Wisata Sungai Mahakam Tiket dan Daya Tarik Februari 2024

SUNGAI MAHAKAM

  • Harga Tiket Masuk: Rp25.000 - Rp50.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Gajah Mada No.19, Pasar Pagi, Samarinda, Samarinda, Kalimantan Timur , Indonesia, 75243

Sungai Mahakam merupakan salah satu sungai terpanjang kedua di Kalimantan, setelah Sungai Kapuas. Sungai Mahakam memiliki panjang kira-kira 920 kilometer serta sangat lebar.

Aliran air sungai yang panjang ini kemudian bermuara di Selat Makassar. Mahakam juga merupakan sungai yang padat dengan aktivitas kapal-kapal.

Keberadaan Sungai Mahakam sungguh melegenda khususnya di Provinsi Kalimantan Timur. Karena sejak dulu sungai tersebut sudah menjadi sumber kehidupan bagi penduduk.

Terutama penduduk asli Kalimantan dari rumpun suku Dayak. Di masa modern seperti sekarang, Sungai Mahakam sudah tertata serta menjadi obyek wisata.

Tiket Wisata Susur Sungai Mahakam

Jika pengunjung hanya ingin sekadar nongkrong di Sungai Mahakam maka tidak ada biaya. Wisatawan bebas masuk ke sungai yang merupakan area publik ini.

Namun bila ingin menikmati wisata menyusuri sungai menggunakan kapal wisata, pengunjung harus menyiapkan dana. Pemerintah setempat telah memprakarsai wisata susur sungai demi pengalaman yang lebih eksklusif.

Harga
Tiket MasukGratis
Wisata Susur Sungai (Dewasa)Rp50.000
Wisata Susur Sungai (Anak 5-12 tahun)Rp25.000

Baca: Rumah Ulin Arya Tiket & Wahana

Jam Buka

Karena merupakan area publik, maka sungai ini buka selama 24 jam. Apalagi aktivitas kapal-kapal di sungai ini sangat padat setiap harinya. Wisatawan bisa datang ke sungai ini kapan pun dan bisa nongkrong sepuasnya. Jam terbaik berkunjung adalah sore hari, karena lebih nyaman saat matahari tak begitu panas.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Daya Tarik Wisata Susur Sungai Mahakam

Berlibur ke Samarinda, belum lengkap rasanya jika tidak pelesiran ke sungai ikonik ini. Pasalnya sungai ini merupakan kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur karena menjadi sumber kehidupan mereka.

Seperti yang diketahui, lebih dari 70 persen pulau Kalimantan terdiri dari perairan sungai. Tidak heran jika banyak yang menjuluki Kalimantan sebagai pulau seribu sungai.

Kemegahan Daerah Aliran Sungai

Sungai Mahakam
Sungai Mahakam. Foto: google maps/Ferdi OS Band

Selain memiliki panjang sekitar 920 kilometer, lebar sungai ini mencapai 300 hingga 500 meter. Daerah aliran sungainya tampak begitu besar dan megah.

Airnya yang memiliki warna kuning kecokelatan memiliki kedalaman mencapai 30 meter. Hal ini membuat Sungai Mahakam sebenarnya kurang aman untuk kegiatan berenang.

Secara keseluruhan diperkirakan Sungai Mahakam memiliki luas 149.277 km2. Berada pada ketinggian antara 20 sampai 40 meter di atas permukaan laut.

Sumber airnya berasal dari pegunungan Iban. Pegunungan tersebut membentang dari timur laut ke barat daya sepanjang sisi barat laut Kaltim.

Baca: TAMAN SALMA SHOFA Tiket & Wahana

Pemandangan Sekitar Sungai

Bila menyusuri sungai dengan kapal, pengunjung akan mendapatkan suguhan pemandangan menarik. Terlihat pemandangan khas kampung pedalaman disisi kanan kiri.

Masih terdapat pemukiman sederhana berupa rumah kayu dan rumah rakit di pinggir sungai. Terlihat juga pemukiman rumah panggung untuk menghindari dampak jika air sungai meluap.

Sungainya sangat indah, wisatawan bisa melihat pemandangan gunung dan pepohonan. Alam sekitarnya masih begitu asri lestari. Akan semakin menyenangkan bila wisatawan menyusuri sungai menggunakan kapal besar.

Wisata Susur Sungai

Wisata susur sungai
Wisata susur sungai. Foto: dispar.kaltimprov.go.id

Di sungai tersebut ada sebuah fasilitas wisata yang mesti dicoba, yakni wisata menyusuri sungai. Aktivitas menyusuri sungai itu dilakukan mempergunakan sarana kapal wisata.

Tersedia lima kapal wisata yang dioperasikan serta memiliki nama unik yakni berawalan kata Pesut. Ada kapal Pesut kita, Pesut Mahakam, Pesut Etam, Pesut Mahkota serta Pesut Bentong.

Kapal akan beranjak dari dermaga Pasar Pagi, kemudian mengatur perjalanannya menurut setiap rute pilihan. Tersedia rute Tenggarong, rute Desa Kutai Lama, serta rute Samarinda.

Fasilitasnya yakni dek 2 tingkat, tempat ibadah, hiburan karaoke, kantin, serta meja makan. Selain menyusuri keindahan sungai, wisatawan akan diajak rekreasi ke pulau/daratan terdekat sekitar 2 jam.

Menjadi Habitat Pesut Mahakam Lumba-lumba Air Tawar

Sungai ini merupakan habitat banyak jenis ikan dan hewan lainnya. Yakni ikan patin, ikan gabus, udang galah, ikan mas, dan masih banyak lagi.

Namun ada satu hewan yang menjadi maskot utama di Sungai Mahakam yakni Pesut Mahakam. Pesut merupakan hewan endemi Kalimantan timur yang terancam punah, sebab populasinya semakin sedikit.

Pesut bukanlah ikan, melainkan binatang mamalia yang hidup di air. Satwa tersebut bisa dikatakan sebagai lumba-lumba air tawar, karena fisiknya mirip lumba-lumba.

Bila beruntung, wisatawan dapat melihat kemunculan pesut bergerombol dalam sebuah kawanan kecil. Hewan ini juga terkenal pintar dan ramah dengan manusia.

Jembatan Mahkota

Jembatan Mahkota saat malam hari
Jembatan Mahkota saat malam hari. Foto: google maps/Nur Rasdianah

Banyak jembatan yang dibangun di atas Sungai Mahakam. Salah satunya yang paling cantik yakni bernama Jembatan Mahkota. Jika pengunjung mengikuti tur menyusuri sungai, bisa melihat dan melewati jembatan ini. Jembatan terlihat cantik berbentuk lengkungan seperti mahkota seorang puteri.

Jembatan Mahkota akan semakin indah setelah senja. Karena jembatan akan menyala terang dalam kegelapan, penuh lampu yang berwarna.

Jembatan ikonik ini bagus untuk menjadi latar foto. Banyak wisatawan memanfaatkan pemandangan Jembatan Mahkota untuk berfoto karena sangat Instagramable.

Nongkrong di Pinggiran Sungai

Sunset di Sungai Mahakam
Sunset di Sungai Mahakam. Foto: google maps/Emhaer_ 1811

Daerah pinggiran sungai juga sering menjadi tempat nongkrong santai para wisatawan semua kalangan. Tempatnya bagus untuk santai di sore hari sambil menikmati sunset.

Atau bisa juga melihat kapal yang hilir mudik. Tak heran karena sungai ini merupakan jalur kapal-kapal tongkang pengangkut hasil tambang di Kalimantan.

Pengunjung juga bisa memancing di pinggir sungai karena Sungai Mahakam memiliki ikan yang berlimpah. Di musim kemarau air sungai akan surut dan menampilkan area dangkal yang estetis. Bebatuan sungai yang besar akan terlihat dan menjadi obyek rekreasi anak muda menjelang sunset.

Fasilitas

Tempat wisata Sungai Mahakam memiliki fasilitas kapal susur sungai. Fasilitas tersebut bisa pengunjung temukan di Dermaga Pasar Pagi. Di dalam kapal ada musala, hiburan karaoke, kantin, bangku-bangku, beserta ruang makan.

Lokasi Wisata Susur Mahakam

Wisata susur Sungai Mahakam berlokasi di Dermaga Kapal Wisata Samarinda, Kalimantan Timur. Bagi yang berencana mengikuti wisata susur sungai Mahakam bisa datang langsung ke dermaga wisata. Di dermaga in banyak tersedia layanan kapal-kapal yang siap membawa wisatawan.

Berikan Rating

4.5 - 23 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: