Beranda Tiket Wisata

Pantai Batu-Batu Banua Patra: Tiket & Aktivitas - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Batu-Batu Banua Patra : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jalan Jenderal Sudirman, Perapatan, Balikpapan Kota, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia, 76111

Pantai Batu-Batu Banua Patra adalah wisata pantai yang ada di pesisir selatan kota Balikpapan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya berjarak sekitar 21 Km. Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan kontras dari warna pasir dan air lautnya. Pasir putih dengan warna laut yang biru menjadi perpaduan yang sempurna. Area pesisirnya memiliki daratan yang tidak begitu luas dan terapit dua tebing batu di kanan kirinya. Di sekitar tebing penuh dengan pepohonan yang membuat pantai ini terlihat sangat rindang dan teduh.

Bagi yang mencari wisata alam yang masih sangat alami ini jelas merupakan pilihan tepat. Pemandangan indah dengan angin laut yang berembus menjadikan pantai ini sangat cocok untuk melepas penat. Pantai ini juga menjadi spot terbaik untuk menikmati sunset di Kota Balikpapan. Karena tepi pantainya menghadap tepat ke arah barat. Pemandangan romantis jelas tersaji kala senja.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu-Batu Banua Patra

Untuk menikmati keindahan pantai ini wisatawan tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Karena tidak ada penetapan harga tiket masuk alias gratis.  Wisatawan hanya perlu memikirkan biaya akomodasi dan membeli perbekalan karena di sekitar pantai tidak ada penjual makanan ataupun kebutuhan lainnya.

Harga tiket Masuk
Harga tiketGratis

Baca: KEBUN RAYA Balikpapan: Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Batu-Batu Banua Patra

Tidak ada jam operasional di pantai ini. Sehingga wisatawan bisa datang kapan saja untuk menikmati keindahannya. Namun waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah siang hingga sore hari ketika langit cerah. Di waktu tersebut wisatawan bisa melihat pesona menawan kawasan pantai dengan jelas. Terutama keindahan momen senjanya.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Pesona Pantai Batu-Batu Banua Patra

Area tepi Pantai Batu-Batu Banua Patra dengan batuan karang
Keindahan Pantai Batu-Batu Banua Patra dengan tebing batu di kanan kirinya. Foto: Gmaps/Kustanto Raharjo

Awalnya pantai ini bernama Banua Patra saja. Disebut batu-batu karena wilayahnya yang penuh dengan batuan alam. Batuan ini berukuran besar sehingga membentuk semacam gundukan di kanan kiri pantai. Di atas gundukan tumbuh pepohonan hijau dan membuat pantai ini terasa begitu asri dan rindang. Tempat ini sangat cocok bagi yang ingin “kabur” dari rutinitas harian dan menenangkan pikiran. kawasannya yang sangat alami membuat siapa saja akan terhipnotis oleh keindahannya.

Ciri khas pantai ini ada pada pasirnya yang putih halus. Merupakan kombinasi pas dengan batuan alam berwarna hitam dan ombak biru yang melambai-lambai. Ketika sore hari suasana di pantai ini semakin cantik. Karena pantai ini tepat menghadapi ke arah barat. Sehingga wisatawan bisa melihat pesona luar biasa dari sunset dengan leluasa.

Baca: Caribbean Waterpark Balikpapan Tiket & 9 Wahana

Bermain Air

Ombak dari pantai ini memang seakan menggoda siapa saja untuk bercengkerama di dalamnya. Pasir yang halus berpadu dengan ombak yang tidak begitu besar memang menjadi perpaduan pas untuk bermain air. Meski begitu wisatawan harus tetap berhati-hati dan jangan terlalu dekat dengan area bebatuan. Bermain air di dekat area bebatuan cukup berbahaya karena banyak batuan yang ujungnya tajam.

Selain itu kehadiran pepohonan yang rindang juga membuat aktivitas bermain air menjadi kian nyaman. Hal itu karena pohon-pohon ini mampu menghalangi dari panas matahari. Sehingga memberikan suasana yang rindang di area pantai.

Baca: Lamin Etam Ambors Balikpapan Tiket & 6 Daya Tarik Wisata

Bersantai Menikmati Keindahan Pantai

Pantai dengan pemandangan kapal-kapal besar
Hal unik dari Pantai ini adalah pemandangan kapal yang berlalu lalang. Foto: Gmaps/Nana Fe

Area sekitar pantai juga merupakan tempat yang cocok untuk sekedar bersantai. Tempatnya yang masih alami membuatnya dapat menyegarkan pikiran. Selain itu sejuknya angin pantai semakin menambah ketenangannya. Yang unik, selain pemandangan pantai yang indah, wisatawan juga bisa melihat kapal yang sedang berlayar. Karena memang pantai ini dekat dan berada satu garis dengan Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Berburu Foto-Foto Menarik

Pantai dengan banyak batuan alam besar
Batuan alam besar menjadi salah satu spot foto favorit. Foto: Gmaps/Ahmad Husein Batubara

Berwisata ke pantai tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen. Apalagi di pantai yang memiliki keindahan luar biasa seperti Pantai Batu-Batu Banua Patra. Bebatuan besar di sekitar pantai yang tersapu ombak bisa menjadi obyek menarik untuk berfoto. Selain itu lautan biru dengan kapal-kapal besar yang berlalu lalang sangat sayang jika tidak diabadikan.

Baca: PANTAI KEMALA Balikpapan: Tiket & Ragam Aktivitas

Romantisnya Sunset

sunset yang indah di Pantai Batu-Batu Banua Patra
Sunset yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Foto: Gmaps/Wiwik Fatimah

Waktu terbaik berkunjung ke pantai ini adalah ketika sore hari. Tempat ini menjadi salah satu spot terbaik melihat sunset di Balikpapan. Menikmati keindahan pantai Batu-Batu Banua Patra dengan langit senja yang mulai menguning menjadi sajian yang sangat mewah. Momen-momen ketika matahari tenggelam sangat cocok dinikmati bersama dengan keluarga, kerabat atau orang-orang tersayang.

Memancing

Pantai Batu-Batu Banua Patra juga kerap kali menjadi pilihan tujuan memancing. Pantai ini memiliki beragam spesies ikan laut yang sering berkumpul di area bebatuan. Sambil menunggu umpan ditarik ikan, wisatawan bisa menikmati keindahan luar biasa yang ditawarkan oleh pantai yang berada di ujung barat Balikpapan ini.

Fasilitas

Sebagai pantai yang masih sangat alami tidak banyak fasilitas yang ada di pantai ini. Meski begitu fasilitas yang ada cukup menunjang kebutuhan wisatawan. Di tempat ini tersedia fasilitas toliet dan juga tempat parkir.

Lokasi Pantai Batu-Batu Banua Patra

Menariknya meski memberikan sensasi wisata alam yang masih sangat alami, lokasinya tidak jauh dari pusat kota Balikpapan. Pantai ini hanya berjarak sekitar 10 Km dari pusat kota dan bisa ditempuh dalam waktu 15-20 menit. Pantai tepatnya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Perapatan, Balikpapan Kota, Balikpapan.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 17

Berikan Rating