Beranda Tiket Wisata

PANTAI KENYAMUKAN Tiket & Ragam Aktivitas September 2021

Pantai KenyamukanHarga Tiket: Gratis - Rp10.000Jam Buka: 07.00 - 22.00No Telp: -Alamat: -, Sangata Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur, Indonesia, 75683

Pantai Kenyamukan merupakan kawasan pantai yang dikelilingi hutan bakau yang masih tampak alami. Terletak di sebelah Pelabuhan Sangatta, Kutai Timur. Akses pantai yang dekat dengan kota dan mudah dijangkau menjadikan pantai ini destinasi favorit warga sekitar.

Pantai Kenyamukan memiliki badan pantai yang landai dengan pasir kehitaman. Gelombang airnya cukup tenang dan tak banyak ombak membuat pantai ini aman untuk anak-anak. Matahari terbenam di sore hari seolah menjadi spot utama. Biasanya pengunjung menikmati pemandangan dari jalan kayu yang dibangun di atas air.

Tiket Masuk Pantai Kenyamukan

Pantai Kenyamukan bebas dikunjungi tanpa perlu mengeluarkan biaya. Pantai ini menjadi destinasi menghabiskan liburan bersama keluarga dan teman yang murah meriah.

Harga Tiket Masuk
TiketGratis
Sewa BanRp10.000

Baca: Destinasi Wisata Pantai Terbaik di Kalimantan Timur

Jam Buka

Pantai buka setiap hari dari pagi hingga malam. Waktu yang bagus dikunjungi adalah pagi atau sore hari ketika matahari tidak terlalu terik. Sore hari menjadi waktu yang biasanya padat pengunjung terutama akhir pekan. Di sore hari pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbenam.

Jam Buka
Setiap hari07.00 – 22.00

Daya Tarik Pantai Kenyamukan

Panorama Pantai Kenyamukan
Pantai Kenyamukan dengan pantainya yang landai dan belaian semilir angin memberikan suasana nyaman untuk bersantai. Foto: google maps/Vica Papayungan

Meski fasilitasnya belum selengkap pantai-pantai lain, Pantai ini tetap tak pernah sepi pengunjung. Pemandangan laut lepas dengan ombak beriak kecil menjadi pemandangan yang memanjakan mata.

Angin laut yang berhembus sejuk menambah rileks dan melepas penat usai beraktivitas seharian. Daya tarik Pantai Kenyamukan ini seolah terkenal bagi wisatawan lokal namun tak pernah membuat bosan.

Bersantai Sambil Piknik

Pantai ini seringkali menjadi tujuan pengunjung terutama warga Sangatta yang ingin sekedar bersantai. Pantai ini cukup ramai dikunjungi karena letaknya yang dekat dengan kota dan mudah dijangkau. Menghabiskan sore dengan menikmati senja menjadi momen indah yang ditunggu-tunggu. Di kawasan sekitar pantai juga tersedia berbagai kuliner dari kudapan sederhana hingga berat.

Baca: Pantai Mutiara Indah Kutai: Tiket & Aktivitas

Pantai Kenyamukan menjadi destinasi rekreasi yang murah meriah. Pengunjung yang ingin berpiknik bisa membawa tikar dan bekal sendiri dari rumah. Tiket masuknya pun tidak dipungut biaya alias gratis. Tidak perlu khawatir kehabisan tempat karena areanya memiliki garis pantai yang panjang.

Berenang dan Bermain Ditemani Deburan Ombak

Pantai Kenyamukan dengan badan pantai yang landai
Pantainya yang landai membuat anak-anak aman untuk bermain air dan pasir di kawasan pantai. Foto: google maps/Hengky Setiawan

Airnya yang dangkal akibat badan pantai yang landai mengundang anak-anak untuk bermain di sini. Pantai Kenyamukan menyediakan persewaan ban renang untuk keamanan bermain di pantai. Meski begitu bukan berarti anak-anak bisa dilepas begitu saja namun masih membutuhkan pengawasan orangtua.

Ketika cuaca cerah, area sekitar pantai menjadi tempat yang bagus untuk bermain layang-layang. Beragam layang-layang dengan aneka bentuk dan warna akan terbang menghiasi langit biru. Tak jarang juga anak-anak berlarian sambil berkejaran di atas air. Sebagian lainnya bermain pasir baik di tepi pantai maupun di tengah genangan air laut.

Baca: PULAU BERAS BASAH Tiket & Aktivitas Seru

Berfoto dengan Alam

Perahu melaju di atas air
Abadikan spot foto bersama alam yang memukau dengan permukaan air yang tenang, pepohonan, dan langit cerah. Foto: google maps/Mitha TN

Spot foto di Pantai Kenyamukan untuk saat ini hanya berasal dari alam. Keindahan alam tentu memukau untuk dijepret meski belum disediakan spot foto buatan untuk bergaya. Latar belakang garis laut yang bertemu kaki langit dapat diabadikan dengan jelas. Pengunjung sebaiknya datang ketika cuaca cerah agar langit tidak tertutup mendung.

Kapal yang sesekali lewat menjadi objek tambahan yang menarik. Pengambilan foto dari objek bergerak akan memberikan kesan suatu cerita dalam sebuah gambar. Kawasan pantai yang dikelilingi pohon seperti bakau pun menambah indah dan hijau panorama. Pepohonan yang berdiri di atas laut terutama saat pasang menjadi pemandangan yang unik.

Menikmati Kesibukan Aktivitas Pantai

Perahu melaju di atas air
Hilir mudik kapal yang melintas di Pantai Kenyamukan menjadi kesibukan yang menarik untuk diamati. Foto: google maps/Kirman Bunyu

Pantai Kenyamukan yang bersebelahan dengan Pelabuhan Sangatta membuat tempat ini sering dilalui kapal. Dari pantai ini dapat dilihat banyaknya hilir mudik kapal pengangkut minyak dan batu bara. Pemandangan melihat laut yang dibelah kapal barang tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Tak jarang juga kapal-kapal kecil melintas dan menambah objek untuk diamati.

Di sisi lainnya juga terdapat dermaga tempat berlabuh kapal-kapal nelayan. Hampir setiap hari dapat dijumpai nelayan yang bekerja mencari ikan di laut. Beberapa pengunjung juga menikmati kegiatan memancing di area sekitar pantai. Di sekitar pantai juga terdapat penyewaan perahu bagi pengunjung yang ingin memancing.

Pantai Kenyamukan juga seringkali menjadi tempat untuk berkemping. Terkadang dapat ditemui beberapa tenda yang berdiri di tepi pantai. Pantai yang terbuka selama 24 jam ini memang bebas dimanfaatkan kapan saja. Sebaiknya tak lupa untuk tetap menjaga kebersihan area wisata pantai.

Fasilitas

Pantai Kenyamukan menyediakan persewaan ban renang yang dapat dipakai sepuasnya dan juga perahu untuk memancing. Untuk fasilitas umum seperti mushola dan toilet umum belum ada, lahan parkir ada. Tersedia wifi yang memancar di kawasan sekitar pantai dan dapat dimanfaatkan umum. Di sekitar pantai juga tersebar berbagai penjual yang menjajakan aneka kuliner.

Lokasi Pantai Kenyamukan

Objek wisata pantai ini terletak di Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur 75683. Berjarak kurang lebih sembilan kilometer ke arah timur dari pusat Kota Sangatta.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini