Beranda Tiket Wisata

PANTAI BOOM Tuban Tiket & Ragam Aktivitas - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Boom : Rp4.000 - Rp8.000Jam Buka: 06.00 WIB - 18.00 WIBNo Telp: -Alamat: Kutorejo, Tuban, Tuban, Jawa Timur, Indonesia, 62311

Terletak di pesisir utara Jawa Timur, Kabupaten Tuban memiliki beberapa wisata pantai yang menarik. Salah satu yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Boom. Beralamat di Desa Kutorejo, tempat wisata ini letaknya sangat strategis. Pantai Boom bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 5 menit dari Alun-Alun Tuban. Keindahan khas Pantai Utara pun langsung terpancar ketika datang ke tempat ini. Ombak yang tidak terlalu besar dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi memberikan kenikmatan tersendiri.

Pantai Boom memiliki sejarah yang panjang. Dulunya kawasan pantai merupakan pelabuhan penting di masa Kerajaan Majapahit. Pelabuhan ini menjadi jalur utama dalam perlintasan, perdagangan, dan pelayaran  kerajaan Singasari dan Majapahit. Tak heran di tempat tersebut banyak ditemukan peninggalan sejarah masa lalu seperti guci dan keramik kuno. Selain itu kehadiran sumur air tawar juga menjadi hal unik yang ada di sini.

Harga Tiket Masuk Pantai Boom

Untuk berkunjung ke Pantai Boom, wisatawan akan dikenakan harga tiket masuk yang sangat murah meriah. Ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dan akhir pekan/libur nasional. Selain itu untuk anak-anak harganya juga berbeda.

Harga Tiket Masuk Pantai Boom
HariDewasaAnak-anak
Hari biasaRp6.000Rp4.000
Akhir pekan/Libur NasionalRp8.000Rp6.000

 Baca: PANTAI REMEN Tuban Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Boom

Untuk berkunjung ke sini wisatawan bisa datang kapan saja karena tempat ini buka setiap hari dengan jam operasional yang panjang. Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah sore hari menjelang momen matahari terbenam.

Jam Buka
Setiap hari06.00 WIB – 18.00 WIB

Pantai Indah Dengan Sejarah Masa Lalu

Pantai dengan bebatuan di tepinya
Pesona keindahan dari tepi pantai dengan barisan pohon cemara yang rindang. Foto: Gmaps/Densai Densai

Berada di wilayah yang strategis karena berada di jalur utama, Pantai Boom menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Tuban. Tidak seperti pantai kebanyakan dengan hamparan pasirnya, di sini sedikit berbeda. Pantai ini sejatinya adalah sebuah tanjung dengan bebatuan di tepinya. Hal ini menyebabkan pantai ini kurang cocok untuk aktivitas bermain air. Meskipun begitu banyak kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan di tempat ini.

Kawasan sekitar pantai juga kaya akan nilai sejarah. Karena tempat ini dulunya adalah pelabuhan dagang di masa kerajaan Majapahit. Kawasan wisata ini pun sarat dengan gaya arsitektur masa lalu. Salah satunya adalah bangunan gerbang masuk yang berisi relief-relief yang menceritakan tentang sejarah Tuban.

Baca: Makam Sunan Bonang Wisata Religi di Tuban

Bersantai di Tepi Pantai Boom

Pantai dengan pesona yang indah
Wisatawan bisa duduk bersantai di tepi Pantai Boom sambil menikmati pemandangan laut dan kapal yang berlalu-lalang. Foto: Gmaps/ Densai Densai

Meski memiliki ombak tenang khas Pantai utara jawa, tepi pantainya bukanlah tidak bisa untuk aktivitas bermain air. Sebagai gantinya, wisatawan bisa bersantai menikmati keindahan lepas pantai yang menyejukkan mata.

Ada banyak spot nyaman untuk bersantai. Di sekitar tepi pantai banyak tersedia gazebo-gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk duduk bersantai. Barisan pohon cemara membuat tempat ini rindang dan semakin menambah kenyamanan meski di siang hari yang terik sekalipun.

Selain itu wisatawan juga bisa menikmati pemandangan dengan duduk di area bebatuan. Merasakan angin berhembus dengan sensasi ombak berayun-ayun di bawah kaki memberikan nuansa romantis yang menenangkan hati. Waktu terbaik untuk bersantai di area bebatuan yaitu saat sore hari. Karena siang hari areanya akan sangat panas karena tidak tersentuh oleh pepohonan cemara.

Baca: TEBING PELANGI Tuban Tiket & Wahana

Berkeliling Naik Perahu Atapun Delam

Pantai dengan banyak perahu berlalu-lalang
Barisan perahu yang bisa disewa wisatawan untuk berkeliling. Foto: Gmaps/Triana Dewi

Ombaknya yang tenang dengan arus yang relatif aman menjadi jalur pelayaran bagi kapal-kapal tradisional. Di sini juga terdapat penyewaan perahu bagi wisatawan yang ingin berkeliling. Dari perahu bisa menikmati keindahan kawasan perairan dan pesisir tepi pantainya.

Tak hanya berkeliling di area perairan, tersedia juga kendaraan untuk berkeliling area daratan. Wisatawan bisa menyewa delman untuk mengitari area pantai dan menikmati keindahan dari berbagai sisi.

Kawasan Bermain Anak

Pantai Boom juga sangat ramah untuk anak-anak. Hal itu karena tempat ini memiliki taman bermain dengan berbagai macam wahana permainan. Di taman tersebut anak-anak bisa bermain berbagai wahana seperti ayunan, perosotan, komidi putar hingga bianglala mini.

Selain taman bermain ada juga kolam renang anak. Karena tidak bisa bermain air di area pantai, maka kolam renang ini bisa menjadi alternatif bagi anak-anak. Dengan beragama fasilitas tentu saja akan membuat si kecil senang dan betah selama berwisata di sini.

Spot Foto Menarik

Spot foto di Pantai Boom
Berbagai spot foto menarik di sekitar pantai. Foto: Gmaps/Dinda Fajar

Pantai Boom juga memiliki beragam spot foto menarik terutama bagi penyuka swafoto. Beberapa titik favorit pengunjung untuk swafoto misalnya spot dengan bentuk sayap burung, jembatan merah, delman, perahu.

Ketika sore hari dan langit cerah pemandangan momen matahari tenggelam dari Pantai Boom juga sangat menawan. Momen romantis tersebut juga sangat layak untuk diabadikan.

Fasilitas

Demi menunjang kenyamanan pengunjung, fasilitas yang tersedia juga lengkap. Selain area parkir kendaraan yang cukup luas bagi roda dua maupun roda empat, tersedia juga toilet, mushola, gazebo hingga warung kuliner.

Lokasi Pantai Boom

Pantai Boom berlokasi di Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Tempatnya sangat strategis karena hanya berjarak sekitar 500 meter dari Alun-Alun Tuban. Pantai wisata ini juga sering melengkapi destinasi wisata tujuan peziarah setelah dari Makam Sunan Bonang. Selain lokasinya yang berdekatan yaitu hanya sekitar 5 menit berjalan kaki, pantai ini juga memiliki sejarah bagi para Wali. Pantai ini dipercaya sebagai tempat pertama para wali berlabuh di Pulau Jawa.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 15

Berikan Rating