Beranda Tiket Wisata

PANTAI MATRAS Harga Tiket, Aktivitas & Lokasi – Februari 2023

0
Pantai Matras Harga Tiket Masuk : Rp5.000. Jam Buka : 24 jam. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Jalan Pantai Matras, Desa Sinar Baru, Sungai Liat, Bangka, Bangka Belitung, Indonesia, 33212.

Pantai Matras terkenal sebagai pantai terpanjang di Bangka Belitung. Panjang pesisir pantainya mencapai 3 kilometer, dengan area pasir yang juga luas. Sekitar 20 – 30 meter area beralas pasir putih yang halus. Wisatawan bisa puas bermain di pantai dari ujung ke ujung.

Di sini, wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan berbagai permainan air. Uniknya lagi, tak hanya pantai yang indah, tempat ini juga memiliki sungai air tawar. Yang mengalir di dekat pesisir pantai, dan membentuk sebuah kolam dangkal di dekatnya. Berbagai fasilitas umum juga telah tersedia bagi wisatawan supaya lebih nyaman berwisata di sini.

Harga Tiket Masuk Pantai Matras

Objek wisata ini menetapkan tarif masuk yang sangat terjangkau. Meskipun sudah ada penginapan di dekat pantai, tak serta merta membuat tempat ini menjadi mahal.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp5.000

Baca: Pantai Batu Bedaun Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka Pantai Matras

Pantai Matras dapat dinikmati sepanjang hari. Bahkan, wisatawan juga dapat menginap di penginapan sekitar maupun mendirikan tenda di tepi pantai.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Menikmati Indahnya Pantai Matras

Pantai Matras
Pantai Matras. Foto: Gmap/Willem

Pantai Matras memiliki semua definisi pantai eksotis. Pasir pantai yang putih dan lembut akan menyambut wisatawan ketika menginjakkan kaki di sini. Hamparannya lebar dan memanjang hingga 3 kilometer dari ujung ke ujung pantai. Tampak begitu terang ketika terkena sinar matahari.

Air lautnya pun tampak begitu tenang, dengan air yang jernih. Wisatawan dapat melihat dasar perairan yang berupa pasir dari permukaan saja. Warnanya juga tampak bergradasi, putih di tepi pantai, kemudian hijau, dan semakin biru menuju ke tengah laut. Deburan ombak pun tampak menyambut dengan tenang, gulungannya perlahan menyapu tepian pantai.

Pantai ini pun terbilang asri, di mana banyak tumbuh pepohonan di sekitar pantai. Pohon kelapa pun menjadi primadona di sini, karena tumbuh begitu tinggi serta berjarak dengan rapi. Batu-batu granit berukuran besar juga turut menghuni kawasan pesisir. Membuatnya tampak begitu khas pantai di Kepulauan Bangka Belitung ini.

Baca: PANTAI TUING Tiket Murah Pasir Putih Memukau

Dari Batu Besar hingga Pantai Tak Berujung

Batu Granit di Bibir Pantai
Batu Granit di Bibir Pantai. Foto: Gmap/Apeade _e

Sematan nama Pantai Terpanjang di Bangka Belitung tampaknya tepat bagi Pantai Matras. Dengan keindahan pantai yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu selatan dan utara. Di bagian utara inilah wisatawan akan melihat pantai yang seolah tak berujung. Memanjang hingga tak terlihat ujungnya.

Sementara di bagian selatan, wisatawan akan melihat batu-batu granit besar. Batu granit berwarna cokelat terang yang menyembul beberapa meter tingginya. Wisatawan pun dapat menaiki batu-batu ini dengan aman. Karena permukaan batu yang kasar namun tidak runcing, sehingga lebih aman.

Tak sedikit yang datang untuk berfoto di batu-batuan ini. Mengingatkan pada film Laskar Pelangi yang tayang pada 2008 silam. Wisatawan juga dapat bermain lari-larian di antara sela-sela batu besar ini.

Sungai Air Tawar di Tepi Pantai

Aliran Sungai Air Tawar di Pinggir Pantai
Aliran Sungai Air Tawar di Pinggir Pantai. Foto: Gmap/Joss Kiki

Selain batu-batu granit, di sisi selatan ini juga terdapat sebuah sungai. Sungai air tawar yang mengalir dengan air yang jernih. Sungainya membentuk sebuah kolam dengan kedalaman yang dangkal. Dasarnya merupakan pasir putih yang sama dengan pasir di kawasan pantai.

Biasanya, sungai ini digunakan untuk bilas setelah berenang dan bermain di pantai. Aliran airnya tenang dan terlihat jernih. Tak sedikit anak-anak yang menggunakan kolam air tawar ini sebagai tempat bermain. Karena dangkal, sehingga cukup aman bagi anak-anak bermain.

Dulu, kolam ini dijadikan anak-anak sekitar untuk menambang timah. Dengan cara mengeruk pasir, kemudian menggoyang-goyangkan hingga muncul timahnya. Anak-anak ini menggunakan wajan kecil atau piring untuk menyaring timah. Harganya pun fantastis, yaitu Rp100.000 per kilogram.

Berenang di Laut Lepas Pantai Matras

Pantai Matras memiliki ombak tenang menjadikan lokasi yang tepat untuk berenang. Apalagi, di dekat pantai perairannya masih terbilang dangkal. Wisatawan bisa dengan bebas berenang di laut lepas pantai ini. Untuk lebih nyaman berenang, sebaiknya di pagi atau sore hari saat matahari sudah tidak terik.

Anak-anak juga tampak berenang didampingi orang tua. Berenang dan bermain air menggunakan pelampung kecil. Beberapa tampak bersantai di tepian, membiarkan ombak menyapu air dan membasahinya.

Bersantai di bawah Pohon Rindang

Di sekitar pantai, terdapat pohon-pohon yang sengaja ditanam oleh pengelola. Selain pohon kelapa, ada juga pohon cemara yang sudah tumbuh tinggi. Pohon-pohon tersebut berjarak sekitar satu meter antar pohon lainnya.

Di sela-sela pohon tersebut terdapat hammock, yang terkait di dua pohon. Wisatawan dapat bersantai di hammock tersebut. Sembari tiduran menikmati sepoi angin yang lembut membelai.

Kemudian jangan lewatkan berpiknik di bawah pepohonan ini. Dengan membawa tikar atau tenda sederhana. Serta menikmati kuliner yang dijual di sekitar pantai.

Senja dan Malam di Pantai Matras

Senja Indah di Pantai Matras
Senja Indah di Pantai Matras. Foto: Gmap/Irwan Syah

Objek wisata ini memiliki pemandangan senja yang indah. Apalagi jika sedang cerah, saat matahari terbenam di ufuk barat. Matahari yang bersinar, perlahan meredup dan mulai bergulir turun di barat. Langit yang terang, perlahan gelap dan berganti menjadi malam.

Saat malam, suasana pantai menjadi semakin tenang. Wisatawan dapat menikmati lautan sembari melihat pemandangan kapal-kapal yang berlayar. Sambil menyantap ubi goreng keju, kolak labu merah, serta pisang goreng keju yang hangat.

Mitos Pantai Matras

Tak hanya pantai di Pulau Jawa yang memiliki kisah mistis. Di Pantai Matras, ada juga kisah-kisah mistis dan mitos yang dipercaya masyarakat sekitar. Mitos ini salah satunya adanya penunggu wanita di pantai. Yang kerap kali mencari korban laki-laki untuk menjadi suaminya.

Ketika ada wisatawan yang tenggelam, maka akan dikait-kaitkan dengan mitos tersebut. Percaya atau tidak, mitos ini sudah berkembang di masyarakat secara turun-temurun. Bahkan, hal ini dibenarkan oleh dukun setempat.

Lokasi Pantai Matras

Pantai ini berlokasi di Jalan Pantai Matras, Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 34

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini