acara sosial pun sering berlangsung di sekitar area taman.

Harga Tiket Masuk Taman Cerdas Samarinda

Untuk memasuki taman ini tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Sebab taman ini merupakan ruang publik yang dikelola oleh pemerintah.

Harga Tiket
Setiap Hari Gratis

Baca: 7 Cafe Di Samarinda Dengan City View

Jam Buka

Taman ini buka selama 24 jam. Biasanya akan ramai pengunjung berolahraga pada pagi hingga sore hari. Sementara malam hari akan dipadati anak muda sebagai tempat nongkrong dan bersosialisasi.

Jam Buka
Setiap Hari 24 jam

Daya Tarik Taman Cerdas Samarinda

Taman Cerdas Samarinda bisa menjadi alternatif wisata murah di tengah kota. Area tamannya luas dan terasa teduh karena tertutup aneka pepohonan rindang. Di dalam taman sudah dilengkapi dengan aneka spot foto, permainan anak-anak, berbagai alat fitnes dan amfiteater. Selain itu terdapat warung-warung wisata kuliner pinggiran taman.

Maskot Ikonik Khas Taman Cerdas

patung maskot -hanaa ya
Patung maskot ikan Pesut (foto: Google maps/hanaa ya)

Salah satu maskot terkenal dari taman ini yaitu adanya Patung Ikan Pesut. Wisatawan yang berkunjung biasanya akan menyempatkan berfoto di sini.

Maskot Ikan Pesut ini melambangkan ikan khas di perairan Sungai Mahakam, Samarinda. Ikan Pesut sendiri merupakan ikan sejenis lumba-lumba di perairan air tawar. Tubuh Pesut di sungai Mahakam mirip torpedo.

Bagian sirip punggungnya rendah dan sedikit berbentuk sabit. Pada kepalanya berbentuk melon, tumpul dan membulat. Sementara garis mulutnya naik ke atas membuat mamalia ini terlihat seolah tersenyum.

Baca: Rumah Ulin Arya Tiket & Wahana

Berolahraga di Teduhnya Taman

aneka fasilitas fitnes - yusran sylvyster
aneka fasilitas fitnes (foto: Google maps/ yusran sylvyster)

Bagi wisatawan yang ingin berolahraga, taman ini juga menyediakan fasilitasnya. Berbagai alat fitnes tersedia dan dapat digunakan secara gratis. Beberapa alat misalanya untuk melatih otot kaki hingga tangan pun lengkap tersedia.

Kemudian terdapat jalur joging maupun bersepeda yang mengelilingi taman. Para pesepeda atau pengunjung yang hendak lari-lari kecil pun akan menyukainya. Sebab suasananya teduh beratap pepohonan rindang terasa sangat asri. Selain itu, taman ini juga sering menjadi pilihan tempat untuk senam dan aneka acara olahraga lainnya.

Baca: Wisata Budaya Pampang: Tiket & Daya Tarik

Aneka Permainan Khas Taman Kanak-kanak

aneka permainan untuk anak-anak
aneka permainan untuk anak-anak (foto: Google maps/yusran sylvester)

Wahana terfavorit dari taman ini yaitu adanya aneka permainan khas taman kanak-kanak. Bahkan saking lengkapnya wahana permainan di taman ini sering menjadi tujuan sekolah untuk mengajak anak didik bermain di sini.

Beberapa wahana yang tersedia misalnya jungkat-jungkit, ayunan, perosotan tunggal, perosotan bangunan, aneka pikler, tangga bulat, terowongan ban, jembatan goyang.

Setiap permainan biasanya dilengkapi dengan papan info terkait manfaat dan penggunaannya. Misalnya pada wahana ayunan, bermanfaat untuk melatih keberanian. Wahana jungkat jungkit untuk mengatur koordinasi dan lain sebagainya.

Salah satu wahana yang cukup langka yaitu tangga goyang. Berupa besi seperti ayunan yang berjejer lalu dilewati satu persatu. Pada saat melewatinya wahana akan bergoyang-goyang. Manfaat alat ini salah satunya untuk melatih ketangkasan keseimbangan anak-anak.

Kemudian terdapat wahana tangga bulat dan aneka pikler yang tak kalah unik. Selama bermain anak-anak melakukan aktivitas bergelantungan dan memanjat. Wahana ini akan melatih motorik agar anak-anak tetap aktif.

Begitu juga dengan terowongan ban. Anak-anak yang melewatinya akan dipaksa merangkak. Sehingga manfaat merangkak dengan berbagai koordinasi otak kanan kiri akan terlatih melalui wahana ini.

Edukasi Aneka Pohon

Sebagaimana namanya, Taman Cerdas, taman ini juga dilengkapi edukasi aneka pohon dan tanamannya. Misalnya pada pohon Trembesi terdapat penjelasan lengkap terkait pohon ini.

Misalnya seperti nama ilmiah Pohon Trembesi yaitu Samanea Saman. Berfungsi sebagai peneduh, penyedia oksigen dan mampu menyerap karbon dioksida. Pengunjung yang ingin menambah wawasan terkait nama latin pohon beserta fungsinya, taman ini adalah jawabannya.

Baca: Mahakam Lampion Garden Tiket & Wahana

Amfiteater Terbuka

ampiteater di taman cerdas samarinda - kumala asvya
Amfiteater di Taman Cerdas Samarinda (Foto:Google maps/ kumala asvya)

Wahana menarik berikutnya yaitu adanya amfiteater. Amfiteater adalah sebuah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan pertunjukan seni. Desainnya berbentuk tribune melingkar yang berfungsi sebagai tempat duduk.

Salah satu acara rutin di taman cerdas ini yaitu sajian dari komunitas musang. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan musang yang dibawa oleh komunitas ini. Namun tidak setiap hari ada. Melainkan hanya kumpul tiap Minggu sore. Selain menonton bisa juga menjadi sarana edukasi terkait binatang bagi anak-anak.

Wisata Kuliner

Di taman cerdas ini terdapat aturan tidak boleh berjualan di dalam area taman. Namun jangan khawatir, di area luar tepatnya samping taman, aneka penjaja kuliner berbaris. Ada pedagang kaki lima dengan aneka jajanannya. Mulai dari penjual bubur, gado-gado, rujak, es cendol, pentol, minuman kemasan, dsb. 

Ornamen Patung Cantik

Salah satu ciri khas dari taman ini yaitu adanya aneka patung yang tersebar. Ada dua kelompok yaitu patung hewan dan patung berkarakter tokoh fantasi. Kelompok hewan terdapat patung Harimau, Gajah, Ikan, Kuda, Orangutan, Singa serta Monyet.

Sementara untk patung tokoh fantasi ada Minion, Helo Kiti, Masha, Doraemon, Cinderella, Donal Duck, Pikachu, Keropi. Keberadaan patung-patung ini tentu akan menambah keindahan taman serta kenyamanan pengunjung.

Fasilitas

Ruang terbuka yang juga merupakan taman kota ini telah dilengkapi fasilitas sebagai tempat wisata. Beberapa di antaranya area parkir, kamar mandi, aneka tempat duduk, tempat sampah, dan warung-warung wisata kuliner.

Lokasi Taman Cerdas Samarinda

Taman hijau ini terletak di Jl. Mayor Jendral S. Parman, Gn. Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75123.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 22

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini