Beranda Tiket Wisata

PANTAI KEMALA: Tiket & Ragam Aktivitas - Januari 2021

Pantai Kemala
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 23.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Prapatan,Balikpapan Kota,Balikpapan,Kalimantan Timur,Indonesia,-.

Pantai Kemala merupakan salah satu tempat wisata yang terletak tak jauh dari pusat kota Balikpapan. Papan bertuliskan Kemala Beach dan D’Jimbaran Resto menjadi penanda pantai yang terletak di belakang wisma Pertamina ini. Pantai ini banyak digemari terutama oleh para kawula muda.

Hamparan pasir putih tepi pantai yang landai siap menyambut. Belum lagi deretan pepohonan kelapa yang menambah eksotisme pemandangan sekitar pantai. Tak salah memang jika pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di Balikpapan. Bahkan area pantai akan dipadati pengunjung terutama hari libur dan akhir pekan.

Tiket Masuk Pantai Kemala

Untuk bisa menikmati panorama Pantai Kemala pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Jika ingin sekaligus mencoba wahana permainan pengunjung dapat membayar tarif tambahan sendiri.

Harga tiket masuk
TiketRp5.000
Wahana
Banana boat dan Flying FoxRp25.000

Baca: Pilihan Destinasi Wisata Menarik di Balikpapan

Jam Buka

Pantai Kemala terbuka untuk pengunjung setiap harinya tanpa ada batasan waktu. Waktu yang pas mengunjungi pantai yaitu pada sore hari. Pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbenam di sini.

Jam buka
Setiap hari08.00 – 23.00

Ragam Aktivitas di Pantai Kemala

Area tepi pantai berpasir putih
Panorama eksoris tepi pantai dengan birunya langit cerah dan air laut yang jernih. Foto: instagram/lulukwidy

Pantai Kemala menyuguhkan pemandangan eksotis birunya langit yang dipadu dengan birunya laut. Di pantai ini pengunjung bebas berenang di air atau bermain pasir. Pasirnya yang lembut dan airnya yang segar. Akan membuat pengunjung betah bermain-main lama di sini. Dilengkapi dengan wahana air dan berbagai wisata kuliner semakin menambah daya tarik pantai ini.

Bersantai di Atas Pasir Putih

bangku-bangku dan meja pinggir pantai kemala
Wisatawan bisa bersantai di bangku-bangku dengan dekorasi khas Bali ditemani pohon kelapa. Foto: instagram/yantikastawa

Alas berupa pasir putih yang lembut menjadi sambutan selamat datang yang ramah. Pepohonan kelapa khas pantai yang berdiri di pinggir juga turut menghiasi suasana. Ombaknya yang kecil-kecil menggelitik tepi pantai membiarkan beberapa anak kecil bermain dengan riang. Angin sepoi-sepoi yang berhembus nyaman semakin menciptakan destinasi bersantai yang menyejukkan.

Baca: Lamin Etam Ambors Tiket & 6 Daya Tarik Wisata

Meski situasinya terasa bersahabat, pengunjung sebaiknya juga berhati-hati. Salah satunya pengunjung diharapkan sudah tidak ada yang bermain air pukul setelah pukul enam. Pantai akan mengalami pasang dan airnya yang naik bisa menjadi lebih berbahaya.

Menikmati Perairan Pantai dengan Wahana

Pantai Kemala memiliki wahana permainan seperti banana boat dan flying fox. Banana boat merupakan sebuah perahu berbentuk pisang yang akan meluncur dengan ditarik oleh perahu lain atau jetski. Banana boat ini akan membawa pengunjung berkeliling di atas air hingga ke Pantai Monpera.

Baca: Caribbean Waterpark Tiket & 9 Wahana

Pengunjung hanya perlu membayar tarif sebesar Rp 25.000. Karena tidak ada karcis resmi pengunjung dapat langsung mengantri dengan menghampiri wahana. Banana boat akan mulai dilakukan jika sudah terdapat enam orang penumpang. Biasanya wahana ini akan beroperasi di sore hari sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Spot-Spot di Pinggir Pantai

Cafe dan restoran di tepi pantai kemala
Wisata kuliner ditemani lampu-lampu cantik di pinggir pantai. Foto: google maps/adi prasetio

Lebatnya pohon tepi pantai memberikan naungan yang sejuk bagi pengunjung yang menyusuri pantai. Keteduhan pantai ini tak jarang digunakan sebagai area bersantai sambil menikmati pemandangan pantai.

Di sisi lain pantai banyak tersedia meja dan bangku yang boleh digunakan pengunjung. Tempat-tempat kuliner berjajar rapi siap untuk memenuhi kebutuhan pangan. Di sisi lainnya juga terdapat panggung hiburan yang bisa dimanfaatkan.

Pantai Sekitar Kemala

Pantai monpera
Pantai Monumen Rakyat atau Monpera yang berdampingan dengan Pantai Kemala. Foto: google maps/triyanto prabowo

Pantai Kemala diapit oleh dua pantai lainnya yang juga berada di Jalan Sudirman. Ketiga pantai yang berjajaran ini memiliki daya tariknya masing-masing. Pantai-pantai ini biasanya ramai didatangi dalam satu kunjungan sekaligus. Karena letaknya yang bersebelahan tiga pantai ini dapat disusuri hanya dengan berjalan kaki.

Pantai pertama adalah Pantai Monumen Perjuangan Rakyat atau Monpera. Pantai ini memiliki taman yang dipenuhi tumbuhan hijau yang asri. Selanjutnya ada Pantai Kilang Mandiri yang memiliki area pantai lebih luas. Pengunjung dapat bermain sepak bola pantai di Pantai Kilang Mandiri.

Fasilitas

Pantai Kemala menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Selain itu fasilitas umum lainnya seperti toilet, tempat bilas, dan tempat ganti juga tersedia. Terdapat juga musholla bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah.

Lokasi Pantai Kemala

Kawasan wisata pantai ini terletak di Jalan Sudirman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Bisa dicapai menggunakan transportasi umum jurusan Pelabuhan Melawai. Untuk angkutan umum gunakan jurusan nomor 03 dengan warna putih-biru muda rute Terminal Batu Ampar-Pelabuhan Semayang. Dapat ditempuh dengan waktu 5 menit dari pusat kota.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini