Beranda Tiket Wisata

PANTAI KUBU Jimbaran Sunyi & Tersembunyi September 2021

Pantai KubuHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali, Indonesia, 80361

Kubu Beach atau Pantai Kubu salah satu pantai “semi-privat” di kawasan Jimbaran, Bali Selatan. Lokasinya tepat di bawah Ayana Resort yang berada di puncak Bukit Jimbaran. Pantai ini terkenal sebagai pantai tersembunyi dengan berjuta pesona.

Disebut semi-privat karena akses ke pantai memang lebih mudah untuk tamu Ayana Resort. Tapi bukan berarti pantai ini tidak bisa  terlarang untuk wisatawan umum. Akses jalannya memang berbeda dan cukup merepotkan. Tetapi tentu saja sebanding dengan sajian keindahan alam yang ada.

Tiket Masuk Pantai Kubu

Untuk memasuki pantai secantik ini, wisatawan tidak terkena biaya sama sekali. Pantai ini memang pengelolaannya oleh Ayana Resort, namun tidak ada tiket masuk yang berlaku. Pengunjung bisa bebas datang kemari. Pengecualian pada hari besar keagamaan, akses ke pantai melalui Pura Goa Peteng – Tunjung Mekar akan ditutup.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Gratis

Baca Juga: 30+ Pantai Terbaik Di Bali

Jam Buka Pantai Kubu

Pantai wisata ini terbuka untuk umum. Tidak ada jam operasional yang berlaku bagi wisatawan. Namun, pengunjung umum disarankan tidak datang atau pulang melewati sore hari. Ini karena jalan setapak melalui Pura Tunjung Mekar tidak dilengkapi penerangan yang cukup.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Kubu Beach

Pantai Kubu Jimbaran
Kubu Beach atau Pantai Kubu adalah pantai tersembunyi di kawasan Bukit Jimbaran, Badung – Foto: Google Maps/Howard Banwell

Sepanjang pesisir Bali Selatan memang tidak sulit untuk menemukan pantai yang cantik. Ke mana kaki melangkah, wisatawan akan dimanjakan oleh birunya laut dan pasir putih lembut. Namun, tidak mudah untuk menjumpai pantai yang sepi pengunjung di Pulau Dewata ini. Seperti yang terlihat di Pantai Kubu atau Kubu Beach di Jimbaran, Kuta Selatan.

Pantai Kubu seakan jadi oasis tersembunyi di antara kawasan Jimbaran yang selalu ramai wisatawan. Bagaimana tidak? Pantai ini berada di balik bukit karang dan memiliki akses yang terbatas. Jika tidak bertanya ke warga setempat, wisatawan mungkin hanya mengenal pantai ini sebagai pantai pribadi.

Nyatanya, Kubu Beach yang menawan itu bisa terbuka untuk siapa saja. Asalkan mau sedikit repot oleh akses jalan setapak yang sempit dan berbatu. Namun, semua kelelahan itu akan terbayar oleh pesona Pantai Kubu. Jika mencari ruang untuk menyendiri di Bali, Kubu Beach adalah opsi yang tepat.

Baca Juga: PANTAI PANDAWA Tiket & 13 Daya Tarik

Akses Pantai Kubu dari Ayana Resort

Lift dan tangga di sisi tebing
Tampak lift dan tangga ke area Kubu Beach dari atas bukit khusus pengunjung Ayana Resort – Foto: Google Maps/Bali Cycling Operator

Ayana Resort adalah resor mewah yang berada di kawasan barat Jimbaran. Resor ini mengisi hampir sebagian besar wilayah bukit tebing tersebut. Sebagai akomodasi bintang lima, Ayana Resort menyediakan fasilitas berlibur yang lengkap. Salah satu fasilitasnya adalah akses pribadi ke Kubu Beach.

Untuk menuju Kubu Beach, pengelola Ayana Resort menyediakan transportasi shuttle dari area resor. Shuttle ini akan membawa pengunjung ke lift yang dibuat secara khusus. Lift ini mengantarkan pengunjung untuk tiba di area Kubu Beach kurang dari satu menit saja.

Lift tersebut berada langsung di sisi tebing. Sebelum ada lift, pengunjung Ayana harus melewati barisan anak tangga sebanyak 197 tapak. Jika menyukai aktivitas fisik, akses tangga ini bisa juga berguna sebagai bagian dari perjalanan ke Kubu Beach.

Baca Juga: PANTAI ULUWATU Tiket & 9 Aktivitas Seru

Akses dari Pura Goa Peteng – Tunjung Mekar

Jalan setapak ke Pantai Kubu
Jalan setapak ke Kubu Beach melalui area Pura Goa Peteng – Tunjung Mekar – Foto: Google Maps/Robertus James

Wisatawan selain tamu Ayana Resort masih bisa mencapai pantai ini, lho. Untuk aksesnya bisa memulai dari Pura Goa Peteng – Tunjung Mekar. Menghindari salah jalan, wisatawan sebaiknya bertanya pada warga setempat yang mengenal area tersebut.

Memang medan jalannya masih merupakan jalan setapak dengan medan tanah kapur berbatu. Jalan ini cukup sempit dan hanya motor yang bisa melewatinya. Inipun cukup berisiko karena medannya bisa saja merusak roda motor. Jadi, lebih baik untuk berjalan kaki saja kemari.

Sepanjang jalan, wisatawan akan menyusuri area batu kapur yang sedikit tertutup hutan. Waktu tempuh selama perjalanan tidaklah terlalu lama. Setelah sekitar 30 menit, wisatawan sudah bisa menginjakkan kaki di hamparan pasir Kubu Beach.

Baca Juga: BLUE LAGOON Eksotisme Tersembunyi di Karangasem

Pantai Tersembunyi

Spot foto khas Kubu Beach adalah batu karang berlubang
Spot batu karang berlubang yang sering jadi tempat berfoto – Foto: Google Maps/Muhammad Dadang Kurnia

Sejauh ini Pantai Kubu memang belum banyak terjamah turis. Area pantainya cukup luas, dengan pasir yang putih bersih dan lembut. Namun, konturnya cukup miring dan bibir pantainya memiliki batu karang besar.

Di samping itu, angin lautnya sangat kencang. Ini membuat gulungan ombaknya sangat besar. Meski lautnya jernih dan bersih, namun tidak direkomendasikan sebagai tempat berenang. Perpaduan ombak dan batu karang bisa membahayakan siapa saja yang mencoba bermain di sini.

Karenanya, Pantai Kubu lebih digemari sebagai tempat bersantai semata. Wisatawan bisa menyaksikan pemandangan sunset yang menawan dari sini. Pantai ini lebih cocok sebagai arena santai maupun berfoto karena keindahannya.

Batu karang berukuran masif memang jadi objek utama yang menghiasi Kubu Beach. Di antara semua batu yang ada, terdapat satu spot unik. Batu ini berlubang di tengah dan menyerupai terowongan. Batu karang berlubang ini seringkali jadi incaran para pemburu foto dan selfie, lho.

Baca Juga: Pesona PANTAI SANUR Tiket & Aktivitas

Kubu Beach Club

Lounge menghadap ke laut
Kubu Beach Club yang menghadirkan kenyamanan eksklusif di kawasan Pantai Kubu – Foto: Google Maps/Kubu Beach Club

Pengunjung tidak akan menjumpai warung atau kios di pantai ini. Saat berwisata kemari, wisatawan harus membawa makanan atau minum sendiri. Namun, terdapat fasilitas khusus bagi tamu Ayana Resort. Fasilitas tersebut yaitu Kubu Beach Club yang berada di sisi utara pantai.

Kubu Beach Club merupakan perpaduan tempat bersantai dan rekreasi. Terdapat lounge, kafe, serta bar. Desainnya bernuansa alam dengan elemen furnitur dan dekorasi dari kayu, daun, dan kelapa. Beach club ini berada di tebing Pantai Kubu dan menghadap langsung ke laut.

Pengunjung dapat merasakan suasana pesisir dengan kenyamanan eksklusif di sini. Tersedia area bersantai dengan pilihan menu lokal maupun internasional. Berteman angin laut, pengunjung dapat menikmati aneka minuman segar seperti koktail hingga air kelapa murni. Tidak lupa manjakan diri dengan layanan kepang rambut dan tato temporer yang menenangkan.

Baca Juga: DIAMOND BEACH Nusa Penida Daya Tarik Memesona

Fasilitas Pantai Kubu

Sebagai destinasi wisata, Pantai Kubu tidak memiliki sarana pendukung yang cukup. Hanya ada area parkir untuk motor di sekitar area pantai. Tidak ada toilet, musala, ataupun warung. Fasilitas berupa beach club dan lift merupakan sarana yang disediakan khusus untuk tamu Ayana Resort.

Lokasi Kubu Beach

Pantai Kubu terletak di Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Berjarak sekitar 30 menit waktu tempuh dari Bandara Ngurah Rai ke selatan. Akses ke pantai bisa melalui parkiran Pura Goa Peteng-Tunjung Mekar yang berada di Jalan Goa Peteng-Kacong II. Wisatawan cukup berjalan kaki menyusuri jalan setapak di sisi barat pura hingga tiba di lokasi.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini