Beranda Tiket Wisata

PANTAI TANJUNG BIRA Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2020

Pantai Tanjung Bira
Harga Tiket: Rp10.000 - Rp15.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Bontobahari, Bira,Bonto Bahari,Bulukumba,Sulawesi Selatan,Indonesia,92571.

Pantai Tanjung Bira adalah salah satu destinasi menawan yang identik dengan kabupaten Bulukumba. Pesona keindahannya sangat menawan dengan pasir putih dan gradasi tiga warna air laut. Saat cerah, birunya langit terpantul pada hamparan laut primadona di ujung Sulawesi Selatan ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira

Memasuki area pantai pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket yang ditawarkan juga relatif terjangkau. Tiket ditetapkan dengan harga yang berbeda tergantung hari kunjungan wisatawan.

Harga Tiket Masuk
HariWisatawan DomestikWisatawan Asing
Senin – JumatRp. 10.000Rp. 20.000
Sabtu – Minggu, LiburRp. 15.000Rp. 30.000

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Jam Buka

Menikmati keindahan pantai ini bisa dilakukan kapan saja. Area pantai terbuka untuk umum setiap hari dan tidak ada batasan waktu kunjungan.

Waktu operasionalJam Buka
Setiap hari24 Jam

Ragam Aktivitas di Pantai Tanjung Bira

Keindahan pantai ini memang sudah kesohor tidak saja di Sulawesi Selatan. Tapi juga dikalangan wisatawan domestik. Pasir putih serta gradasi 3 warna air laut merupakan atraksi utama bagi pengunjung. Selain berbagai aktivitas menarik lainnya. Berikut beberapa diantaranya.

Menikmati Keindahan Pesisir Pantai

Tiga lapis warna air laut terlihat mempesona di Pantai Tanjung Bira Bulukumba
Tiga lapis warna air laut terlihat mempesona – Foto : GoogleMaps/Aricko Khena Kaban

Pantai Tanjung Bira terletak di ujung selatan daratan propinsi Sulawesi Selatan. Perairan lautnya memiliki tiga lapisan warna yang terlihat indah dari kejauhan. Gradasi warnanya berwarna hijau muda kebiruan hingga pantulan birunya langit.

Identik dengan Bulukumba, pantai ini terkenal karena panorama lautnya yang tak kalah dengan Maladewa. Wisatawan dapat bersantai menikmati pemandangan alam dari tepi pesisirnya. Laut biru nan bersih dengan ombak kecil yang tenang terbentang dalam hamparan luas.

Baca: PANTAI LOSARI Tiket & Ragam Aktivitas

Pantai Pasir Putih

Pasir putih nan halus di tepi pantai
Bertelanjang kaki menapaki pasir putih nan halus – Foto : Instagram/rjtandini

Wisatawan dapat menikmati suasana pantainya yang relatif tenang, tidak seramai wisata pantai lainnya. Keindahan pantai berpasir putih dan lautnya yang biru dapat dinikmati layaknya pantai pribadi. Suasana nyaman yang disuguhkan memberikan efek relaksasi, terutama di pagi hari.

Ciri khas lainnya yaitu memiliki pasir putih halus dan bersih di sepanjang garis pantai. Wisatawan dapat bertelanjang kaki berjalan-jalan di atas pasir yang terasa dingin sembari menikmati pemandangan. Kelembutan tekstur pepasir menemani wisatawan menyusuri wilayah pesisirnya.

Di sisi timur pantai, tampak perbukitan batu kapur yang tertata rapi secara alami. Selain berjalan santai, wisatawan dengan keluarga dan anak-anak menyukai bermain pasir di sini. Mereka membangun istana pasir hingga mengubur sebagian tubuh dalam pasir untuk menambah keceriaan berlibur.

Berenang

Air laut di bibir pantai begitu jernih dengan pantulan cahaya hijau kebiruan. Kejernihan air laut seolah menggoda wisatawan untuk menikmati kesegarannya. Wisatawan yang tidak bisa berenang dapat menyewa ban pelampung agar turut bermain air.

Wahana Banana Boat di Pantai Tanjung Bira

Wisatawan yang ingin aktivitas lebih menantang dapat mencoba wahana banana boat. Sarana hiburan ini biasanya menjadi permainan favorit wisatawan. Perahu karet berbentuk menyerupai buah pisang tersebut bisa menampung lima orang bersama-sama.

Wisatawan dapat merasakan keseruan menantang arus saat wahana air ini ditarik perahu motor.  Dalam sekali permainan olahraga air ini, wisatawan akan diajak sekitar tiga kali mengitari pantai.

Berolahraga Lari

Peserta ajang sport tourism di Pantai Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi Selatan - unafajar
Sambutan untuk peserta lari pada ajang sport tourism – Foto : Instagram/unafajar

Kawasan landai Pantai Tanjung Bira menjadi area yang pas untuk berolahraga lari. Beberapa acara olahraga juga digelar di tempat wisata ini. Peserta akan berlari sambil menikmati keindahan alam dan pantai yang berada di Bulukumba ini.

Salah satu ajang sport tourism yang digelar yaitu Bira Beach Run yang diikuti oleh banyak pelari. Saat berlari melewati kawasan pantai, peserta dapat berswafoto di spot-spot yang menarik yang dilaluinya.

Sport event yang diadakan di destinasi wisata ini mempunyai nilai tinggi dalam mempromosikan pariwisata. Wisatawan mancanegara yang mengikuti sport tourism tersebut sekitar 60% akan kembali datang berwisata.

Menikmati Sunset di Pantai Tanjung Bira

Menikmati momen sunset di Pantai Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi Selatan - Andi Pangeran Reza
Menikmati momen sunset di Pantai Tanjung Bira – Foto : GoogleMaps/Andi Pangeran Reza

Bersantai saat hari menjelang malam, wisatawan dapat menikmati suguhan pemandangan pantai yang meneduhkan. Terlebih ketika menyaksikan mentari kembali ke peraduan dan melukis horizon. Banyak wisatawan menanti momen kilau semburat jingga menghiasi di ufuk barat.

Bukan hanya sunset, Pantai Tanjung Bira juga memiliki panorama sunrise  yang tak kalah memesona. Matahari terbit langsung terlihat dari arah cakrawala lautan lepas di hadapan pantai.

Menginap

Berbagai tipe penginapan tersedia di area dekat pantai
Penginapan di kawasan Pantai Tanjung Bira – Foto : Foto : Instagram/minantyrochantha

Untuk menikmati waktu liburan lebih leluasa, wisatawan dapat bermalam di Tanjung Bira.

Wisatawan dapat menemukan penginapan mulai dari hotel, vila, hingga bungalow yang langsung menghadap laut. Wisatawan juga dapat memilih bermalam dengan menyewa homestay di rumah penduduk di sekitar kawasan pantai.

Penginapan di kawasan pantai seringkali sudah penuh saat masa liburan. Biasanya, wisatawan berkisar puluhan orang namun di akhir pekan melonjak sampai ratusan orang. Terlebih saat tiba libur panjang, wisatawan bisa mencapai lebih dari seribu orang.

Snorkeling di Tanjung Bira

Aktivitas Snorkeling lepas pantai tanjung bira
Snorkeling di kawasan perairan dekat Pantai Tanjung Bira – Foto : Instagram/pritta_damanik

Untuk melakukan snorkeling di perairan Pantai Tanjung Bira, wisatawan dapat menyeberang ke Pulau Liukang. Dari bibir pantai, pulau ini tampak jelas karena lokasinya persis di depan pantai. Untuk mencapai Liukang Loe, wisatawan dapat menyewa perahu motor sekitar 10-15 menit.

Selam permukaan di tempat ini banyak disukai wisatawan karena biota bawah lautnya yang memukau. Air lautnya sangat jernih membuat pemandangan alam bawah laut yang menakjubkan terlihat jelas. Wisatawan dapat melihat keindahan terumbu karang, bintang laut maupun ikan laut yang berwarna-warni.

Wisata Budaya ke Tempat Pembuatan Pinisi

Di lokasi Pantai Tanjung Bira banyak ditemui penyewaan kendaraan bermotor untuk menjelajahi sekitar areanya. Saat berkeliling, wisatawan dapat mampir ke Tanah Beru, tempat pembuatan perahu pinisi. Lokasi tempat wisata budaya ini tak jauh dari kawasan pantai.

Desa ini dikenal sebagai pusat pembuatan kendaraan laut kebanggaan masyarakat Bugis oleh perajin lokal. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan proses pembuatan perahu yang telah terkenal di seantero dunia. Sejumlah negara memesan kapal layar tradisional khas asal Indonesia tersebut di desa ini.

Umumnya kapal pinisi mempunyai dua tiang layar utama dan tujuh buah layar. Tiga layar berada di ujung hadapan, dua di hadapan, dan dua di belakang. Sebuah perahu berketinggian 13 meter dan panjang 40 meter dibuat selama sembilan bulan lebih.

Santap Kuliner khas

Berada di pesisir membuat menu makanan utama kawasan Pantai Tanjung Bira bertemakan seafood. Beberapa makanan khas manado dan toraja tersaji di tempat-tempat makan sekitar area wisata. Cita rasa pedas dan asam serta menggunakan banyak bumbu menjadi ciri khas kulinernya.

Bahan bakunya rata-rata yang dapat ditemuui pada pilihan menu adalah ikan laut. Konro dan Coto Makassar pun menjadi pilihan wisatawan untuk cita rasa khas tradisional.

Lokasi Wisata Pantai Tanjung Bira

Objek wisata pantai ini berada di Jl. Bontobahari, Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571. Jarak tempuhnya sekitar 200 km atau 4-5 jam perjalanan dari Makassar.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini