Beranda Tiket Wisata

Pantai Amal Lama Tiket & Daya Tarik - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Amal Lama : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Pantai Amal, Tarakan Timur, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia, 77123

Kota Tarakan yang berada di sebuah pulau membuatnya dikelilingi oleh daerah pantai. Berbagai pantai indah ada di daerah yang dijuluki “Bumi Paguntaka” ini, salah satunya yaitu Pantai Amal Lama. Dengan ciri khas pasir yang berwarna kecokletan, tempat ini adalah wisata unggulan yang ada di Tarakan. Pasir coklat yang berpadu dengan langit biru menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini. Ketika sore pemandangan sunset yang ditawarkan pantai ini pun sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Pantai Amal Lama letaknya sangat strategis karena hanya sekitar 10 km saja dari pusat kota Tarakan. Tak heran tempat ini selalu ramai akan kunjungan wisatawan dari dalam dan luar daerah. Letaknya yang berada di pesisir timur Tarakan, membuat ombak di pantai ini relatif tenang. Kehadiran berbagai pepohonan di tepi pantai juga menambah kesan rindang dan asri dari tempat ini. Berbagai hal menarik tersaji di pantai ini, sehingga wajib hukumnya berwisata ke sini jika sedang berada di Tarakan. 

Harga Tiket Pantai Amal Lama

Tiket masuk ke pantai memang murah meriah. Wisatawan akan dikenai biaya masuk yang sangat terjangkau. Harga tiket di Pantai ini hanya ada satu kategori, sehingga anak-anak maupun dewasa tiketnya sama. Selain itu tidak ada perbedaan harga antara hari biasa dengan akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Pantai Amal Lama
Harga TiketRp5.000

 Baca: Taman Berlabuh Tiket Gratis Banyak Wahana

Jam Buka Pantai Amal Lama

Untuk berwisata ke sini wisatawan bisa datang kapan saja. Hal itu karena pantai ini tidak ada jam operasional dan selalu buka selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah ketika cuaca sedang cerah. Ketika cuaca cerah wisatawan akan bisa melihat suguhan keindahan terbaik dari pantai ini.

Jam Buka
Setiap hari24 Jam

Daya Pikat di Pantai Amal Lama

Pantai dengan pasir cokelat bersih
Keindahan tepi pantai dengan hamparan pasir cokelatnya. Foto: Gmaps/Kuyung Sany

Berlokasi di Tarakan sebelah timur, Pantai ini sebenarnya terdiri dari dua bagian yaitu Pantai Amal Lama dan Pantai Amal Baru. Di Pantai Amal Lama wisatawan bisa melihat keindahan hamparan pasir coklat yang berpadu dengan ombak dan langit yang biru. Pepohonan kelapa yang berayun di tepi pantai menambah kesegaran dari kawasan wisata ini. Pantai ini memang sangat cocok sebagai tempat bersantai dan menyegarkan pikiran.

Di pantai ini wisatawan bisa menikmati pemandangan sembari menyantap berbagai hidangan yang lezat. Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah warung-warung makannya yang menyediakan makanan khas Tarakan yang sulit didapatkan di tempat lain. Salah satunya adalah sajian Kapah dan Buah Tarap. Semakin sore pantai ini semakin cantik dan romantis dengan langit jingga yang menghiasinya.

Bersantai di Pantai Amal Lama

Aktivitas favorit yang ada di Pantai Amal Lama adalah bersantai. Di tepi pantai banyak bangku-bangku panjang yang bisa dipakai wisatawan untuk bersantai. Duduk bersama orang tersayang sembari menikmati keindahan pantai pastinya memberikan suasana yang romantis. Pasir coklat yang berpadu dengan ombak yang mendayu-dayu menjadi pesona yang sangat memanjakan mata.

Selain di bangku wisatawan juga bisa bersantai di bawah dengan menggelar tikar. Biasanya banyak wisatawan menggelar tikar di bawah pohon kelapa yang teduh. Angin yang berembus di area pepohonan ini pun terasa lebih menyegarkan dan bisa menenangkan pikiran.

Bermain Air dan Pasir Pantai Bersama Si Kecil

Pantai dengan hamparan pasir yang luas
Luasnya hamparan pasir di tepi pantai sangat cocok untuk bermain bersama. Foto: Gmaps/danief29

Berbeda dengan Pantai Amal Baru, Pantai Amal Lama ini memiliki hamparan pasir yang lebih luas. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini. Wisatawan bisa mengajak si kecil untuk berjalan-jalan menyusuri area pasirnya. Tekstur pasirnya yang lembut juga sangat cocok sebagai area bermain. Si kecil tentunya akan sangat senang berada di tempat ini.

Selain itu bermain di bibir pantai juga aman. Hal itu karena pantai ini memiliki ombak yang tenang. Tentu sangat mengasyikkan bermain air yang bersih dan jernih di tepi pantainya. waktu terbaik untuk bermain air ini adalah ketika sore hati. Karena ketika siang akan terasa sangat terik.

Nikmati Kuliner Khas Tarakan

kuliner yang ada di Pantai Amal Lama
wisatawan bisa menikmati hidangan khas Tarakan yaitu Kapah yang ada di sekitar pantai. Foto: Gmaps/Dessy Nuvianty

Selama berada di pantai jangan lupa mencoba deretan warung makan yang menyediakan hidangan khas Tarakan. Di tempat ini wisatawan bisa mencicipi hidangan bernama Kapah. Kapah adalah kuliner khas daerah setempat dengan bahan dasarnya sejenis kerang. Cita rasa dari makanan ini sangat cocok bagi para pecinta pedas. Kapah biasa dihidangkan dengan sambal khas.

Selain Kapah, wisatawan juga bisa mencicipi Buah Terap sebagai pencuci mulut. Buah ini adalah buah khas dari Pulau Kalimantan. tampilan luar dari buah ini mirip seperti nangka. Namun isi dari Terap berwarna putih dengan rasanya yang manis dan segar.

Momen Sunset

Ketika langit cerah momen yang paling ditunggu di pantai ini adalah sunset-nya. Pesona pantai yang indah berpadu dengan langit senja yang kekuninangan akan memberikan suasana romantis yang akan selalu terkenang. Angin yang berembus kian sejuk kala sore hari menambah kenikmatan momen senja.

Fasilitas Pantai Amal Lama

Sebagai destinasi wisata andalan di Tarakan, pantai ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Di sini tersedia area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, bangku, gazebo, warung makan hingga mushola.

Lokasi Pantai Amal Lama

Wisata pantai ini berada di Desa Pantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. hanya berjarak 11 km dari jantung kota Tarakan dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Tanggapan:

4.2 / 5. dari 13

Berikan Rating