TAMAN LUMINTANG Denpasar: Tiket, Jam Buka, Daya Tarik, Fasilitas dan Lokasi Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Taman Lumintang Denpasar: Rp0 - Rp5.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Denpasar, Bali , Indonesia, 80233

Taman Lumintang merupakan salah satu taman kota yang menjadi tujuan refreshing warga Denpasar. Pemandangannya asri, sejuk, dan memiliki banyak tumbuhan rindang. Taman ini juga menghadirkan pertunjukan air mancur yang memukau di setiap akhir pekan. Ketika malam hari, taman akan tampak indah dengan lampu air mancur yang menyala.

Ruang terbuka hijau ini didesain untuk area rekreasi bagi seluruh lapisan masyarakat. Di sisi barat dan timur terlihat banyak gerai-gerai makanan serta warung makan. Tempat ini cocok bagi yang ingin mengisi malam minggu bersama keluarga. Karena di tempat ini terdapat permainan anak, area olahraga, spot foto, hingga kuliner.

Harga Tiket Masuk Taman Lumintang Denpasar

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk bila ingin menikmati taman. Hanya saja perlu menyiapkan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan harganya juga terjangkau. Rp1.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Tak heran jika taman sering menjadi opsi tujuan wisata murah meriah.

Baca: TAMAN INSPIRASI MERTASARI Harga Tiket, Daya Tarik, Fasilitas dan Lokasi

Jam Buka

Taman ini merupakan ruang terbuka yang akses masuknya tidak ada pembatasan dan buka selama 24 jam. Namun ketika malam minggu pastinya Taman Lumintang akan lebih ramai dari hari biasa.

Daya Tarik Taman Lumintang Denpasa

Kawasan taman terlihat menarik dari segi penataan dan fasilitasnya. Kehadirannya membawa angin segar di tengah hiruk pikuk keramaian Kota Denpasar. Banyak sarana olahraga dan permainan anak. Pengunjung akan merasa betah dengan atmosfer yang teduh dan rindang di taman kota ini.

Area Piknik

Taman Lumintang Denpasar sebagai tempat rekreasi terbuka hijau
Area taman dengan rumput dan pepohonan hijau cocok sebagai tempat rekreasi. Foto: google maps/Akil Mutawakkil

Pengunjung akan melihat lahan berumput terawat yang lapang terhampar luas di taman ini. Namun tidak perlu khawatir panas karena banyak pohon yang bisa menjadi tempat berteduh. Pemandangan taman terlihat cantik dengan beberapa tumbuhan berbunga seperti bunga bugenvil.

Taman yang cantik ini nyaman dan aman untuk berbagai usia. Pengunjung dapat melakukan piknik di areal rerumputan atau di sejumlah gazebo yang ada. Banyak yang nongkrong bersama teman sekadar duduk-duduk untuk melepas lelah. Bisa juga sambil memakan bekal makanan yang sudah dibawa dari rumah.

Air Mancur Berwarna-Warni Di Taman Lumintang Denpasar

Pertunjukan air mancur yang berwarna-warni ketika malam hari
Pertunjukan air mancur yang berwarna-warni ketika malam hari. Foto: google maps/Bali Driver Private Tour

Di tengah-tengah taman terdapat kolam air mancur yang menyala saat malam. Sinar lampu air mancur yang berwarna biru, ungu, hijau, merah muncul secara bergantian.

Air mancur tampak seperti menari-nari karena semburannya memiliki gerakan yang berpola. Selain itu, terdengar alunan musik yang mengiringi pertunjukan air mancur yang membuatnya semakin seru.

Area Permainan Anak-Anak

Areal permainan anak di Taman Lumintang
Areal permainan anak di Taman Lumintang. Foto: google maps/Muhammad Sidik

Arena bermain juga aman dan nyaman bagi pengunjung yang masih anak-anak. Terdapat beragam wahana seru seperti perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, dan lain-lain. Sehingga anak-anak pasti akan betah bermain di taman ini.

Boleh Membawa Hewan Peliharaan

Pengunjung diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke Taman Lumintang. Untuk sekedar berjalan-jalan di sekitar taman ataupun bermain dengan hewan peliharaan. Namun bagi yang membawa peliharaan tetap harus menjaga agar peliharaannya tidak mengganggu pengunjung lain.

Aktivitas Olahraga

Tidak hanya menawarkan kawasan yang asri, taman ini juga memiliki area untuk olahraga. Paling cocok berolahraga di tempat ini pagi hari karena udaranya lebih segar. Di sekitar taman terdapat lintasan joging yang nyaman bagi pejalan kaki. Ada juga beberapa alat kebugaran outdoor seperti air walker dan double leg press.

Taman ini pun sering menjadi lokasi car free day setiap hari Minggu pagi. Sehingga dapat menjadi salah satu opsi tempat car free day selain Lapangan Renon Denpasar. Kemudian taman ini juga cocok untuk dijadikan lokasi olahraga yoga secara berkelompok.

Spot Kuliner

Terdapat banyak sekali pedagang di Taman Lumintang yang akan menjadi penolong saat pengunjung merasa lapar. Bila tidak sempat menyiapkan bekal dari rumah, maka bisa membeli makanan di sini. Ada jajanan ringan seperti lumpia yang dijual oleh pedagang asongan di setiap sudut taman. Ada juga makanan berupa sate dan jagung bakar yang murah meriah.

Pilihan makanan juga beragam dari pagi hingga malam hari. Terlihat banyak warung makan yang buka sampai malam. Menu yang ditawarkan berupa es buah, bakso, mi ayam, ketupat kuah, seafood, dan lain-lain. Tersedia pilihan menu makanan yang halal serta non halal.

Areal Youth Park

Youth Park di kawasan Taman Lumintang
Youth Park di kawasan Taman Lumintang. Foto: google maps/Diah Iswari

Youth Park merupakan bagian dari Taman Lumintang yang menjadi spot favorit muda-mudi Denpasar. Nama Youth Park sendiri mencerminkan bahwa areal tersebut diperuntukkan sebagai tongkrongan remaja. Di sini biasanya diadakan event-event khusus, misalnya HUT Kota Denpasar. Areal ini juga memiliki ruang diskusi terbuka dan taman pintar.

Fasilitas

Fasilitas di taman ini memadai karena sudah ada tempat parkir, toilet, dan wifi gratis. Di Taman Lumintang, terdapat RAM khusus difabel yang tidak curam, sehingga ramah bagi difabel. Ada spot tertentu untuk mengisi daya ponsel atau barang elektronik lainnya. Selain itu, ada fasilitas air keran dari PDAM yang dapat langsung diminum.

Lokasi Taman Lumintang

Taman Kota ini berlokasi di Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80233. Dari Bandara Ngurah Rai ke Taman Lumintang berjarak 16,9 Km. Bila menempuhnya dengan berkendara akan menghabiskan waktu sekitar 39 menit.

Ulasan Pembaca

5 - 1 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *