Beranda Tiket Wisata

PULAU DUTUNGAN Barru Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2020

Pulau Dutungan
Harga Tiket: Rp50.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Cilellang,Mallusetasi,Barru,Sulawesi Selatan,Indonesia,90753.

Pulau Dutungan merupakan destinasi wisata yang berada di kabupaten Baruu, Sulawesi Selatan. Pulau ini memiliki keindahan pasir putih dengan pesona bawah laut yang sangat indah. Banyaknya pepohonan rindang tumbuh di tepi pantai membuat hawanya cukup sejuk.

Terdapat banyak resort yang dapat dipilih untuk menginap pulau ini. beragam aktivitas wisata pun dapat dilakukan pada destinasi wisata ini. Terutama aktivitas wisata laut dan pantai.

Harga Tiket Masuk Pulau Dutungan

Memasuki kawasan wisata ini pengunjung akan dikenakan biayaa tiket. Harga tiket tersebut sudah termasuk untuk sewa kapal pulang-pergi.

Harga Tiket Masuk
Harga Tiket MasukRp. 50.000 termasuk sewa kapal (pulang pergi)

Baca: Tempat-tempat Wisata Terbaik di Pulau Barru

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Setiap hari24 Jam

Aktivitas Seru Di Pulau Dutungan

kapal menuju pulau dutungan
Mengarungi perairan menyeberang ke Pulau Dutungan – Foto : Instagram/putry.agung

Untuk menuju Pulau Dutungan, wisatawan akan dikenai tiket masuk yang merupakan biaya penyeberangan. Nantinya, wisatawan akan diantar menuju pulau dan diantar kembali menuju daratan utama.

Tanjung Indah merupakan dermaga titik awal perjalanan wisatawan dari daratan utama. Menggunakan perahu, wisatawan akan diantarkan menuju ujung selatan pulau.

Jarak Tanjung Indah ke Pulau Dutungan sekitar 500 meter. Penyeberangan menempun waktu sekitar 10 menit perjalanan. Dari dalam perahu, wisatawan dapat menikmati semilir angin dengan kondisi gelombang relatif tenang.

Sambutan Hutan Menghijau

Pulau Dutungan Barru Sulawesi Selatan dilihat dari kejauhan - pariwisata_barru
Pulau Dutungan Barru Sulawesi Selatan dilihat dari kejauhan – Foto : Instagram/pariwisata_barru

Dari kejauhan, wisatawan dapat melihat Pulau Dutungan yang berbentuk bulat tertutupi pepohonan hijau. Destinasi ini terlihat datar dengan kontur bukit landai dengan pasir putih dan hutan bakau.

Pulau ini menyuguhkan pemandangan mempesona dengan kawasan ilalang serta hutan kayu jati. Destinasi wisata yang dikelilingi pohon rindang ini menjadi incaran wisatawan.

Berjalan Berkeliling Pulau

Berjalan santai berkeliling Pulau Dutungan Barru
Berjalan santai berkeliling Pulau Dutungan – Foto : Instagram/annierusli_

Bertualang di sekitar pulau, wisatawan dapat memulainya dengan berjalan mengelilingi pulau. Banyak bagian pulau yang menakjubkan menunggu untuk dieksplorasi.

Wisatawan dapat menemukan bagian belakang Pulau Dutungan dengan bebatuan cadas yang menarik untuk ditelusuri. Pemandangan eksotis serupa gugusan bebatuan dan karang dapat dinikmati di bagian barat pulau. Bahkan, terdapat gua tersembunyi di sela-sela bebatuan pada saat air laut surut.

Baca: DIANA WATERPARK Barru Tiket & Ragam Wahana

Bersantai di Pantai

Bermain ayunan di batu karang tepi laut
Bermain ayunan di antara karang yang muncul saat laut surut – Foot : Instagram/gondrong.petualang

Pulau Dutungan menawarkan suasana pantai yang santai dan nyaman. Suasana pantai yang masih asri dengan batu karang yang tersebar menyambut wisatawan.

Wisatawan dapat bersantai menikmati suasana alami pulau dengan hembusan angin sepoi-sepoinya. Wisatawan juga dapat memasang hammock di antara rambatan pohon bakau sambil berbaring memandang horizon.

Di beberapa titik, terdapat ayunan yang dapat digunakan bersantai. Saat air surut, batu-batu karang akan muncul di permukaannya.

Bermain di Hamparan Pasir Putih

area pantai pulau dutungan
Bersantai di pepasir Pulau Dutungan – fto : Instagram/gondrong.petualang

Hamparan pasir putih halus merupakan salah satu daya tarik wisata Pulau Dutungan. Keindahan bibir pantainya yang landai menjadi primadona yang dimiliki destinasi wisata ini. Taburan pepasirnya berkilau mengajak wisatawan untuk bermain dan relaks menikmati suasana berlibur.

Snorkeling Pulau Dutungan

Kawasan perairan di sekitar pulau memiliki air laut yang jernih dan bersih. Di sini wisatawan dapat melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Gugusan terumbu karang beserta biota laut setempat yang masih terjaga terlihat indah alami.

Diving

Pesona bahari yang ada di Pulau Dutungan menjadikannya memiliki kesan eksotis. Kedalaman perairannya berada pada kisaran kedalaman 1,2 m hingga 43 meter. Wisatawan harus menyempatkan diri untuk menyelami hamparan keindahan bawah lautnya yang memukau.

Terdapat beberapa palung yang mengelilingi lokasi pulau. Ikan karang yang cukup beragam dapat ditemui bermain di sela-sela karang bawah laut.

Lokasi wisata ini juga telah menyediakan penyewaan alat selam bagi wisatawan.

Berburu Spot Foto

Keindahan area pulau dapat terlihat hampir di setiap sudutnya, dari hamparan pasir putih hingga dermaga. Terdapat banyak spot foto unik dan alami yang dapat dijadikan latar untuk mengabadikan momen liburan. Beberapa wisatawan juga memanfaatkan keindahan pulau ini untuk foto prewedding.

Bermain Banana Boat

Menjajal wahana pemacu adrenalin banan boat
Menjajal wahana pemacu adrenalin banana boat – Foto : GoogleMaps/Fhitry Chelsea

Selain bersantai menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga dapat menikmati wahana permainan air. Wisatawan dapat memacu adrenalin dengan  mencoba banana boat bersama rekan dan keluarga. Selain itu, terdapat juga speed boat yang dapat dicoba bagi wisatawan yang menyukai tantangan.

Memancing

Memancing di sekitar pulau menjadi aktivitas menyenangkan tanpa merusak terumbu karang yang ada. Menghabiskan waktu berlibur sambil menikmati panorama lanskap pulau dapat dilakukan sekaligus. Ikan hasil pancingan pun bisa langsung dibakar dan dinikmati bersama sahabat dan keluarga.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Panorama pantai dan langitnya selalu memukau dengan momen emas pergantian waktu. Tak terkecuali di pulau ini, momen sunset selalu ditunggu wisatawan. Menyaksikan sang surya perlahan terlelap menuju cakrawala menjadi pemandangan yang menenangkan.

Begitu pun dengan sunrise di saat pagi menjelang. Wisatawan pun tak mau ketinggalan untuk menyaksikan matahari pagi bangun menyapa segenap pulau. Sajian semburat merah yang cerah di pulau eksotis ini benar-benar menakjubkan.

Menginap di Pulau

wisatawan bisa menginap di pulau dengan menyewa kamar-kamar resort
Salah satu resort yang dapat dipilih untuk menginap  – Foto : Instagram/ikhokey131

Pulau Dutungan tak akan cukup dinikmati dalam waktu yang singkat. Wisatawan perlu menginap untuk menikmati setiap momen liburan di pulau eksotis ini.

Banyak penginapan tersedia di area wisata pulau ini. Banyak resort dibangun, hingga mencapai sepertiga luas pulau atau sekitar 9 hektar. Vila dengan berbagai ukuran tersedia dengan fasilitas beragam sesuai pilihan wisatawan.

Bagi wisatawan penyuka petualangan, dapat mencoba aktivitas berrkemah. Mendirikan tenda di alam bebas menjadi pengalaman yang memberikan kesan tersendiri. Dengan berbagai aktivitas, wisatawan akan ditemani semilir angin laut dan suasana alami pantai.

Area berkemah di tepi pantai sekitar pulau
Berkemah menjadi pilihan wisatawan penyuka petualangan alam bebas untuk menginap di sekitar pulau- Foto : Instagram/drwnsyah_

Fasilitas di Pulau Dutungan

Wisatawan Pulau Dutungan ditunjang oleh berbagai fasilitas wisata. Mulai dari keamanan, pihak pengelola Tanjung Indah telah menyediakan penitipan kendaraan milik wisatawan.

Di sini, wisatawan dapat menikmati aneka kudapan dan sajian menu di kafe-kafe. Berbagai infrastruktur dasar seperti keperluan air tawar pun telah tersedia.

Akses dan Lokasi Wisata Pulau Dutungan

Objek wisata pulau ini berada di Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Berada sekitar 132 kilometer dari  Makassar dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam. Dari Parepare jarakanya 20 kilometer ke utara, sedangkan dari Barru 31 kilometer arah selatan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini