Beranda Tiket Wisata

PANTAI MENGENING Tiket & Pesona Pasir Hitam Eksotik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Mengening : GratisJam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Desa Cemagi, Mengwi, Badung, Bali, Indonesia, 80351

Bali tak hentinya menawarkan keindahan alam pantainya, salah satunya adalah Pantai Mengening. Pantai ini berlokasi di Kabupaten Badung dan tak jauh dari Kota Tabanan. Bahkan, lokasinya hanya sekitar 2 kilometer dari Pantai Tanah Lot. Sehingga otomatis membuat pantai ini memiliki ciri khas mirip dengan Tanah Lot.

Pantai Mengening memiliki karakteristik pantai pasir hitam yang sangat eksotis. Dengan batuan karang yang menghampar di tepian pantainya. Ditambah dengan adanya pura agung yang berada di tepian pantainya. Sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang.

Harga Tiket Masuk Pantai Mengening Badung

Objek wisata ini terbuka untuk umum tanpa dikenakan biaya tiket masuk. Begitu pun dengan tarif parkir, di mana wisatawan bebas masuk tanpa perlu membayar parkir yang berlaku untuk semua jenis kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Gratis

Baca: Pantai KARMA KANDARA Badung Tiket & Pesona

Jam Buka Pantai Mengening Badung

Objek wisata ini memang belum populer di kalangan wisatawan. Pengunjungnya pun mayoritas masyarakat setempat serta wisatawan lain yang berasal tak jauh dari Badung. Wisatawan pun bebas masuk ke pantai ini kapan saja. Dan waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah di sore hari, ketika matahari akan terbenam.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Menikmati Eksotisme Pantai Mengening Badung

Eksotisme Pasir Hitam di Pantai Mengening
Eksotisme Pasir Hitam di Pantai Mengening. Foto: Gmap/Terzopoulos, Christos

Memasuki kawasan Pantai Mengening suara riuh siap menyambut. Bukan dari riuh ramai pengunjung, namun riuh suara alam pantai yang alami. Deburan ombak yang besar menghantam ke batu karang, menimbulkan suara yang lantang. Seketika diri langsung terbawa untuk menyelami suasana pantai yang alami ini.

Pasir hitam akan langsung menyambut wisatawan ketika menjejakkan kaki di area pantai. Meskipun berwarna hitam, pasirnya begitu halus dan nyaman di kaki. Dan jika tersapu ombak, pasir akan langsung memadat hingga terlihat seperti aspal hitam. Wilayah perairan laut dan area pasir pantai berbatasan dengan hamparan batuan karang.

Karang-karang menghampar membentuk tekstur unik pantai. Wisatawan bisa langsung berjalan di atas batu-batu karang kecil ini. Yang terpenting, kenakan alas kaki yang nyaman supaya kaki tidak terluka dan tidak terpeleset. Karena tentu jika bertelanjang kaki, telapak kaki dapat lecet karena goresan batu karang.

Baca: PANTAI BALANGAN Badung Tiket & Aktivitas

Hempasan Ombak di Batu Karang yang Dahsyat

Karang Indah di Pantai Mengening
Karang Indah di Pantai Mengening. Foto: Gmap/Rah Ajunk

Pantai Mengening dapat menjadi tempat hunting foto yang menarik. Di sini, wisatawan bisa mendapatkan hasil foto dramatis. Terutama di area batu karang yang tinggi menjulang. Di batu karang ini, hempasan ombak akan membentuk percikan raksasa yang menawan.

Jika bisa mendapatkan sudut yang tepat, hasil foto akan begitu memesona. Dengan latar belakang hempasan ombak di batu karang, tentu akan menambah daya tarik dari foto yang didapatkan.

Wisatawan juga dapat memanjat batu-batu karang raksasa ini. Tapi tentunya tetap berhati-hati karena cukup licin karena terkena hempasan ombak. Jika tidak berani memanjat di batu karang besar, wisatawan juga dapat duduk di batu karang yang kecil. Batu karang yang berada di bibir pantai ini.

Baca: 4 Aktivitas Seru di PANTAI SEMINYAK

Agungnya Pura Gede Luhur Batu Ngaus

Pura Gede Luhur Batu Ngaus
Pura Gede Luhur Batu Ngaus. Foto: Gmap/YOGA MERCI

Melihat sepintas pantai ini, wisatawan pasti akan langsung teringat dengan Tanah Lot. Tak mengherankan, karena di Pantai Mengening ini juga memiliki pura di tebing laut. Layaknya pura yang berada di Tanah Lot. Bedanya dengan Tanah Lot, Pantai Mengening ini masih sepi dengan wisatawan.

Pura Gede Luhur Batu Ngaus ini sudah dibangun sejak tahun 1643. Hingga saat ini, pura masih aktif sebagai tempat bersembahyang umat Hindu. Pura ini melambangkan kemakmuran, yang mana memiliki beberapa Pelinggih. Diantaranya adalah Pelinggih Ida Bathari Danu, Padma Utama, Sumur Pakelem, dan Ida Ratu Ngurah Sakti.

Pura ini memiliki keunikan berupa gua yang terhubung dari sisi kanan dan kiri batu karang. Batu karang ini berada di bawah pura, dan hanya akan terlihat saat sore hari. Sementara di waktu lain tidak akan terlihat karena tertutupi oleh ombak. Bahkan, ketika berdiri di atas pura, akan merasakan ada deburan ombak di bawah kaki berpijak.

Baca: PANTAI BATU BOLONG Sunset Memukau Di Canggu

Berburu Indahnya Matahari Terbenam

Pemandangan Indah Matahari Terbenam di Pantai Mengening
Pemandangan Indah Matahari Terbenam di Pantai Mengening. Foto: Gmap/Sandal Gunung

Waktu yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini adalah saat sore hari, ketika matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam di sini begitu indah, apalagi berpadu dengan keadaan alam pantai. Pantai pasir hitamnya serta batu karang yang menambah keindahan. Wisatawan dapat memilih beberapa lokasi untuk menangkap pemandangan indah ini.

Wisatawan dapat duduk di batu karang besar untuk mendapatkan pemandangan matahari tanpa terhalang. Atau bisa juga duduk di hamparan karang yang ada di tepian pantai. Pemandangan yang didapatkan pun tak kalah indahnya. Apalagi, sinar matahari tampak memantul di permukaan laut, yang membuatnya terlihat berkilau.

Jika tak ingin berbasah-basah karena berdiri di batu karang, tidak masalah. Ada spot lain yang dapat dikunjungi untuk mendapatkan pemandangan indah tanpa basah. Yaitu di jalan yang menuju kawasan pura. Dari kawasan tersebut, wisatawan dapat berfoto dengan langsung mendapatkan pemandangan matahari terbenam.

Menyaksikan Sakralnya Upacara Adat

Pantai Mengening masih aktif digunakan sebagai tempat untuk melangsungkan upacara adat dan keagamaan. Setiap Purnama Jiyestha, di pura ini diadakan piodalan. Upacara lainnya pun kerap kali diadakan di pantai ini.

Jika bertepatan dengan upacara adat ini, wisatawan dapat menyaksikan sakralnya upacara tersebut. Yang dapat menjadi pengalaman unik tersendiri ketika berkunjung ke Pantai Mengening.

Lokasi Pantai Mengening Badung

Berlokasi di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Berjarak 20 Kilometer dari kawasan wisata Kuta memakan waktu kurang lebih 50 menit berkendara untuk sampai ke lokasi.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 19

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini